5 Tips Kerja Produktif 2019, Terapkan Yuk!

Jadi lebih hepi dengan hidup produktif yuk!

Blibli Friends, pernah gak sih kamu ngerasa 24 jam dalam sehari itu kurang? Padahal kamu udah bangun pagi dan berusaha menyelesaikan semua pekerjaan di hari itu. Mungkin ada yang kurang tepat dari caramu mengatur waktu sehingga kurang produktif.

Blog Blibli Friends punya 5 tips untuk bisa bekerja dengan lebih produktif. Mumpung masih awal tahun, ubah pola kerja biar lebih produktif yuk biar semua goal tercapai hingga akhir tahun!

1. Kerjakan yang tersulit di pagi hari

Pekerjaan yang ditunda biasanya adalah pekerjaan yang sulit sehingga kamu tidak bisa mengerjakannya dengan cepat. Coba ubah kebiasaan menunda pekerjaan yang sulit menjadi hal yang pertama dilakukan di pagi hari. Kerjakan sampai selesai, lalu kamu bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

Catat tugas-tugas kamu di notebook yuk, mencatat juga bisa meningkatkan kemampuan mengingat lho!

KarlyKaela Schedule Planning Notebook Small Buku Agenda Orange
KarlyKaela Schedule Planning Notebook Small Buku Agenda Orange

2. Ikuti “two-minute rule”

Inti dari two-minute rule adalah menyelesaikan tugas-tugas yang bisa dikerjakan selama 2 menit seperti membalas email, membalas chat koordinasi, merapikan meja kerja, dan bisa juga diaplikasikan ke pekerjaan rumah tangga mulai dari membersihkan Kasur, melipat baju yang sudah dicuci, cuci piring, dan sebagainya. Cara ini dipercaya sebagai latihan tidak menunda. Pekerjaan selesai lebih cepat, waktu yang tersisa untuk mengerjakan hal yang lain lebih banyak.

3. Usahakan meja kerja selalu rapi

Ada penelitian dari Institut Neurosains Universitas Princeton yang menyebutkan bahwa kalau lingkungan berantakan, kemampuan fokus manusia akan terganggu. Lingkungan yang berantakan juga membatasi otak memproses informasi dibandingkan dengan lingkungan yang rapi. Jadi, yuk atur meja kerja agar selalu rapi dari benda-benda yang tidak diperlukan.

SHUTER DD 113 Desk File Organizer Hitam
SHUTER DD 113 Desk File Organizer Hitam

4. Hindari multitasking

Otak manusia ternyata tidak didesain untuk multitasking alias mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu, bahkan bisa mengurangi produktivitas hingga 40%. Jadi, tingkatkan produktivitas dengan mengerjakan satu tugas dalam satu waktu. Tapi tetap jaga waktu agar satu tugas itu tidak memakan waktu tugas lainnya.

5. Pastikan cukup tidur

Kata Harvard Report tahun 2007, kurang tidur bisa mengurangi produktivitas dan meningkatkan risiko error saat bekerja. Sebaliknya, cukup istirahat bisa meningkatkan mood, kreativitas, mengurangi stress, dan meningkatkan memori. Oh iya, akan lebih baik kalau istirahat cukup diimbangi dengan kebiasaan pagi yang sehat sehingga kamu jadi lebih siap untuk produktif setiap harinya!

Pillow People Supreme Paket Bantal Guling
Pillow People Supreme Paket Bantal Guling

Gimana? Udah siap kerja lebih produktif tahun ini? Yuk mulai kebiasaan baik ini mulai dari sekarang dan rasakan perubahannya! Siapa tahu kamu jadi punya lebih banyak waktu untuk diri sendiri, pasangan, atau keluarga!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY