5 Perlengkapan Darurat yang Harus Tersedia di Dalam Mobil

Kondisi lingkungan sudah tidak bisa diprediksi sekarang. Kadang, cuaca ekstrem menyerang tanpa disadari atau malah kondisi jalanan yang bikin kendaraan kamu rusak. Karena itu, kamu harus selalu sedia segala perlangkapan darurat di dalam mobil, Friends. Tidak peduli seberapa jauh kamu pergi, semua perlengkapan harus selalu tersedia.

Ya, tidak perlu seisi rumah juga dibawa, kamu cukup bawa perlengkapan penting yang memang dibutuhkan kala darurat. Nah, apa saja perlengkapan darurat yang harus tersedia di dalam mobil kamu, khususnya saat kamu sedang pergi jauh atau melakukan roadtrip? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. First Aid Kit

Kalau yang satu ini, wajib hukumnya kamu punya bahkan saat pertama kali membeli mobil. Pastikan selalu ada di salah satu bagian mobil yang memang mudah dijangkau saat kamu memerlukannya segera. Di dalam fist aid kit, harus tersedia perban, kain kasa, krim antibiotik, hand sanitizer, dan kain katun. Pastikan juga kamu selalu mengganti perlengkapan di dalamnya saat sudah mau habis.

Untuk lebih siap lagi menghadapi segala keadaan, tambahkan termometer, koyo penurun panas, dan obat-obatan yang selalu kamu butuhkan. Beberapa obat punya batas kedaluwarsa. Jadi, ganti dengan obat-obatan yang baru secara berkala.

FIRST AID KIT YANG LENGKAP WAJIB ADA DI DALAM MOBIL KAMU

2. Senter dan Baterai Cadangan

Semua orang butuh senter dalam keadaan apa pun. Nah, tidak heran ‘kan kalau senter juga disedikan dalam smartphone kamu. Biarpun sepertinya itu cukup, kamu tetap harus punya satu senter lagi di dalam mobil. Kalau bisa, senter tersebut punya jangkauan cahaya yang jauh atau memiliki beberapa mode pengaturan.

Kamu bisa menggunakan baterai untuk keperluan penerangan di malam hari atau mencari benda di tempat yang gelap. Sediakan juga baterai cadangan dalam jumlah yang cukup. Di sinilah perbedaan mendasar dari smartphone dan senter. Kamu bisa dapat baterai cadangan untuk senter dengan mudah jikalau tenaga baterainya sudah habis.

SEDIAKAN SENTER YANG PUNYA CAHAYA JAUH DI DALAM MOBIL KAMU, YA!

3. Perkakas Mobil

Oke, banyak produsen mobil yang memberikan perkakas di dalam paket pembelian. Pertanyaannya, sudah lengkapkah yang kamu punya? Sekarang coba cek lagi kotak yang kamu punya. Sudah adakah obeng, kunci L, kunci inggris, tang pemotong, baut pembuka mur ban, dan juga dongkrak.

Memang tidak semua akan sering digunakan. Ya, setidaknya sediakan untuk keperluan mengganti ban saja sudah cukup. Jangan lupa ban serep yang ada di mobil juga harus dalam kondisi bagus. Lalu, selalu siap untuk bisa mengganti ban mobil. Kalau belum bisa? Belajar dari sekarang!

LENGKAPI MOBIL KAMU DENGAN KOTAK PERKAKAS MOBIL LENGKAP YANG ADA DI SINI

4. Pakaian Bersih dan Keperluan Sehari-hari

Ini yang harus diluruskan dulu. Bukan berarti kamu harus punya kompartemen sendiri untuk menyimpan pakaian bersih setiap pergi. Namun, setidaknya kamu punya pakaian bersih cadangan yang dibawa setiap bepergian. Bisa jadi, kamu harus mengganti ban di tempat berlumpur atau harus menerjang hujan karena parkir di tempat yang jauh.

Hal ini juga bisa mencegah kamu untuk tidak masuk angin atau demam karena pakai baju basah. Sediakan juga sarung tangan dan handuk kering untuk keadaan tak terduga lainnya. Eit, ingat untuk selalu mengeluarkan dan mencucinya setelah dipakai. Membiarkannya di dalam kabin mobil malah akan buat mobil kamu bau.

SELALU SEDIAKAN HANDUK KECIL DI DALAM MOBIL UNTUK SIAP DALAM KEADAAN APA PUN

5. Jumper Accu

Penggunaan mobil dalam intensitas tinggi juga bisa bikin accu soak terlebih jika mobil kamu menggunakna banyak listrik. Hal ini bisa terjadi saat kamu menempuh perjalanan jauh hingga ratusan kilometer. Jika tidak sering melipir ke bengkel, bisa dipastikan mobil kamu akan sulit menyala karena accu-nya soak.

Nah, kamu perlu jumper accu jika sudah begini. Sekarang sudah banyak, kok, pilihan portable jumper starter dan tidak perlu bantuan dari mobil lain. Salah satu pilihannya adalah ANKER PowerCore yang cukup multifungsi. Jump starter ini bisa menyalakan mobil dengan kapasitas mesin hingga 2.8L. Hebatnya lagi, ANKER PowerCore juga bisa digunakan sebagai powerbank.

Selain itu, benda ini memiliki lampu senter dan fitur anticipratan air. Kamu bisa menggunakannya di bawah guyuran hujan ringan. Jangan sampai ketinggalan untuk memilikinya karena produknya sedang ada diskon hingga 72% di Blibli.com, loh.

DAPATKAN ROAV ANKER POWERBANK JUMP STARTER DENGAN HARGA TERJANGKAU DI SINI

Sudah punya semua belum perlengakpan darurat di dalam mobil kamu? Jika belum lengkap, kamu bisa mencarinya di Blibli.com yang menyediakan perlengkapan untuk otomotif lengkap. Dapatkan juga promo menarik dan harga yang bersaing di sana.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY