Tidak kalah penting dari baju dan celana, belakangan ini, sepatu justru sedang ramai menjadi incaran para penggila fashion. Harga sepatu pun bervariasi, dari yang masih terjangkau seharga ratusan ribu hingga mencapai jutaan rupiah!

Ada beberapa sepatu yang memang terlihat lebih keren jika semakin lapuk dan lama, seperti sepatu merek Converse. Tapi ada juga yang saking tidak mau mengotorinya, sepatu itu hampir tidak pernah dipakai sama sekali. Toh, kamu membeli sepatu ya memang untuk dipakai dan dipamerkan, bukan cuma disimpan di lemari saja, kan?

Kamu tidak perlu takut sepatumu menjadi dekil dan usang jika dipakai terus. Ada beberapa tips untuk menjaga penampilan sepatu kamu supaya tetap terlihat seperti baru.

1. Penyikatan sesuai dengan jenis sepatusikat sepatu

Via ShoePassion.com

Cara menyikat dan jenis sikat untuk masing-masing jenis sepatu cukup bervariasi. Sebelum kamu menyikat, cari tahu terlebih dahulu jenis sepatu kamu karena beberapa sikat sepatu tidak cocok dengan jenis sepatu yang lainnya.

  • Sepatu olahraga

Karena kegunaannya, sepatu yang paling gampang kotor adalah sepatu olahraga. Tapi, tidak perlu khawatir karena membersihkan sepatu olahraga juga sangat gampang. Sebaiknya kamu menggunakan sikat yang tidak terlalu kaku dan berbulu lembut. Ketika menyikat, usahakan untuk menyikat satu arah agar kain pada sepatu tidak rusak.

  • Sepatu sneakers

Untuk membersihkan sepatu sneakers yang terbuat dari bahan kain, kamu cukup menggunakan sikat yang serupa dengan sikat sepatu (bahkan sikat gigi) olahraga. Noda lebih susah menghilang kalau sudah menempel dengan kain. Sebaiknya kamu menyikat dengan kekuatan lebih untuk jenis sepatu ini.

  • Sepatu kulit

Sikat yang digunakan untuk sepatu kulit agak spesial. Pilih sikat yang bulu-bulunya bersilangan supaya membantu mencerahkan sepatu kulit. Selain itu, gunakanlah sikat dengan bulu-bulu yang halus. Kamu juga bisa menggunakan kain halus saja.

  • Sepatu beludru/suede

Sepatu jenis ini termasuk sepatu yang paling susah dibersihkan karena sikat yang digunakan adalah sikat khusus. Kalau kamu sulit menemukan sikat suede, kamu bisa mencarinya lewat Blilbi.com. Penyikatan untuk sepatu suede juga sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan searah.

2. Gunakan “shampoo” dan cream sepatucream sepatu

Via Alibaba.com

Menyikat dengan air saja tidak cukup. Kamu harus menggunakan pembersih khusus untuk sepatu kamu. Untuk sepatu dengan bahan kain seperti sneakers dan sepatu olahraga, ada pembersih khusus yang disediakan di sini.

Karena tidak semua sepatu selalu cocok dengan shoe shampoo, kamu bisa menggunakan cream khusus untuk sepatu kulit. Membersihkan sepatu kulit sebaiknya tidak menggunakan banyak air. Penggunaan cream dapat membuat sepatu kulit kamu semakin terlihat kinclong.

3. Hindari sinar matahari langsunghindari sinar matahari

Via Ktalex

Setelah dibersihkan, jangan mengeringkan sepatu langsung di bawah terik sinar matahari. Sinar matahari dapat memudarkan warna pada sepatu sneakers dan sepatu kain lainnya. Tidak hanya bagian kain saja, bagian karet pada sepatu akan berubah warna jika secara intens terkena sinar matahari langsung

Sepatu kulit juga kan menjadi keriput dan jelek jika kamu mengeringkannya langsung di bawah sinar matahari. Untuk mengeringkan sepatu kulit yang baru dicuci, sebaiknya dilakukan ketika matahari tidak terlalu terik dan banyak angin.


Baca juga 5 Cara Mudah Memelihara Sepatu Sneakers 


4. Sol tambahansol tambahan

Via RobertDonovan

Seperti yang kamu pernah alami, begitu sepatu dipakai secara terus menerus, pasti sol sepatu akan menipis dan akhirnya sobek. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya lapisi sol tambahan di atas sol lama dengan warna yang sama dengan sepatu.

Sol sepatu juga berguna untuk mengurangi bau pada bagian dalam sepatu. Ada beberapa sol yang khusus dibuat untuk menangkal bau kaki. Bahkan ada sol yang sekaligus berfungsi untuk menambah tinggi badan penggunanya, lho!

5. Ubah tali sepatutali sepatu

Via pixabay

Konon katanya hanya dengan mengganti tali sepatu atau pattern mengikat tali sepatu, sepatu kamu sudah tampak jauh berbeda dan terlihat lebih baru.

Sangat gampang untuk membedakan tali sepatu yang bersih dengan yang sudah kotor. Jadi, kalau kamu mengganti tali sepatu dengan warna yang sama pun, sepatu kamu sudah terlihat baru karena efek tali sepatu baru yang bersih.

So, gimana guys? Tidak usah takut sepatu kamu akan usang karena terlalu sering dipakai. Cukup dengan mengikuti tip-tips ini, sepatu kamu dijamin akan terlihat seperti baru lagi.

Kamu juga tidak perlu susah-susah mencari bahan-bahan yang diperlukan untuk mencoba tips-tips di atas. Di Blibli.com sudah tersedia semua perlengkapan yang kamu perlukan. Proses transaksinya juga sangat gampang dan keamanannya pun terjamin.

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY