6 Fakta Menarik Hari Perempuan Internasional

Photo via pexels.com

Tau gak sih kalo setiap tanggal 8 Maret itu diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional? Hari Perempuan Internasional ini jadi peringatan buat keberhasilan perempuan di bidang ekonomi, sosial, sampe politik.

Ide awal munculnya peringatan ini tuh pas kaum perempuan yang kerja sebagai buruh tekstil ngadain protes di New York, 8 Maret 1857. Mereka ngeluh kalau tingkat gaji mereka  rendah banget. Dari sinilah muncul banyak perempuan yang punya prestasi keren di seluruh penjuru dunia. Nah, ternyata Hari Perempuan Internasional ini punya fakta unik yang menarik banget buat kita tau. Apaan aja sih? Langsung aja cus disimak!

  1. Austria, Denmark, Swiss, dan Jerman jadi negara pertama yang ngerayain Hari Perempuan Internasional pertama kali, persisnya pas 19 Maret 1911. Waktu itu, ada lebih satu juta perempuan ngekampanyein hak-hak perempuan pas kerja dan punya jabatan penting.
  2. Amerika Serikat milih bulan Maret jadi ‘Women’s History Month‘.
  3. Afghanistan, Kamboja, Vietnam, Mongolia, sampe Zambia ngejadiin perayaan Hari Perempuan Internasional sebagai hari bebas kerja. Libur libur libur, Gaes!
  4. Lambang International Women Day Ungu punya pesan kalo perempuan itu juga butuh keadilan dan bermartabat.
  5. Punya pose khusus pas Peringatan Hari Perempuan Internasional. Tahun 2021 punya tema #ChooseToChallenge, yaitu pose kedua tangan berdiri tegak dengan posisi lima jari rapat. Pose ini gak sembarang pose karena punya arti kalo sesama perempuan bisa milih buat ngelewatin banyak tantangan.
  6. Doodle khusus dari Google di setiap tahunnya jadi bentuk penghormatan buat para perempuan yang terus berjuang demi kesetaraan hak mereka.

Nah, 6 fakta menarik tentang Hari Perempuan Internasional di atas jadi alasan kenapa kita sebagai perempuan kudu banget dukung satu sama lain. Jadi, semua perempuan itu spesial dan punya hak yang sama kayak laki-laki. Perempuan juga punya hak buat ngedapetin kesetaraan dan keadilan. Selamat Hari Perempuan Internasional 2021 p

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY