Kartu kredit merupakan salah satu senjata terkuat dalam dompet kita. Dengan tanggung jawab yang tepat, senjata ini bisa memberikan banyak sekali manfaat saat belanja. Namun, di sisi lain penyalahgunaan senjata ini juga bisa menyebabkan seseorang terlibat dalam hutang.

Tercatat pada bulan Agustus 2016, sudah ada lebih dari 17 juta keping kartu kredit yang tersebar di Indonesia, dengan jumlah transaksi mencapai lebih dari 195 juta. Angka itu terbilang masih sedikit bila dibandingkan total penduduk negara kita.

Kartu kredit bukanlah sebuah keharusan, tapi kalau kamu sudah memiliki ciri-ciri di bawah ini, maka kamu termasuk salah satu orang yang membutuhkannya.

1. Ketika transaksi online kamu sering terhalang karena kartu kredit

transaksi-online

Via: lifehack.org

Kamu pernah nggak sih sedang asyik-asyiknya shopping online, udah lama milih-milih barang, isi data, tapi pada akhirnya nggak bisa belanja hanya karena pembayarannya membutuhkan kartu kredit. Nah, kalau hal ini sering terjadi, berarti ini salah satu bukti kalau sudah saatnya kamu memiliki kartu kredit.

Sekarang ini banyak sekali toko-toko online yang hanya menerima pembayaran via kartu kredit ataupun membutuhkan nomor kartu kredit sebagai jaminan, terutama toko-toko online yang ada di luar negeri. Nah, kamu tentunya tidak mau kehilangan barang incaran kamu hanya karena tidak bisa memenuhi metode pembayaran dong?

2. Pelaku usaha yang membutuhkan modal

pelaku-usaha

Via: stories.avvo.com

Kamu ingin mencoba memulai bisnis tapi nggak punya modal yang mencukupi?  Ini juga salah satu tanda kalau kamu butuh kartu kredit. Dengan kartu kredit, kamu bisa membeli barang-barang dagangan kamu terlebih dahulu dan bayar setelah kamu mendapatkan keuntungan.

Tapi jika kamu ingin menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan ini, kamu harus sangat berhati-hati karena yang namanya resiko bisnis tidak pernah ada yang tau. Pastikan kamu sudah memiliki planning yang matang sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit untuk modal usaha.

3. Traveler yang sering keluar kota atau negeri

traveler

Via: www.premiumholidayclub.com

Kalau kamu adalah traveler yang sering bepergian ke luar kota ataupun luar negeri, berarti kamu juga termasuk orang yang membutuhkan kartu kredit. Selain kemudahan dalam memesan tiket pesawat, biasanya beberapa maskapai juga menawarkan sistem cashback atau reward untuk pembayaran menggunakan kartu kredit.
Selain itu, pada saat pemesanan hotel, biasanya kamu akan diminta memasukkan data kartu kredit sebagai garansi pada saat check-in. Nah, kalau kamu tidak mempunyai kartu kredit, biasanya kamu harus mendepositkan sejumlah uang tunai dan hal ini tentu saja akan mengurangi kenyamanan terutama di saat kamu sedang ingin berbelanja dan liburan di luar negeri.

4. Membutuhkan emergency cash ketika sakit

emergency

Via: pexels.com

Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi pada hari esok, kita bisa jatuh sakit kapan saja dan dimana saja. Bisa saja kamu sedang berjalan-jalan di mall, tiba-tiba terkena musibah, amit-amit! Terutama buat kamu yang tidak memiliki asuransi, maka kartu kredit akan sangat membantu kamu pada saat seperti ini.

Biaya rawat inap di rumah sakit juga tidak murah dan biasanya pihak rumah sakit akan meminta sejumlah uang deposit sebagai jaminan. Dengan adanya kartu kredit, maka kamu akan mempunyai waktu yang lebih banyak untuk mengumpulkan uang dan bayar biaya pengobatan kamu di kemudian hari.

5. Kalau kamu adalah shopper yang suka diskon

personal-shopper

Via: pexels.com

Hampir semua kartu kredit menawarkan sistem reward atau sistem poin kepada para penggunanya. Poin-poin tersebut biasanya dapat dikonversi menjadi sejumlah uang yang bisa digunakan untuk belanja lagi.

Selain itu, biasanya berbagai bank juga akan melakukan kerja sama dengan berbagai outlet dan restoran yang menawarkan sejumlah diskon untuk pengguna kartu kredit. Kalau kamu bisa menggunakan kartu kredit dengan cara yang smart , tentu saja kamu bisa menikmati berbagai keuntungan tanpa harus menjadi orang yang mempunyai banyak hutang.

Gimana? Banyak banget kan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan kartu kredit? Tapi kamu tetap harus smart, ketahui batas kemampuan finansial kamu sendiri dan jangan sampai kemudahan yang diberikan kartu kredit justru kamu salah gunakan.

Bagi kamu yang sudah memiliki kartu kredit, kamu juga bisa menikmati cicilan 0% untuk setiap produk kalau kamu belanja di Blibli.com dengan kartu kreditmu. Yuk, tunggu apalagi!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY