5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone Lama

Mengikuti perkembangan smartphone itu lumrah adanya. Kamu bisa saja ganti smartphone yang baru kamu beli beberapa bulan lalu supaya dapat teknologi terbaru dan pastinya update. Ya, enggak salah juga kalau mau ganti dengan smartphone yang baru rilis. Namun, jangan lupakan langkah-langkah penting yang harus dilakukan sebelum mengganti smartphone lama apalagi jika kamu mau menjual atau memberikannya ke orang lain.

Lalu, apa saja langkah penting yang harus dilakukan dengan smartphone lama kamu? Yuk, simak penuturannya di bawah ini!

1. Backup Semua Data Penting

Photo by Digital Trends

Bisa dibilang, smartphone zaman sekarang sudah menyimpan banyak rahasia dari seseorang. Selain data dari email, media sosial, dan juga mobile banking, obrolan yang ada di layanan berkirim pesan juga merupakan data penting yang enggak boleh orang lain tahu. Karena itu, kamu harus menjaganya karena bisa disalahgunakan oleh orang yang enggak bertanggung jawab.

Bukan hanya itu, loh, data penting kamu. Galeri foto dan video di dalam smartphone juga merupakan file penting yang harus dipindahkan terlebih dahulu. Kamu bisa menyimpannya di dalam clouddrive, atau memindahkannya ke dalam komputer kamu. Lalu, pastikan semua file tersebut terhapus tanpa jejak di smartphone kamu.

KAMU PERLU KABEL DATA DENGAN TRANSFER RATE TINGGI UNTUK BACKUP DATA CEPAT

2. Keluarkan Kartu Memori

Photo by Vixiest

Bagian ini sebenarnya lebih mudah karena data yang ada di dalamnya akan ikut. Sayangnya, banyak orang yang suka lupa untuk mencabut kartu memoris yang ada di smartphone lama sebelum memberikannya ke orang lain. Ya, enggak heran banyak kebocoran file yang terjadi karena ada yang tersisa di kartu memori.

Eits, jangan asal mengeluarkan kartu memori yang ada di smartphone kamu ya, Friends. Biasakan untuk mematikan smartpnone terlebih dahulu atau melakukan unmount terlebih dahulu. Takutnya, masih ada data yang terbaca di smartphone kamu. Hal itu bisa bikin file kamu rusak atau corrupt.

SUDAH PUNYA SD CARD BUAT SIMPAN DATA DI SMARTPHONE BELUM?

3. Factory Data Reset

Photo by Digital Trends

Ini merupakan langkah penting selanjutnya yang enggak boleh ketinggalan. Kamu harus buat semua sistem yang ada di dalamnya kembali seperti awal. Caranya? Ya dengan factory data reset. Hal ini akan buat semua data yang kamu pernah masukkan akan hilang, mulai dari foto, video, aplikasi, dan file lainnya.

Selain itu, sistem operasinya pun akan kembali menjadi default rilisan smartphone ini. Saat kamu beli sebuah smartphone Android dengan sistem operasi Android 8.0 dan kamu sudah meng-upgrade-nya, sistemnya akan kembali jadi Android 8.0.

Karena factory reset data juga akan menghapus semua data yang ada, pastikan poin pertama sudah kamu lakukan sebelumnya, ya. Kalau lupa, kamu bisa kehilangan data-data penting serta kenangan terindah di smartphone.

PILIHAN SMARTPHONE HARGA RP3 JUTAAN YANG KEREN BANGET

4. Enkripsi Data

Photo by Innov8tiv

Faktanya, data yang sudah dihapus dalam smartphone kamu masih bisa dimunculin kembali. Jadi, factory data reset saja belum cukup, Friends. Kamu masih perlu mengenkripsi perangkat sudah data yang ada benar-benar tidak bisa dibangkitkan kembali. Kamu bisa melakukannya dengan membuka setting – > security – > encrypt phone dalam smartphone kamu.

Langkah ini mungkin akan memakan waktu yang sedikit lama. Jadi, kamu harus sedikit sabar saat proses ini berlangsung. Ya, sembali melakukan setting smartphone baru sih bisa.

5. Membersihkan Bodi Smartphone

Photo by Targetpcinc

Bodi yang bersih dan kinclong bisa menaikkan harga jual, loh. Pembeli smartphone lama kamu akan percaya bahwa kamu benar-benar merawat gawai tersebut. Pastikan tidak ada debu yang menempel di bagian layar dan port. Jadi, kamu harus mengelapnya sebelum memasukkan kembali ke dus.

Pastikan juga aksesori bawaan smartphone kamu lengkap, mulai dari kepala charger, kabel USB, dan earphone jika ada, dan buku manual. Orang yang menerima smartphone lungsuran kamu akan merasa dapat smartphone baru saat semuanya lengkap dan rapi, Friends.

KAIN LAP PEMBERSIH LAYAR SMARTPHONE BIAR KINCLONG

Nah, buat kamu yang mau ganti smartphone lama dengan berbagai pilihan smartphone Samsung, kamu bisa cek promo tukar-tambah di Blibli.com. Kamu bisa mendapatkan potongan hingga Rp750.000 buat produk Samsung Galaxy A50, A70, dan A80. Dapatkan juga tambahan diskon Rp500.000 dengan pembayaran menggunakan Kredivo. Kapan lagi beli Smartphone Samsung terbaru dengan harga yang lebih terjangkau?

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY