Apakah kamu pernah merasakan sedikit penyesalan ketika membeli mobil baru? Mungkin karena ternyata mobil nggak senyaman yang kamu bayangkan, atau beberapa ketidaksempurnaan yang baru kamu temui? Tenang saja, kamu nggak sendirian, kok.

Memang kamu nggak bisa menjual mobil baru kamu begitu saja, apalagi kalau belum lunas cicilan. Nah, daripada kamu terus-terusan bete dan menyesali keputusanmu, lebih baik bertindak secara kreatif dan melakukan modifikasi.

Nggak selalu harus mengeluarkan modal yang besar kok untuk memodifikasi mobil kamu, yang paling diutamakan adalah kenyamanan (ketimbang kemewahan). Berikut adalah 5 tips memodifkasi mobil biar menyetir lebih nyaman dan seru.

1. Ban mobil lebih lebar

ban

Via The Gaspol

Hal pertama yang harus kamu lakukan kalau kamu merasa mobil kurang stabil adalah dengan mengganti velg dan ban kamu. Modifikasi velg dan ban menjadi lebih lebar memang sudah sering banget dilakukan, dan mungkin terkesan seperti gaya-gayaan saja.

Tapi, dengan menceperkan ban mobil dan mengganti ukuran ban dengan yang lebih lebar, ternyata bisa membantu mobil kamu melaju dengan stabil. Kontrol terhadap setir menjadi lebih aman, apalagi buat mobil kecil di jalan tol!

Umumnya, ketika mobil melakukan belok yang cukup tajam pasti akan terasa sedikit bergoyang dan terangkat. Setelah kamu mengganti ukuran ban, roda akan melaju dengan lebih teratur.

Perlu diingat juga ketika kamu mengganti ukuran ban, maka secara otomatis kamu juga harus mengganti velg supaya cocok dengan ban baru.

2. Tambahkan aksesori yang super bergunaaksesoris

Via Alfa-img

Kedua, untuk menambah kenyamanan dan kepraktisan mobil, coba tambahkan juga aksesoris yang berguna. Jangan hanya keasyikan memodifikasi dan menghamburkan modal untuk aksesori-aksesori yang cuma mempercantik mobil saja.

Ketika sedang menyetir kamu pasti akan membutuhkan ruang tambahan untuk menaruh benda-benda tertentu seperti makanan atau minuman. Nggak mungkin kan kamu menaruh minuman di atas jok mobil?

Daripada membahayakan diri kamu ketika sedang menyetir, lebih baik pasangkan aksesori tambahan untuk menaruh minuman.

Beberapa orang juga memasangkan meja kantor mini di mobil untuk menaruh semua barang-barang seperti gadget, dokumen, atau bahkan makanan.

Tapi ingat ya, dengan adanya aksesori ini bukan berarti kamu boleh menyetir dan melakukan sesuatu aktivitas lain bersamaan. Usahakan untuk tetap fokus pada jalanan.

3. Ganti sistem audio

audioVia Autointhebox

Nggak semua mobil dikemas dengan sistem audio yang baik. Kebanyakan sistem audio default yang disediakan di mobil hanya berkualitas standar. Hal ini pasti sangat mengganggu kenyamanan telinga kalian para pengagum musik.

Kalau kamu sangat memperhatikan tampilan serta kualitas sistem audio, kamu bisa mencoba mengganti radio double DIN. kebanyakan dari radio double DIN akan menyediakan layar LCD atau LED yang bisa kamu gunakan untuk banyak hal.

Sistem audio nggak berarti kamu hanya memodifikasi head unit-nya saja. Kamu juga bisa mengganti speaker dan amplifier mobil, lho. Bagi kamu yang bingung mau cari dimana, langsung saja kunjungi Blibli.com untuk melihat-lihat pilihan speaker serta amplifier-nya.

Ketika memodifikasi bagian audio dari mobil, jangan lupa untuk mempertimbangkan kabel AUX yang bisa menghubungkan smartphone kamu ke sistem radio.

Berkendara nyaman ditemani lagu-lagu pilihanmu sendiri nggak akan pernah membosankan! Macet pun akan terasa seperti surga ketika kamu bisa berkaraoke di dalam mobil.


BACA JUGA 5 Gaya Modifikasi Mobil Yang Lagi Nge-tren Saat Ini!


4. Mengganti shock breaker

shock-breakerVia DragraceResults

Selain masalah stabilitas, kenyamanan berkendara mobil juga ditentukan dari guncangan ketika berkendara di jalanan berlubang.

Cara kerja shock breaker adalah mengandalkan per yang menopang berat mobil ketika sedang berguncang untuk melindungi interior dan bagian mesin.

Ketika mobil terus-terusan melewati jalanan yang rusak, daya tahan shock breaker pun akan semakin menurun apalagi kalau kamu hanya menggunakan shock breaker standar yang disediakan ketika membeli mobil.

Untuk menghindari hal ini, lebih baik kamu mencoba melihat-lihat merk shock breaker yang terkenal supaya kualitas pun terjamin. Pahami juga tipe-tipe shock breaker sebelum kamu modifikasi mobil di bagian ini.

Untuk mobil ukuran kecil, lebih cocok menggunakan gas shock. Sementara untuk mobil ukuran menengah dan besar, kamu bisa menggunakan tipe heavy duty shock. Kalau kamu lebih sering menggunakan mobil untuk ke daerah seperti bukit, overload shock adalah tipe yang cocok untuk kamu.

Bagaimana? Apakah kamu masih betah berkendara dengan guncangan dahsyat?

5. Modifikasi jok mobil

jok-mobilVia Sub5zero

Ini dia hal terakhir yang nggak boleh kamu lupakan kalau ingin membuat pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman. Jok mobil adalah bagian yang paling bisa kamu rasakan ini juga bisa kamu modifikasikan.

Bahan dari jok mobil bisa kamu ganti menjadi yang sesuai dengan preferensi kamu. Kalau kamu terlalu malas untuk mengganti bahan jok, kamu cukup membeli sarung untuk jok mobil kamu.

Pastikan tampilan jok mobil kamu sesuai dengan tema yang kamu buat untuk interior mobil kamu. Hal ini akan membantu kamu supaya lebih betah di mobil dan membawa mobil pun nggak hanya lebih aman, tapi juga nggak akan membuat mata sakit karena pilihan jok mobil yang nggak pas.

Nah, dengan kelima tips modifikasi mobil sederhana di atas, kamu nggak perlu lagi menggerutu karena mengendarai mobil terasa nggak nyaman.

Untuk modifikasi bagian interior, langsung saja tentukan tema mobil yang ingin kamu gunakan. Selanjutnya tinggal memilih barang-barang yang sesuai.

Percaya deh, modifikasi mobil bisa kamu lakukan tanpa mengeluarkan modal selangit. Apalagi kalau kamu mencari-cari produknya di Blibli.com. Intip koleksinya, dan manjakan dirimu ketika membawa mobil.

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY