5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membersihkan Rumah Yang Dilanda Banjir

Photo by House Cleaning Services

Rasanya masih terbayang jelas bagaimana awal tahun baru 2020 kemarin sebagian daerah di Jakarta diserang banjir. Hal ini disebabkan oleh intesitas curah hujan yang sangat tinggi dari malam sebelum pergantian tahun hingga keesokan harinya. Benar-benar “sambutan” yang mengejutkan buat mengawali tahun.

Sekarang ini, setelah banjir perlahan mulai surut, beberapa orang kembali harus disibukkan dengan ritual bersih-bersih rumah akibat terendam banjir. Pastinya sungguh melelahkan. Tapi demi rumah yang bersih dan kembali nyaman dihuni, pastinya kegiatan ini harus kamu lakukan dengan seksama. Buat kamu yang juga sedang sibuk dengan kegiatan tersebut, ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membersihkan rumah pasca banjir. Apa saja? Simak ya!

Pakai masker pelindung

Jangan menganggap ritual membersihkan rumah pasca banjir ini layaknya beberes rumah sehari-hari. Saat rumah terendam banjir, tentunya kita tak pernah tahu bakteri dan kuman yang singgah pada beberapa perabot yang tersisa di dalam rumahmu. Tentunya hal ini akan menjadikan bibit penyakit yang nantinya bisa bersarang di rumahmu.

Makanya kamu perlu pakai masker untuk melindungi mulut dan hidungmu dari virus yang mungkin masih singgah di rumahmu saat bebersih.

CARI MASKER PELINDUNG YANG AKAN KAMU GUNAKAN SAAT MEMBERSIHKAN RUMAH

Segera keringkan semua furniture yang terendam banjir

Photo by Freepik

Saat banjir mulai surut dan hujan tak datang, segera keluarkan segala furniture dan perabot yang terendam banjir. Seperti sofa, kasur, hingga mainan anak yang sifatnya menyerap air, jemur di bawah terik matahari. Hal ini bertujuan untuk menghentikan perkembangan jamur pada furniture yang kamu miliki. Kamu pasti tahu kan kalau jamur sangat suka hidup di area yang lembap. Kalau matahari juga masih tampak malu-malu, kamu bisa menggunakan bantuan vacuum cleaner dan kipas angin untuk mengeringkannya.

INI DIA  VACUUM CLEANER YANG BISA BANTU MENGERINGKAN PERABOT DI RUMAH

Siapkan cairan antiseptik buat membersihkan lantai

Photo by Freepik

Ini pastinya akan menjadi salah satu bagian yang melelahkan. Membersihkan lantai dari sisa air banjir dan lumpur yang pastinya meninggalkan kotoran, bakteri, lumpur, dan bau yang tak sedap. Ini semua sudah pasti jadi sarang penyakit buat semua anggota keluargamu. Pastikan kamu membersihkan area lantai dan lainnya yang memungkinkan dengan cairan antiseptik yang memang punya kemampuan khusus untuk membunuh bakteri. Semangat terus ya, pastinya sesi ini perlu dilakukan berulang 2 hingga 4 kali sampai kotoran dan bau bisa hilang.

MENCARI ALAT PEL UNTUK MEMBERSIHKAN LANTAI DI RUMAHMU? INI BISA JADI PILIHAN!

Periksa barang elektronik sebelum kembali digunakan

Photo by Freepik

Ini penting! Memastikan keamanan barang yang memiliki aliran listrik seperti stop kontak, kabel listrik, alat elektronik atau gas sebelum mencoba untuk menggunakan atau menyalakan kembali. Kamu harus memastikan semua ini aman dari air yang tersisa. Sama halnya dengan furniture, ada baiknya untuk keringkan terlebih dahulu segala perangkat elektronik sebelum kamu coba nyalakan. Ini akan bantu kamu terhindar dari masalah lainnya seperti tersengat listrik ketika sisa air masih ada di dalam perangkat tersebut.

STOP KONTAK DI RUMAHMU RUSAK AKIBAT BANJIR? BELI GANTINYA DI SINI!

Rendam alat makan dengan cairan antibakteri

Photo by Freepik

Sama halnya dalam membersihkan furniture, perangkat makan yang sudah terendam banjir juga perlu di-treat dengan benar sebelum kembali kamu gunakan. Alasannya pun sama, untuk mengenyahkan bibit penyakit yang mungkin tersisa atau menempel di sana. Kamu bisa meletakkan perangkat makan ini dalam satu wadah, lalu rendam terlebih dahulu dengan air panas atau air mendidih agar steril. Setelahnya, gunakan cairan khusus pembersih yang memiliki kemampuan antibakteri sekaligus. Supaya bersihnya maksimal dan kamu akan lebih nyaman dan tenang untuk menggunakannya kembali.

BUTUH SPONS UNTUK MEMBANTUMU MEMBERSIHKAN PERALATAN MAKAN YANG KOTOR? INI PILIHANNYA

Nah, semoga 5 tips di atas bisa membantu momen bebersih rumah pasca banjir dan jadikan hunianmu bersih dan nyaman kembali. Kalau kamu masih perlu barang tambahan seperti yang disebutkan di atas, kamu tinggal beli semuanya dengan mudah di Blibli.com. Praktis banget buat belanja tanpa perlu repot keluar rumah di saat seperti ini. Lebih serunya, kamu bisa nikmati free ongkos kirim lagi. Yuk, klik Blibli.com sekarang juga!

Rio: Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.