Leica, merek kamera asal Jerman yang terkenal dengan kualitas lensanya meluncurkan kamera instan terbarunya yaitu Leica Sofort. Kamera ini merupakan kamera instan pertama keluaran Leica yang dibanderol dengan harga yang terjangkau mengingat hampir semua kamera Leica mempunyai harga sekitar 40 sampai dengan 60 juta rupiah. .

Luncurnya kamera ini secara resmi di tampilkan pada aula eksibisi Photokina sudah menarik perhatian banyak pecinta gadget. Banyak juga yang sudah jatuh cinta karena kualitas dari Leica Sofort. Nggak percaya? Yuk, lihat 6 keunggulan kamera Leica Sofort.

1. Desain yang super minimalis
leica-design

Via Newatlas

Sedikit berbeda dari kamera instan lainnya, Leica Sofort dibuat dengan desain yang minimalis. Keempat sisinya dibuat sangat kotak supaya terlihat lebih retro. Ukurannya yang hanya sebesar 124 x 94 x 58 mm membuat kamera ini sangat pas ketika digenggam. Leica Sofort yang hanya seberat 325 gram ini juga nggak seberat kamera instan pada umumnya.

Pada bagian depan, kamera ini dilengkapi dengan lampu flash, viewfinder window, dan lensa yang besar. Memang semua ini masih sama dengan kamera instan pada umumnya, tapi jangan salah, Leica Sofort nggak lupa untuk mengimplementasikan tren narsis saat ini ke kamera dengan menambahkan kaca di atas lensa.

Bagian belakang kamera ini dilengkapi dengan layar LCD yang menunjukkan mode kamera dan sisa film yang bisa digunakan. Selain itu, layar LCD yang bersifat monokromatik ini sangat menarik perhatian pecinta barang-barang antik. Ketika memegang kamera ini, banyak yang berkomentar kalau mereka serasa kembali ke tahun 1980-an.

2. Fitur kaca untuk selfie

mirror-for-selfieVia Petapixel

Seperti yang sudah disebutkan di poin nomor 1, Leica Sofort mempunyai sebuah fitur unik yang pastinya jarang dimiliki oleh kamera instan lainnya. Ya, kamera ini dilengkapi dengan kaca untuk mengatur komposisi dan detil wajah sebelum kamu melakukan selfie.

Banyak orang memprediksikan kalau kaca ini akan sangat sering digunakan mengingat tren selfie dan ini adalah merupakan nilai jual plus Leica Sofort.

Mode unggulan lain yang diberikan adalah mode untuk suasana pesta (Party and People). Mode olahraga dengan kecepatan jepret yang tinggi (Sport and Action), mode penerangan (Double Exposure), serta otomatis.

3. Kualitas lensa

lensaVia Wired

Kualitas lensa dari Leica memang nggak pernah mengecewakan! Buktinya, dengan kamera instan ini, Leica mampu memberikan apertur atau bukaan lensa kamera sebesar f/12.7. Kabarnya, aperture dari Leica Sofort ini dapat ditranslasikan menjadi 34 mm di kamera premium dengan aperture maksimum selebar 35mm.

Maksudnya bagaimana? Apertur merupakan bukaan lensa kamera yang mempengaruhi tingkat pencahayaan. Semakin rendah aperture semakin sedikit cahaya yang akan masuk ke lensa, jadi dapat disimpulkan kalau pada Leica Sofort kamu bisa melihat objek seolah kamu melihatnya secara alami tanpa kamera.

Bukaan lensa yang minim ini juga membuat kamera mampu melihat dengan lebih jelas ke seluruh aspek gambar. Detil dari seluruh objek dalam satu frame akan terlihat jauh lebih jelas. Karena itu, Leica Sofort akan sangat cocok digunakan jika kamu sedang memotret objek dengan latar belakang pemandangan.


BACA JUGA Fotografer Itu Seksi! Ini 6 Bukti Solidnya!


4. Film eksklusif

film-exlusifVia Fotokoninjenberg

Memang Leica Sofort masih bisa menggunakan film yang tersedia pada umumnya, tapi Leica Sofort mempunyai film ekslusifnya yang mempunyai ukuran sedikit lebih kecil daripada film lain. Leica dengan gamblang menyebutkan kalau filmnya ini mempunyai karakteristik yang sangat unik.

Dibandingkan dengan film keluaran Fuji Instax yang memberikan warna putih terang di pinggiran frame-nya, Leica memberikan warna pinggiran yang lebih “hangat”. Selain itu, Leica juga memberikan varian film lain yang menghasilkan gambar monokromatik. Wah, benar-benar serasa kembali ke zamannya Frank Sinatra ya!

Film yang berwarna ini dijual dengan harga sekitar Rp130.000 untuk 10 lembarnya, dan Rp160.000 untuk 10 lembar film monokromatiknya.

5. Gambar yang dihasilkangambar-yang-dihasilkan

Via Engadget

Menurut kabar, kualitas gambar dari Leica Sofort bisa disaingkan dengan Fuji Instax Mini 90 dan bahkan melebihi saingannya ini. Hasil gambar akan sedikit berbeda dengan apa yang bisa kamu lihat di viewfinder window.

Di kertas film, gambar dari Leica Sofort akan sedikit lebih “halus”. Namun hal ini nggak berarti gambar menjadi nggak tajam. Walaupun begitu, yang menarik perhatian adalah hasil gambar dengan menggunakan film monokromatik yang menghasilkan gambar yang sangat tajam dan kekontrasan yang jelas.

Kamu juga nggak perlu khawatir ketika menyetel mode kamera menjadi otomatis karena Leica Sofort mampu mengambil gambar terbaik dari kebanyakan kondisi ruangan.

Ketika kamu mengambil gambar dengan latar belakang yang terlalu terang, maka objek utama gambar kamu akan terlihat seperti hantu, tapi Leica Sofort mampu mengoptimasi ini semua dan menghasilkan gambar dengan komposisi warna yang teratur.

Leica Sofort berani mencetak gambar dengan warna yang intens, hal ini menyebabkan kualitas gambar yang dihasilkan menjadi lebih hidup dan natural.

Wah hebat ya siimut Leica Sofort ini, oia kalau kamu mau melihat kecanggihan kamera Leica lainnya kamu bisa cek di sini Friends. Jangan lupa manfaatkan cicilan 0% ya!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY