Kalau kamu memilki jiwa petualang dan pecinta alam, olahraga arung jeram atau yang biasa dikenal dengan rafting merupakan olahraga yang tidak boleh kamu lewatkan. Cukup bermodalkan perahu, life vest,  paddle, dan sedikit nyali, kamu sudah bisa merasakan serunya aliran deras air sungai yang dipadu dengan keindahaln alam yang tidak tertandingi.

Untungnya Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan keindahan alam. Kamu bisa dengan mudah menemukan sungai yang bisa dijadikan spot olahraga arung jeram. Nah, berikut beberapa sungai rekomendasi dengan tingkat kesulitan ekstrim untuk aktivitas rafting.

1. Sungai Cikandang, Garut, Jawa Barat

sungai-cikandang-garutVia Arungjeram

Memang belum banyak orang yang mengetahui bahwa Garut juga punya tempat rafting yang seru. Sungai Cikandang yang berhulu di kaki Gunung Papandayan dan bermuara di Cijayana ini memiliki panjang sekitar 28 KM dan kamu membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk mengarungi sungai ini.

Tingkat kesulitan rafting di sungai ini sudah memasuki grade ke 3 dan 4 dikarenakan tingkat kemiringan sungainya yang bisa dibilang lumayan ekstrim. Jadi, buat kamu yang masih pemula dalam permainan ini, sebaiknya persiapkan mental kamu terlebih dahulu.

Untuk sampai ke lokasi, kamu bisa menuju ke Desa Sukamulya di Kecamatan Pakenjeng  dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kamu juga bisa menggunakan jasa tour atau pemandu di sekitar daerah ini. Harga paket yang ditawarkan sekitar Rp670.000 / orang.

2. Sungai Pekalen, Probolinggo, Jawa Timur

sungai-pekalen-probolinggoVia songaadventure

Tempat wisata yang satu ini berjarak sekitar 125 KM atau sekitar 2 jam perjalanan dari Surabaya. Lokasi sungai tepatnya berada di Desa Ranu Gedang, kecamatan Tiris.  Sungai Pakelan sendiri dibagi menjadi dua jalur yang terdiri dari pakelan atas dan pakelan bawah.

Untuk jalur pakelan atas, lebih direkomendasikan buat kamu yang sudah lebih profesional dan menyukai arus yang lebih deras serta ekstrim. Sedangkan pakelan bawah, dengan arus yang lebih stabil lebih direkomendasikan untuk pemula.  Waktu yang dibutuhkan dari jalur start menuju finish adalah sekitar 1,5 jam.

Terdapat dua provider atau penyedia jasa rafting lokal yang terkenal di daerah ini  yaitu Rafting Songa dan Noars Rafting. Keduanya menawarkan harga yang cukup bersahabat, Noars Rafting menawarkan harga mulai dari Rp225.000 sedangkan untuk Songa dimulai dari Rp259.000.

3. Sungai Nimanga – Timbukar, Kecamatan Sonder, Sulawesi Utara

sungai-nimangaVia travel.grivy

Sungai Nimanga terletak di desa Timbukar, kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Kamu bisa sampai ke tempat ini sekitar 30 menit dari kota Manado.

Untuk mengarungi sungai ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan perjalanan sepanjang 12 KM. Sungai ini memiliki tingkat kesulitan dengan grade 3 sehingga cocok buat kamu yang menyukai arung jeram dengan arus deras.

Harga paket yang ditawarkan juga berbeda-beda dari berbagai penyedia jasa lokal. Namun biasanya kamu bisa mendapatkan harga sekitar Rp150.000 jika jumlah anggota mencapai 30 orang.


BACA JUGA Apa Manfaat Mendekatkan Diri ke Alam? Ini Kata Psikologi!


4. Sungai Telaga Waja, Bali

sungai-telaga-waja-baliVia wisatabaliutara

Sungai ini terletak di kabupaten Karangasem, bagian timur Bali dan waktu yang dibutuhkan menuju ke sini dari Denpasar adalah sekitar 2 jam. Telaga Waja merupakan salah satu spot rafting yang paling banyak dikenal karena memiliki trek rafting terpanjang di Bali, yaitu sekitar 16 KM dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 5 jam.

Salah satu keunggulan sungai ini adalah airnya yang sangat jernih serta pemandangan sekitar yang sangat hijau. Untuk tingkat kesulitan, arus air yang sangat deras ini sudah cukup untuk menantang kamu yang mempunyai jiwa petualang.

Untuk harga bisa sangat bervariasi tergantung dari tour yang kamu pilih, tapi biasanya dimulai dari harga Rp270.000. Kamu harus lebih cermat dalam memilih tour mengingat banyaknya tour provider yang ada di Bali.

5. Sungai Alas, Acehsungai-alas-aceh

Via indonesia-tourism

Mereka yang mengaku pecinta olahraga arung jeram pasti sudah tidak asing dengan lokasi ini. Sungai Alas sendiri terletak di dalam Taman Nasional Gunung Leuser, sedangkan untuk menuju ke lokasi, kamu membutuhkan waktu sekitar 14 jam dari Banda Aceh.

Alur sungai dengan tingkat kesulitan grade 3-4 dan diisi berbagai belokan yang tajam ini sangat cocok buat kamu yang ingin memacu adrenalin. Kamu juga bisa menikmati keindahan hutan tropis yang sangat indah di sepanjang sungai.

Karena lokasinya yang sedikit jauh, kamu juga bisa memilih untuk menginap semalam di akomodasi sekitar dengan harga kurang lebih Rp70.000 per malam.

Gimana guys, sudah siap untuk berpetualang dan memacu adrenalin? Tapi ingat ya, karena arung jeram ini termasuk olahraga yang cukup berbahaya, jadi kamu harus memastikan sudah menggunakan semua peralatan pengaman dengan baik. Dari pihak tour, biasanya kamu juga akan diminta menandatangani surat persetujuan, lho!

Jadi kalau kamu memang masih pemula, mulailah dengan sungai dengan arus yang lebih tenang dulu sebelum mencoba sungai-sungai ekstrim di atas. Happy holiday!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY