me

5 Pola Parenting Ala Nikita Willy yang Bisa Kita Contoh untuk Anak

Dec 01, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Semenjak menikah dengan Indra Priawan dan melahirkan seorang putra bernama Issa Xander Djokosoetono, Nikita selalu menjadi sorotan para netizen Indonesia terutama dalam hal gaya parenting-nya yang mengambil gaya Barat. Konsep pengasuhan yang diterapkan Nikita menuai banyak kritikan, tapi banyak loh yang bisa kita contoh. Simak yuk Blibli Friends, 5 pola asuh ala Nikita Willy yang bisa kita contoh di bawah ini!

  • Ajarkan Anak Makan Sendiri

Blibli Friends, saat umur 6 bulan kurang Issa sudah memulai MPASI atau Makanan Pendamping ASI dengan seizin dokter anak-nya, lho. Nikita dan suami memutuskan metode Baby Led Weaning (BLW) pada baby Izz karena mereka berdua sering melakukan perjalanan jauh keluar kota atau keluar negeri. Cara ini membuatnya nggak kesulitan dan kerepotan saat akan memberikan Issa makan apa saat berpergian. Tentunya metode ini nggak dilakukan Nikita tanpa persiapan dan informasi ya, Blibli Friends. Membaca buku tentang BLW, mengikuti workshop dan virtual course untuk BLW pun dilakukan oleh Nikita supaya yakin untuk menerapkan metode tersebut.

Mengajarkan anak makan sendiri juga melatih gerak motorik anak. Anak akan belajar untuk memegang lalu menggenggam makanan sebelum akhirnya memasukkannya ke dalam mulut. Nah, hal ini dapat memperkuat otot-otot halus pada tangan menjadi lebih kuat sehingga lebih terampil dalam melakukan banyak hal lain. 

Buat Blibli Friends yang baru menjadi ibu dan mau mengikuti metode makan seperti ini untuk anaknya ya harus mencari ilmunya dan mendapatkan informasi pada ahlinya. Dan pastinya, harus dikonsultasikan dengan dokter anak karena kondisi perkembangan anak berbeda-beda. 

Sebelum buah hati diajarkan makan sendiri, lengkapi perlengkapan makannya dulu ya. Dapatkan promonya di sini 

  • Belajar Tidur Sendiri

Sejak Issa berusia 4 bulan, Nikita dan suaminya mengajarkan sang buah hati untuk tidur sendiri. Bagi sebagian orang, terutama di budaya Indonesia cara ini nggak biasa. Anak-anak di Indonesia umumnya tidur bersama orangtuanya sejak lahir hingga berusia 5-6 tahun, alasannya karena di usia antara 0-2 tahun anak masih menyusui secara ekslusif. Mereka pun masih nggak tega untuk melepas anak tidur sendiri meski sudah berusia 2-6 tahun.

Nikita sendiri melepas Issa tidur sendiri bukan tanpa alasan, ia dan suami mempertimbangkan manfaat yang akan didapat di masa depan. Mengajarkan anak tidur sendiri dan makan sendiri sejak usia bayi dapat membuat anak mandiri sejak dini. Anak akan terbiasa melakukan hal-hal pribadinya secara mandiri tanpa takut untuk ditinggalkan oleh orangtua. 

Jika Blibli Friends mau mencontoh cara Nikita, pastikan sudah menerapkan sleep training dan juga memasang cctv di kamar tidur anak agar bisa memantaunya dari luar kamar saat sang buah hati tidur. Sebelum tidur, pastikan anak sudah diberi susu supaya nggak terganggu tidurnya karena merasa lapar di tengah malam. Gunakan botol susu pigeon dan dapatkan promonya di sini :

  • Tanpa Baby Sitter

Nikita Willy memutuskan untuk merawat sendiri buah hatinya dan nggak mempekerjakan baby sitter untuk membantu merawat anaknya. Ia dan suami lebih suka merawat sendiri buah hatinya tanpa bantuan orang lain. Kelebihan pola parenting ini adalah orangtua dapat menjadi lebih dekat dengan anaknya dan orangtua dapat memastikan secara langsung semua kebutuhan anak terpenuhi dengan baik. Sebagai seorang aktris, Nikita bahkan memilih untuk libur sementara waktu dari aktivitasnya di dunia syuting agar bisa fokus mengurus buah hati. Pola asuh Nikita ini banyak diacungi jempol oleh netizen.

  • Toilet Training

Pada unggahannya di media sosialnya, Nikita Willy ternyata sudah mulai mengajarkan toilet training kepada anaknya. Ia mulai membiasakan Baby Issa sikat gigi dengan sikat gigi khusus sebelum tidur. Banyak pujian yang diberikan oleh warganet saat melihat Nikita mengajarkan anaknya sikat gigi. Ini termasuk hal yang bagus ya, Blibli Friends, karena anak akan terbiasa melakukan bersih-bersih sebelum tidur. Hal ini juga melatih anak untuk nggak malas sikat gigi karena kebanyakan anak-anak nggak mau kalau harus menyikat giginya saat mandi.

  • Tidak Memberi Gadget

Blibli Friends tahu dong, salah satu hal yang paling sulit dalam pola asuh adalah saat orangtua harus memilih apakah akan memberi gadget atau nggak. Nikita Willy tanpa ragu menerapkan untuk nggak memberikan gadget sejak usia dini sebagai pola parenting-nya. 

Hal ini bukan tanpa alasan, gadget bisa membuat anak kecanduan dan malas belajar. Saat anak sudah mulai diberi gadget, anak akan lebih fokus ke gadget itu. Blibli Friends bisa menerapkan pola asuh ini juga kok, agar anak nggak tergantung dengan gadget.

Meski Nikita membatasi gadget pada anaknya, ia tetap mengizinkan Issa untuk menonton televisi. Nikita akan mengajak Issa menonton televisi saat kedua orangtuanya juga menonton, acara yang ditonton pun tetap harus sesuai dengan usia Issa saat ini. Sambil nonton televisi dengan orangtua, anak dapat menikmati ASI dari botol Nanobebe Breast Milk Bottle. Jangan sampai kelewatan promonya, nih.  

Finally, sebagai orangtua baru, kita harus selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anak. Menjadi orangtua nggak akan berhenti untuk terus belajar soal cara merawat dan mengasuh anak, agar bisa lebih baik kedepannya. Mau menerapkan pola parenting seperti apa, tentunya disesuaikan dengan kondisi anak dan kesiapan kita sebagai orangtua.

Cek promo perlengkapan makan anak di sini