5 Smartphone Berkamera Terbaik Tahun 2019

Lupakan sudah kerepotan membawa kamera dengan bobot yang berat saat ingin pergi traveling atau untuk daily use kamu. Sekarang, teknologi kamera pada smartphonesmartphone flagship sudah lebih dari mumpuni untuk diandalkan menyalurkan hobi fotografi atau sekadar ingin mengabadikan momen berharga. Apalagi, beberapa merek ternama juga telah bekerja sama dengan produsen kamera untuk menghasilkan sebuah lensa yang benar-benar unggul di kelasnya.

Melalui dukungan resolusi puluhan megapiksel, lebih dari satu lensa, dan kemampuan AI yang bisa diandalkan, inilah lima smartphone dengan kamera terbaik tahun ini.

1. iPhone XS

Via wired.com

Tentunya ada alasan khusus kenapa iPhone menjadi salah satu smartphone yang begitu populer pada setiap serinya. Iyes, tampilan antarmukanya memang sangat user-friendly, tapi yang begitu didengung-dengungkan oleh fanboys-nya adalah kemampuan kameranya.

Apple tetap menjaga tradisi ini pada seri iPhone XS yang merupakan kelanjutan dari seri iPhone X. iPhone XS didukung dengan dua lensa berkekuatan 12MP dengan bukaan sebesar f/1.8 dan f/2.4 yang difokuskan untuk dua kebutuhan berbeda. Keduanya juga didukung dengan optical image stabilization untuk menghasilkan foto yang lebih impresif.

Produksi warnanya pun terlihat lebih natural, khususnya pada mode selfie. Tidak ada beauty filter yang berlebihan seperti pada smartphone-smartphone keluaran China. Kemampuan foto telenya pun sanggup menghasilkan detail yang jelas dibandingkan kompetitornya meskipun foto diambil dari jarak yang jauh.

IPHONE XS GARANSI RESMI ADA POTONGAN 1,7 JUTA? CEK PENAWARANNYA DI SINI

2. Huawei P30 Pro

Via harveynorman.com.au

Huawei semakin memanaskan persaingan di pasar smartphone camera dengan mengeluarkan flagship teranyarnya ini. P30 Pro hadir sebagai smartphone camera yang andal untuk low-light photography, kemampuan zoom yang luar biasa (5x optical), dan spesifikasi fisik yang luar biasa.

Spesifikasi kameranya terdiri dari 40 MP SuperSpectrum f/1.6, 20 MP f/2.2 (ultra wide-angle), 8MP Periscope 5X optical zoom f/3.4 OIS dan sebuah teknologi Time-of-Flight (ToF) Camera. ToF Camera ini berguna untuk menangkap informasi kedalaman gambar sehingga dapat menghasilkan segmentasi gambar yang akurat. Pengukuran jaraknya dilakukan secara presisi untuk menampilkan simulasi tingkatan gambar bokeh.

Selain itu, P30 Pro juga sangat unggul dalam kemampuan tele fotonya. Dukungan lensa persikop membuat smartphone ini sanggup melakukan optical zoom hingga 5X, 10X hybrid, dan digital zoom sampai 50X.

TERTARIK MEMILIKI HUAWEI P30 PRO? DAPATKAN PENAWARAN MENARIKNYA DI SINI

3. Google Pixel 3

Sebagai pemilik dari platform sejuta umat, Google tidak mengambil langkah populis untuk membekali perangkat smartphone besutan mereka. Mereka tahu benar bagaimana memaksimalkan software Android yang mereka kembangkan sendiri untuk kebutuhan fotografinya. Bentuk kepercayaan diri ini terlihat dari hanya terdapat satu kamera belakang saja pada Google Pixel 3.

Pixel 3 didukung dengan kamera belakang berukuran 12,2MP (28mm) dengan bukaan f/1.8 dan kamera depan sebesar 8MP (28mm wide) bukaan f/1.8. Spesifikasi fisik ini memang terlihat sederhana dan apa adanya, tapi berkat dukungan software khusus Pixel 3 dapat menghasilkan foto yang bagus untuk tele, bokeh, hingga foto sudut lebarnya. Produksi warnanya pun realistis dengan detail yang menawan. Tak salah memang menempatkan Pixel 3 sebagai salah satu smartphone cameraterbaik tahun ini.

CEK DI SINI UNTUK MEMBELI GOOGLE PIXEL 3

4. Samsung Galaxy S9 Plus

Via samsung.com

Pesaing klasik iPhone ini tetap tampil prima meskipun kini pasar smartphone kamera tak lagi berpolar di dua sisi saja (Apple vs. Samsung) seperti yang pernah terjadi sekitar lima tahun silam. Samsung Galaxy S9 Plus menjadi jebolan teranyar dari Samsung untuk menjawab tantangan zaman tentang bagaimana mendapatkan hasil foto yang berkualitas dari sebuah kamera smartphone saja.

Galaxy S9 Plus menjadi flagship pertama Samsung yang menggunakan teknologi dua kamera dan menggunakan sensor ganda 12MP yang dipasangkan secara bersamaan. Sensor yang pertama memiliki bukaan f/1.5 yang artinya dapat lebih sensitif terhadap cahaya sehingga bisa diandalkan dalam kondisi low light. Sensor lainnya untuk kebutuhan menghasilkan foto dengan segmentasi bokeh yang akurat.

CEK DI SINI UNTUK MEMBELI SAMSUNG GALAXY S9 PLUS

5. OnePlus 6T

Via notebookcheck.net

Siapa bilang smartphone berkamera bagus harus selalu mahal? Berarti mereka belum kenal yang namanya OnePlus. Pabrikan asal China ini secara konsisten merilis smartphone dengan kamera yang unggul, tapi dengan harga yang sangat bersahabat. Dimulai dari OnePlus One yang dirilis pada tahun 2014 lalu sampai yang terbaru, OnePlus 7, tetap menawarkan fitur kamera yang sangat menggoda.

Selagi OnePlus 7 masih belum tersedia di Indonesia, OnePlus 6T tetap bisa menjadi flagship yang menarik untuk dicoba. Spesifikasi kameranya sangat solid, yaitu dua kamera belakang (16MP dan 20MP) dengan bukaan masing-masing sebesar f/1.7. OnePlus juga telah meningkatkan ukuran pixel pada sensor 16 MP sebesar 19% dari yang dimiliki OnePlus 5T untuk meningkatkan kemampuan foto dalam kondisi low-light.

CEK DI SINI UNTUK MEMBELI SMARTPHONE ONEPLUS 6T

Lima smartphone camera di atas sudah lebih dari cukup bagi kamu untuk meninggalkan kamera di rumah saat ingin traveling ringan dan memperbanyak stok foto untuk feed Instagram. Tertarik untuk mencoba salah satunya?

TUKAR TAMBAH SMARTPHONE LAMAMU DENGAN YANG BARU DI SINI

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY