5 Perlu Diperhatikan Membawa Si Kecil Bepergian di Masa New Normal

Photo via pixabay.com

Berbagai wilayah di Indonesia kini telah memasuki masa transisi new normal yang berdampak pada pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Masyarakat mulai kembali beraktivitas seperti biasa dengan mengikuti peraturan keselamatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Lalu, bagaimana dengan anak-anak? Melalui unggahan Instagram pada 18 Juni 2020, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengeluarkan anjuran mengenai aktivitas anak di luar rumah selama pandemi Covid-19.  Dalam unggahan tersebut, IDAI menganjurkan agar anak-anak tetap beraktivitas di rumah saja. Namun jika terpaksa membawa si Kecil keluar rumah, berikut ini adalah 5 persyaratan yang harus Bubu dan Pak Suami patuhi.

1.   Hindari Tempat dengan Potensi Kerumunan

Saat ini sudah banyak taman, pusat perbelanjaan, restoran, dan tempat olahraga yang dibuka untuk umum. Meskipun begitu IDAI mengimbau untuk tidak mengajak si Kecil ke tempat-tempat tersebut. Hal ini dikarenakan tempat umum berpotensi menciptakan kerumunan dan masih sulit menjalankan protokol kesehatan bagi anak-anak.

2.   Jelaskan Situasi Saat Ini pada Si Kecil

Sebelum membawa si Kecil keluar rumah, jelaskan terlebih dahulu beberapa peraturan yang harus dipatuhi. Contohnya, selalu menggunakan masker, tidak sembarangan menyentuh barang, dan hindari memegang mata, mulut, dan hidung. Hal ini sesuai dengan anjuran IDAI untuk selalu mendampingi si Kecil selama di luar rumah dan mewajibkan anak berusia 2-18 tahun serta orang dewasa untuk menggunakan masker. Jika Bubu merasa penggunaan masker tidak dapat mencegah penularan secara maksimal, maka Bubu dan si Kecil dapat menggunakan face shield untuk menambah keamanan.

3.   Pastikan Si Kecil Selalu Menjaga Jarak Aman

Selama berada di luar rumah, kita harus memastikan agar si Kecil tetap menjaga jarak fisik dengan orang lain sejauh 2 meter. IDAI juga mengimbau untuk memasang barrier atau penghalang sesuai dengan alat yang sedang dipakai saat bepergian, misalnya menggunakan kereta dorong dengan penutup untuk si Kecil yang berusia di bawah 2 tahun. Jika terpaksa bepergian dengan kendaraan umum, coba gunakan alternatif lainnya seperti taksi online yang lebih nyaman dan minim kontak fisik dengan orang lain.

4.   Persiapkan Segala Peralatan yang Dibutuhkan Anak

Siapkan tas khusus berisi peralatan yang dibutuhkan si Kecil selama di luar rumah, seperti tisu basah, hand sanitizer, hingga masker cadangan. Bubu juga bisa membawa sabun cuci tangan yang tersedia dalam travel size, karena cuci tangan sesering mungkin adalah cara yang paling efektif untuk menjaga kebersihan. Untuk menghindari paparan bakteri dan virus melalui permukaan meja, kursi, handle pintu, dan permukaan lainnya, siapkan juga penyemprot desinfektan dalam kemasan yang mudah dibawa. Namun, tetap awasi si Kecil agar tidak sembarangan menyentuh barang dan hindari untuk memegang area mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan ya Bubu.

5.   Gunakan Waktu secara Efektif Selama di Luar Rumah

Seperti yang ditegaskan oleh IDAI, perlindungan terbaik untuk mencegah terjadinya infeksi adalah dengan tetap berada di rumah. Gunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan urusan atau pekerjaan di luar rumah agar si Kecil tidak perlu terlalu lama berada di tempat umum. Saat kembali dari aktivitas di luar rumah, jangan lupa untuk segera mencuci tangan dan kaki dengan sabun sebelum memasuki rumah lalu melepas dan membersihkan semua pakaian serta perangkat yang digunakan atau dibawa.

Nah Bubu, itu dia 5 hal yang perlu diperhatikan jika terpaksa membawa si Kecil ke luar rumah selama masa new normal ini. Di masa transisi seperti sekarang, orangtua memang harus lebih berhati-hati mengambil keputusan untuk keluar rumah, apalagi jika harus membawa si Kecil. Semoga dengan menaati 5 syarat di atas, kita bisa membentuk kebiasaan baru yang sehat dan aman ya. Stay safe and healthy, Bubu!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY