5 Lagu yang Wajib Ada di Playlist untuk Rayakan Sumpah Pemuda

Merayakan Sumpah Pemuda dengan menyanyikan Bangun Pemuda-Pemudi? Bisa banget. Namun, enggak ada salahnya kalau kamu menambahkan lagu-lagu lainnya di playlist-mu.

Ada banyak lagu yang liriknya menyemangati pemuda. Genre musiknya pun macam-macam. Mulai pop dengan unsur jazz seperti “Pemuda” milik Chaseiro, hingga hardcore punk beraroma metal macam “Atur Aku” milik Puppen. Berikut lima di antaranya.

Chaseiro – “Pemuda”

Photo by Instagram @chaseiro_official

Ditulis Chandra Darusman ketika masih menjadi mahasiswa Universitas Indonesia pada 1977. Lagu ini mengajak generasi muda agar bersatu. Lagu ini masuk dalam album perdana Chaseiro yang diawaki tujuh mahasiswa pada 1978. Meski sudah 41 tahun lebih, lagu ini masih tetap relevan di zaman sekarang.

Koes Plus – “Muda-Mudi”

Photo by Instagram @koesplus.id

Lagu yang dibuat ayah para personel Koes bersaudara, Koeswoyo, ini menjadi pengingat bagi kaum muda agar tidak mengambil jalan yang salah di tengah pergaulan bebas. Meski dirilis pada 1974, kandungan pesan dalam lagu Koes Plus ini tak lekang ditindas zaman.

Shaggy Dog feat. SID – “Jika Kami Bersama”

Photo by HAI

Lirik lagunya dibikin pentolan Shaggy Dog Heru Wahyono aka Heruwa dengan inspirasi film Young and Dangerous. Sedangkan aransemen musiknya digarap Shaggy Dog bersama Superman Is Dead. Lagu ini ada di album Superman Is Dead bertajuk Angels and the Outsiders yang rilis 2009. Pesan yang bisa diambil dalam lagu ini beragam. Mulai dari kritik atas keseragaman, membela kaum yang tersingkirkan, hingga pentingnya kebersamaan. Jika pemuda bersama, nyalakan tanda bahaya.

Iwan Fals Kolaborasi KPJ – “Krisis Pemuda”

Photo by Instagram @iwanfals

Lagu ini masuk dalam album kolaborasi Iwan Fals dan Kelompok Penyanyi Jalanan yang dilansir pada 1985. Lagunya diciptakan dan dinyanyikan oleh lead vocal Anto Baret, sedangkan Iwan Fals cuma sekelebat saja ada di lagu ini. Pesan dari lagu ini agar para pemuda tetap tegar di tengah maraknya KKN dan tak menyerah dilindas zaman.

Puppen – “Atur Aku”

Photo by Flickr

Lagu ini masuk dalam album Puppen (S/T) yang dirilis 2000 dalam bentuk kaset. Liriknya dibuat vokalis Arian 13 sedangkan musiknya digarap gitaris Robin Malau. Lagu yang juga dibawakan Burgerkill dalam album Beyond Coma and Despair pada 2006 ini punya pesan agar pemuda berdiri sendiri dan tak gentar menghadapi segala rintangan.

Gimana? Sudah punya lagu-lagu itu di playlist kamu? Coba dengerin sambil merayakan Sumpah Pemuda.

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY