5 Tantangan yang Kudu Dihadepin Pas Jualan Online

Photo via id.pinterest.com

Banyak yang ngira, jualan online itu gampang. Yang gampang itu, kalo udah banyak makan asam garam dan udah tau cara jualan online-nya biar gak kalah saing. Jualan online pasti gak selamanya mulus, ada aja tuh tantangannya. Bisa dari kita sendiri yang gaptek atau dari pembeli yang rese. Makanya biar gak galau lagi, kudu siap sama tantangan pas jualan online. Nih, saya kasih tau…

  • Saingan dari olshop sebelah

Saingan udah gak asing lagi, pasti banyak banget yang jualan barang yang sama. Sebenernya, bisa diatasin dengan cara bikin beda dari yang lain. Contohnya, bikin ide sendiri yang anti mainstream biar barang yang dijual gak pasaran.  

  • Pembeli yang suka jail

Ada aja pembeli yang suka jail, kayak ngilang pas mau beli, apalagi ngebatalin, behhh rasanya kayak di-ghosting gebetan. Makanya penjual kudu siapin mental deh biar sabar ngadepin pembeli kayak gitu.

  • Ketinggalan tren

Kalo ngikutin tren pasti tiap tahunnya ganti, misalnya di tahun ini lagi ngetren warna lilac. Trennya bisa diikutin, terserah barang apa yang mau dijual, bisa baju, sepatu, masker, kerudung, atau yang lain. Soalnya pembeli bakal nyari-nyari barang itu biar keliatan kekinian. Eits, tapi jangan ganti-ganti barang jualannya, ntar dikira gak konsisten. 

  • Banyak penipuan dan hacker

Penjual kudu hati-hati sama penipuan dan hacker. Bisa juga pembeli nipu si penjual pake foto bukti transfer palsu. Makanya kudu teliti deh, pastiin buat cek mutasi setiap pembeli bilang udah transfer. Hacker juga serem banget, soalnya bisa nge-hack akun olshop kamu, hasilnya akun gak balik lagi. Kudu hati-hati banget deh. 

  • Ketinggalan jaman

Kalo ngikutin perkembangan teknologi, pasti bakalan ngerti gimana sistem bayarnya, ngirim foto produk ke calon pembeli, cara ngirim barang, dan lain-lain.  Jadi, kudu belajar terus supaya gak ketinggalan jaman. Kalo masih bingung, bisa kan nyari di Google terus pelajarin pelan-pelan.

Kudu pinter-pinter ngindarin poin-poin di atas supaya jualan online makin berkembang. Kalo ada kerikil-kerikil kecil pas jualan dijalanin aja, yang penting konsisten dan jangan nyerah duluan. Inget sama tujuan awal jualan online itu buat dapetin cuan. Oh iya, jualan online juga kudu dipikir mateng-mateng, dibarengin sama doa, niat, plus usaha. Semoga berhasil…

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY