6 Hal Yang Patut Diingat Ketika Menjadi Turis Di Korea Selatan

Berlibur memang menyenangkan apalagi kalau ke negara lain yang menawarkan banyak kelebihan. Kamu bisa refreshing, mencari inspirasi, mempercantik konten media sosial kamu, hingga berbelanja pernak-pernik baru! Salah satu negara yang jadi destinasi wisata adalah Korea Selatan.

Belakangan ini, negara Korea Selatan kerap kali menjadi headline di setiap media, dari perhelatan musik bergengsi taraf internasional, berita utama majalah lifestyle hingga sampul majalah politik sekalipun.

Wajar saja, apa yang tidak mereka punya? Dunia kecantikan? Hello, 10 steps korean skincare methods! Musik? K-Pop. Serial televisi? K-Drama. Kuliner? They have it all. Film layar lebar, hingga gaya berpakaian mereka pun dilirik oleh seisi dunia!

Bingung mau mulai dari mana? Yuk lihat paket wisata mana yang cocok dan sesuai dengan jadwal kamu di blibli.com!

Tahan dulu euforia-nya! Ada lagi hal penting yang harus kamu ingat dan pelajari sebelum tiba di Korea lho, yakni kulturnya. Sebagaimana tiap negara memiliki peraturan hukum yang berbeda, begitu juga dengan budaya dan tata krama yang mereka punya.

Yuk lihat apa yang patut diperhatikan di Negeri Ginseng ini!

1. Cari designated smoking area untuk merokok.

Serupa seperti Singapura, Korea Selatan memiliki larangan merokok di tempat umum. Bagi kamu yang aktif merokok atau memiliki teman seorang perokok, jangan lupa untuk mengingatkan mereka ya! Karena kalau tertangkap oleh petugas, tidak cuma mendapatkan sanksi, kamu juga akan dikenai denda yang cukup besar nominalnya.

JANGAN MENGOTORI NEGARA ORANG, SELALU SEDIA ASBAK PORTABEL INI KEMANAPUN KAMU PERGI.

2. Jangan sekali-kali menyelak antrean.

Baik itu di restoran, toilet, bahkan di antrean transportasi publik sekalipun ya! Bukan hanya dianggap tidak punya tata krama yang baik, kamu juga tidak menghormati mereka yang sudah letih mengantre. Lain dari itu, kamu juga meninggalkan impresi buruk tentang Indonesia. Tidak mau dong?

ANTRE ATAU TIDAK, SELALU LINDUNGI KULITMU DARI SINAR MATAHARI DENGAN SUNBLOCK MILIK WARDAH.

3. Hormati penduduk lokal yang masih bertempat tinggal di daerah touristy.

Sebagai turis, apalagi yang perdana ke Korea Selatan, tentu kamu ingin berkunjung ke Bukchon Hanbok Village atau Jeonju Hanok Village mengenakan baju tradisional, sambil berfoto-foto kan? Nah, sesudah kamu cek paket tur yang menawarkan agenda ini di blibli.com, kamu harus tahu bahwa masih banyak keluarga yang tinggal di kawasan ramai turis sekalipun! Jadi, be mindful ya!

JANGAN LUPA ABADIKAN MOMEN TAK TERLUPAKAN DI KORSEL DENGAN KAMERA INSTAN INI YA!

4. Jangan sembarang mengambil gambar foto orang lokal.

Ini adalah kebiasaan yang dilakukan orang Indonesia. Jepret tanpa izin. Betul, memang banyak street-photographer yang melakukan ini, tapi sesungguhnya mereka itu meminta izin sang subjek dulu, lho! Jadi kalau kamu melihat sosok unik yang ingin kamu foto, tidak ada salahnya utuk meminta izin terlebih dahulu kok!

HUNTING
FOTO AKAN JADI LEBIH NYAMAN DENGAN SEPATU JALAN INI!

5. Menghabisi makan dan minuman yang telah dipesan.

Tahukan kamu bahwa jika tidak menghabiskan pesanan yang kamu pesan, itu dibilang tidak sopan, lho! Makanan ataupun minuman. Hal ini dianggap tidak menghargai jerih payang sang koki yang sudah memberikannya kepada para pelanggannya.

CATAT SETIAP RESTORAN/BOOTH DARI SERIAL DRAMA KOREA DI VIU UNTUK REFERENSI TUR KULINER KAMU!

6. Sebisa mungkin tutupi koleksi tato kamu.

Karena memiliki momen dalam sejarah yang menunjukkan manusia bertato itu tidak memiliki akhlak baik, hingga kini masih banyak warga lokal yang tidak senang akan hal itu. Bahkan kabarnya akan dilakukan kurang ramah.

BUKAN SEKADAR MENUTUPI TATO, PILIHAN JAKET INI JUGA MAMPU MELINDUNGI KAMU DARI UDARA DINGIN ATAUPUN HUJAN.

Pasti kamu jadi makin penasaran kan sama negara ini? Bukan cuma pusat berbelanja yang tersebar di kota Seoul, Korea Selatan juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Coba cek mana yang sesuai dengan selera kamu di blibli.com ya!

Penasaran kan? Segera buka kalender dan pesan tiket pesawatnya!

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY