Mau update instagram, tapi nggak foto yang kece? Kalau kamu punya kamera DSLR, sudah saatnya kamu mewarnai media sosialmu dengan foto-foto yang unik. Tinggal belajar teknik-teknik DSLR praktis di bawah ini dan dijamin kamu bakal membuat teman-temanmu mengira kamu seorang pro (walau belum tentu)!

1. Memotret objek dalam kecepatan cahayakecepatan cahaya

Salah satu pengetahuan dasar fotografi adalah objek yang bergerak pasti akan terlihat blur. Tetapi, bagaimana bila objeknya diam dan hanya kameramu yang bergerak?

Buat kamu yang belum tahu teknik Zoom Burst, dengan mengubah zoom lensa ketika kamu mengambil foto, kamu akan mendapatkan efek blur yang seakan bermula dari titik fokus dan bergerak ke luar.

Untuk teknik ini yang perlu diperhatikan adalah shutter speed kamera. Untuk melakukan Zoom Burst dengan benar, shutter harus dalam keadaan terbuka ketika kamu mengubah zoom kamera. Tergantung dari seberapa cepat kamu dapat mengubah zoom kamera dan seberapa dramatis efek yang kamu inginkan, biasanya kamu menginginkan shutter speed antara 1-4 detik.

Kalau kamu sudah mengerti teknik ini, kamu dapat menggunakannya untuk memotret lampu-lampu gedung di malam hari atau memotret model di antara kerumunan banyak orang/kendaraan.

2. Membuat teman-temanmu jadi raksasa dengan teknik perspektifteknik perspektif

Pernah lihat foto orang yang seakan sedang mendorong menara Pisa? Penasaran bagaimana caranya membuat objek kelihatan begitu besar atau begitu kecil? Gampang! Kamu tinggal belajar yang namanya teknik ‘Forced Perspective’.

Secara praktis dengan memanfaatkan persepsi akan kedalaman gambar, kamu bisa membuat benda semakin besar atau pun kecil dengan mengatur jarak benda dan posisi kameramu. Salah satu contoh mudah teknik ini adalah membuat ilusi jari raksasa.

Coba cari suatu objek yang besar seperti truk ataupun kapal. Ketika kamu sudah menemukan objek dalam frame kameramu, posisikan jarimu sedemikian rupa di depan lensa. Hasilnya seakan ada jari raksasa yang tengah mendorong objek, wow! Film Hobbit yang terkenal juga direkam dengan memanfaatkan prinsip teknik ini!


BACA JUGA Pilih Mana? Mirrorless Camera VS DSLR


3. Modal plastik transparan saja untuk buat foto sayuplastik transparan

Via icanbecreative.com

Ingin membuat foto tampak memiliki filter, namun tetap bisa bilang #nofilter ketika kamu menguploadnya? Ga perlu repot-repot belajar aplikasi editing foto ataupun gaya fotografi vintage! Ada trik sederhana loh untuk menghasilkan foto artistik seperti itu.

Meskipun terdengar agak lucu, tapi kamu hanya perlu membungkus pinggiran kameramu dengan plastik untuk mendapatkan efek tersebut. Pastikan kamu menggunakan plastik yang agak tebal seperti plastik untuk makanan, serta jangan sampai plastik itu menutupi lensa kamera. Kamu hanya perlu plastik itu di pinggiran untuk membiaskan cahaya dan menciptakan efek berkabut.

4. Menangkap momen mengagumkan dalam satu framehigh speed

Penasaran caranya membuat foto bulir air yang menetes atau momen ketika sebuah balon tengah meletus? Kamu perlu tahu trik-trik di balik teknik fotografi ‘High Speed’ kalau begitu!

Pertama, pastikan kamu mengatur flash kameramu dalam setting low atau rendah. Hal ini agar flash kameramu hanya akan menyala dalam waktu singkat dan nggak menyebabkan blur ketika menangkap objek yang bergerak. Kedua, pastikan kamu menggunakan mode manual dan mengatur fokus kamera pada objek.

Untuk hasil yang bagus tanpa banyak kerja, gunakan tripod untuk menghindari blur akibat tangan gemetar. Kamu tinggal bidik saja objek incaranmu dan tunggu momen indahnya.

5. Buat teman-temanmu iri dengan makan siangmu!potret makanan

Pengen pamer makan siang di media sosial, tapi hasilnya kurang bagus? Bagaimana kalau kamu coba memainkan kontras background atau latar. Contohnya, letakkan makanan yang indah seperti sepotong Stawberry Cheesecake di piring putih bersih, dan atur penekanan fokusnya.

Selain itu, coba gunakan pencahayaan alami dan matikan flash DSLR-mu. Jangan takut untuk mengambil gambar zoom in dan fokus pada detail-detail tertentu, seperti bulir embun di kue yang dingin.

Ingin sedikit curang? Gunakan kapas yang direndam dalam air panas dan taruh di balik makanan untuk membuat kesan fresh from the oven. Ingin makananmu terlihat berkilau? Oleskan minyak zaitun pada permukaannya. Dijamin dengan teknik-teknik ini kamu bakal membuat teman-temanmu ngiler!

Sudah siap untuk menunjukkan kreativitasmu dan bereksperimen dengan teknik-teknik fotografi di atas? Kamu bisa mulai melihat-lihat berbagai koleksi kamera Sony yang bisa kamu jadikan alat berkreasi di Blibli.com. Manfaatkan beragam fasilitas yang dimiliki mulai dari cicilan 0% hingga bebas ongkos kirim ke seluruh Indonesia!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY