Rutinitas olahraga sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bugar, sehat, dan ideal. Terlebih bagi kamu yang setiap hari hanyut dalam kesibukan yang menuntut aktifitas tinggi.

Pastinya hal itu harus diimbangkan dengan aktivitas olahraga agar kondisi tubuh kamu tetap fit. Salah satu aktivitas yang tepat untuk kamu yang memiliki waktu super sibuk adalah lari di treadmill. Latihan ini tidak membutuhkan banyak tempat.

Selama menjalani latihan di dalam ruangan, kamu pun dapat terus berlatih sepanjang waktu tanpa perlu mengkhawatirkan pergantian cuaca diluar (panas/hujan).

Treadmill merupakan suatu jenis olahraga yang melatih otot jantung “Cardio”, karena mengaplikasikan gerakan jalan, jalan cepat, dan bahkan berlari, yang bila dilakukan konsisten dan teratur, teruji ampuh dapat menghancurkan lemak pada tubuh.

Yang jadi pertanyaan bagaimana cara yang tepat untuk beraktivitas olahraga treadmill apalagi kamu baru memulai aktivitas ini? Seperti lari pada umumnya, ada beberapa aturan tentang berlari di treadmill agar kita mendapatkan keuntungan maksimal. Berikut penjelasannya.

1. Kenali dengan baik alat treadmill yang digunakan

kenali-treadmill

Via fifgroup

Mengetahui cara kerja alat merupakan langkah pertama yang harus dilakukan agar latihan kamu sukses. Sebelum berlari di atas treadmill, tanyakan lebih dahulu kepada pelatih fitness untuk mengetahui dengan jelas sistem dan fungsi panel kontrol serta statistiknya. Jangan terburu-buru untuk segera menggunakannya, selain tidak efektif Anda pun bisa berisiko terkena cedera.

2. Perhatikan Waktu

perhatikan-waktu

Via vemale

Faktor utama yang kamu harus perhatikan waktu yang akan dijalani saat kamu melakukan treadmill. Memang tidak ada aturan resmi tentang waktu penggunaan treadmill, tapi ada baiknya kita memperhatikan durasi kita berlari.

Jika kamu berlari dengan benar, maka 30 menit sudah cukup untuk menjadi lebih bugar. Begitu pun saat menggunakan treadmill. Namun kamu bisa menambahkan durasi waktunya jika kamu ingin mengikuti lomba lari marathon, kamu bisa menggunakan treadmill lebih dari 45 menit.


BACA JUGA Michael Phelps, Pengidap ADHD yang Jadi Raja Olimpiade


3. Jangan Lupa Pemanasan

jangan-lupa-pemanasan

Via zonabugar.com

Pemanasan jadi langkah awal untuk semua olahraga termasuk menjalani aktivitas lari di treadmill. Biasanya kamu bisa lakukan jalan cepat sebelum memulai latihan treadmill.

Kemudian regangkan otot kaki secara perlahan. Setelah semua otot terasa siap, maka kamu bisa berlari dengan nyaman.

4. Tingkatkan incline treadmill kamu

incline

Via Zonabugar.com

Ketika sudah menguasai treadmill, sebaiknya jangan  ragu untuk meningkatkan satu persen hingga tiga persen incline treadmill agar terasa seperti berlari di atas jalan yang menanjak. Latihan ini tentunya dapat mempercepat untuk membakar lemak pada bagian bawah tubuh.

5. Buat Latihan Menyenangkan

buat-latihan-menyenangkan

Zonabugar.com

Salah satu faktor utama seseorang menghindari latihan treadmill adalah rasa bosan. Untuk mengatasi masalah kebosanan buatlah waktu treadmill kamu menjadi lebih menyenangkan dengan mendengarkan musik, menonton film atau melakukannya bersama teman-teman.

Gimana? Udah siap kan menjalani latihan yang aman dan menyenangkan di treadmill. Bayangkan aja kamu lagi ada di salah satu set syuting film Hollywood di mana aktor atau aktrisnya menjaga banget kesehatan.

Nah, kalau kamu lagi cari treadmill atau perlengkapan fitness untuk mendukung gaya hidup sehatmu, kamu bisa mulai mencarinya di Blibli.com. Manfaatkan berbagai fasiltas yang dimiliki mulai dari cicilan 0%, beragam cara pembayaran, kualitas barang yang terjamin, dan bebas biaya pengiriman.

Selamat berolahraga, Friends!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY