Setelah diresmikan oleh UNESCO pada tahun 2009 sebagai “Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity”, kepamoran Batik Indonesia pun terus mekar hingga saat ini. Sebagai salah satu ciri khas negara Indonesia di mata dunia, wajar bila Batik selalu mendapatkan perhatian dari segala penjuru dunia.

Buktinya, pakaian Batik nggak hanya dipakai oleh murid sekolah dan karyawan kantor di setiap hari Jumat saja, namun karya seni melukis kain dengan lilin ini juga di miliki oleh sejumlah Selebriti Internasional, lho! Siapa saja mereka?

Presiden Amerika Serikat,  Barack Obamabarack obama

Via indonesiamatters.com

Pada saat menghadiri East Asia Summit Indonesia 2011 di Nusa Dua, Bali, Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama mengenakan Batik berwarna hijau gelap dengan kombinasi pola berwarna coklat, hitam, dan putih. Keindahan desain Batik ini merupakan hasil karya Alleira, yang juga ditugaskan untuk membuat desain pakaian tokoh-tokoh negara lain yang hadir.

Namun, tahukah kamu kalau Batik yang dikenakan Obama dan Pak SBY adalah Batik Bali? Berbeda dengan motif Batik Jawa, Batik Bali cenderung lebih berwarna terang atau “nyala” dan mengimplementasikan kisah para Dewa di pulau Dewata pada corak-coraknya.  Sungguh elegan!

Bintang Film Hollywood, Julia Robertsjulia roberts batik

Via metrotvnews.com

Bagi para pecinta film Hollywood, siapa sih yang nggak kenal bintnag film legendaris, Julia Roberts? Penampilannya di film ber-genre romantic comedy, “Pretty Woman” pada tahun 1990 telah melesatkan namanya di dunia perfilman Hollywood hingga sekarang.

Siapa sih, yang bisa melupaka film “Eat, Pray, Love”yang syutingnya di Bali? Dirilis pada tahun 2010, Julia Roberts tampil memukau dengan Batik-nya berwarna biru sambil bersepeda yang memberikan kesan bebas dan fresh. Bukti bahwa nggak hanya Julia, namun juga semua tim produser film tersebut mengapresiasi budaya kita.

Orang Terkaya di Dunia, Bill Gatesbill gates

Via metrotvnews.com

Dari artis legendaris, sampai orang terkaya di dunia, Bill Gates juga pernah memakai Batik. Dengan nilai sekitar US$87,4 Miliar, sang co-founder Microsoft dan Bill & Melinda Gates Foundation ini mengenakan Batik berwarna coklat khas ketika memberi kuliah umum di Jakarta Convention Centre pada tahun 2008 silam.

Tapi, ada kisah unik di belakang baju Batik ini. Pada awalnya, Bill Gates dan Presiden RI pada saat itu, Pak SBY sudah ditetapkan untuk mengenakan jas hitam formal. Namun, atas bujukan dari Rachmat Gobel (Panasonic), Bill pun setuju. Perubahan kostum begitu cepat terjadi sampai Pak SBY pun terkejut dan akhirnya segera mengganti setelan jas menjadi Batik juga.


BACA JUGA 5 Fakta Unik yang Membuatmu Makin Cinta Indonesia


Bangsawan Inggris, Kate Middletonkate middleton

Via dailymail.co.uk

Si “Duchess of Cambridge”, salah satu bangsawan yang selalu disoroti mata-mata para penggemarnya kembali memunculkan “Kate Effect”. Dengan memakai dress berpola Batik berwarna putih dan biru karya Diane Von Furstenberg, Kate Middleton menunjukkan alasan kecantikan dan penampilan elegannya begitu diimpi-impikan.

Desain Batik modern yang dikenakan ketika Prince William dan Kate Middleton mengunjungi Australia pada tahun 2014, berharga £292 pounds, atau sekitar 5,2 juta rupiah! Lebih mengejutkan lagi, 8 menit setelah Kate Middleton diberitakan memakai dress ini, website Diane Von Furstenberg langsung diserbu dan stok dress ini pun langsung habis!

Bapak Negara Afrika Selatan, Nelson Mandelanelson mandela

Via bintang.com

Mungkin beliau-lah tokoh dunia yang tampak paling cinta terhadap Batik Indonesia. Setelah Nelson Mandela bebas dari 27 tahun penjara, beliau mengunjungi Indonesia pada tahun 1990 dan bertemu dengan Presiden RI saat itu, Pak Soeharto. Bapak Presiden kita pun memberikan Batik sebagai cenderamata ke mantan Presiden Afrika Selatan serta pejuang yang membubarkan sistem apartheid ini.

Nelson Mandela sangat mencintai dan sering mengenakan Batik (atau yang lebih dikenal dengan Madiba shirt di Afrika Selatan) ke acara-acara internasional, dimana sebagian besar tokoh-tokoh negara lain memakai jas hitam formal. Terima kasih Pak Mandela sudah turut memperkenalkan Batik Indonesia di kancah internasional!

Batik merupakan karya seni yang harus dibanggakan oleh masyarakat Indonesia. Keunikan pola serta cara pembuatannya begitu dihargai oleh selebriti hingga tokoh-tokoh terkemuka dunia. Kalau kamu? Sudah punya Batik belum?

Kalau belum, kamu bisa mendapatkan Batik siap pakai atau berbentuk kain yang sangat kental nuansa Indonesianya hanya di blibli.com! Dapatkan keuntungan berbelanja produk negeri unik lainnya dengan mengunjungi Galeri Indonesia di Blibli!

Raya

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends 🙂
Raya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY