5 Musisi Jazz Muda Indonesia yang Punya Nama di Kancah Dunia

Kalau bicara jazz, Indonesia enggak kalah loh sama negara-negara lain. Buktinya, Java Jazz Festival jadi salah satu festival jazz yang diperhitungkan para pecinta musik jazz dunia.

Bukan cuma itu. Musisi-musisi jazz tanah air pun sering diajak berkolaborasi dengan musisi jazz dunia. Setelah era Ireng Maulana hingga generasi Indra Lesmana, kini bermunculan musisi-musisi jazz lokal yang membawa Indonesia ke peta musik jazz internasional. Berikut beberapa musisi jazz muda yang punya nama di dunia internasional.

BELI CD MUSIK KEREN DI SINI

1. Barry Likumahua

Pemain bas dengan nama Elseos Jeberani Emanuel Likumahua ini sebenarnya pengin banget mendalami musik di luar negeri. Sayangnya, dana jadi kendala untuk mewujudkan mimpi pria 35 tahun ini. Kendati demikian, semua bisa terobati dengan pengalamannya yang kerap tampil di panggung jazz mancanegara.

Pada 2014, anak musisi jazz legendaris Benny Likumahua ini ngamen di sebuah festival jazz di Malaysia. Dari situ, dia berkenalan dengan saksofonis kawakan jazz asal New York, Ezra Brown. Jadilah mereka berkolaborasi dalam album sophomore Barry, Octonary. Barry juga sempat tampil trio bersama gitaris Jeremy Tordjman dan mantan drummer godfather of Soul James Brown, Erik Hargrove.

KOLEKSI SEMUA CD MUSIK BARRY LIKUMAHUWA

2. Dira Sugandi

Dewi Fortuna sepertinya senang mendampingi Dira Sugandi. Pada 2001, wanita berusia 39 tahun ini menyaksikan konser vokalis Incognito Jean Paul Bluey Maunick di Bandung, Jawa Barat. Dira yang duduk di deretan terdepan disodori mikrofon untuk bernyanyi bersama Bluey. Ternyata Bluey suka dengan suara Dira. Setelah konser, Dira pun diajak ke belakang panggung dan bertukar nomor telepon dan email dengan Bluey. Sejak itu semuanya berubah. Dira diajak manggung ke luar negeri. Dia pun berduet bersama Jason Mraz di Java Jazz Festival 2009.

LANGSUNG BELI KOLEKSI CD MUSIK DIRA SUGANDI DI SINI

3. Yura Yunita

Yura Yunita punya banyak pengalaman tampil bersama musisi dunia. Pada 2018, dia membuka konser Hitman David Foster and Friends di Colomadu, Jawa Tengah. Bahkan lagu hit penyanyi bernama asli Yunita Rachman ini, Cinta dan Rahasia, diaransemen ulang David Foster. Dia juga berkolaborasi dengan musisi Ron King di Java Jazz Festival pada 2018. Meski sudah sering tampil di depan publik, demam panggung masih sering menyerang Yura. Apalagi kalau sedang ‘ngamen’ di luar negeri. Contohnya saat tampil di Melbourne, Australia, pada Oktober 2016 dan Kuala Lumpur, Malaysia, pada November 2016. Dara 27 tahun ini gugup karena berada di depan khalayak yang berbeda.

4. Andre Dinuth

Andre Dinuth awalnya main gitar karena iri. Sepupunya, Ridho Hafiedz, dikenal jago gitar sehingga jadi gitaris grup Slank. Enggak mau kalah, Andre pun mulai belajar gitar. Pria berusia 37 tahun ini sempat belajar kord dasar gitar dari supir keluarga. Lama kelamaan, dia pun belajar gitar bersama Ridho. Hobinya bermain gitar diseriusi hingga dia kuliah di Fakultas Musik Universitas Pelita Harapan. Setelah kenyang berkolaborasi dengan musisi-musisi tanah air, Andre mulai mengajak beberapa musisi mulai dari Asia Tenggara hingga Eropa.

ADA KOLEKSI CD MUSIK ANDRE DINUTH DI SINI

5. Matthew Sayersz

Penyanyi Matthew Sayersz sempat menolak tawaran gitaris kenamaan Tohpati untuk memproduksi album perdananya. Enggak tanggung-tanggung, pria 30 tahun ini empat kali menolak Tohpati. Sebab, saat itu dia tercatat punya banyak proyek seperti menjadi vokalis Barry Likumahua Project. Namun, akhirnya tawaran Tohpati diterima Matthew. Hasilnya album Cinta dan Sayang yang terjual 1.000 kopi. Berkat suara vokalnya yang unik, Matthew kerap diundang tampil di berbagai festival jazz seperti Bangkok Jazz Festival hingga Taichunk Jazz Festival.

BELI JUGA CD PLAYER TERBAIK BUAT MENDENGARKAN MUSIK JAZZ DI SINI

Nah gimana, musisi-musisi di atas kamu kenal kan? Kalo enggak, sudah waktunya mengenal mereka dengan mengapresiasi karya-karya mereka.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY