Dengan keluarnya berbagai macam kamera, fotografi dan videografi jadi semakin monoton. Untungnya, kurang dari 5 tahun yang lalu kamera 360 hadi di dunia ini berkat usaha Giroptic.

Buat yang belum familiar, kamera 360 adalah kamera yang menurunkan karakteristik dari fitur kamera panorama dimana kamu bisa mengambil gambar dengan ukuran pandang yang lebih lebar (180 derajat).

Pada kamera 360, kamu nggak hanya bisa mengambil gambar dengan sudut pandang selebar 360 derajat saja, kamu juga bisa mengambil video dari semua angle. Apa saja yang bisa kamu lakukan dengan kamera 360? Yuk, lihat 5 contoh serunya di sini!

1. “Bergerak” di dalam foto

bergerakVia PostalMuseum

Dengan kamera 360, kamu bisa mengambil foto dan mengontrol hasil fotonya seperti di game-game. Contohnya, kamu bisa mengambil foto di dalam suatu gedung, setelah itu kamu bisa mencoba mengontrol sisi mana saja yang ingin kamu lihat. Seperti bermain video game, kamu bisa seolah “berjalan” di dalam gambar.

Mungkin bagi kamu yang bekerja di bidang desain interior, kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mempromosikan desain kamu secara real-time. Daripada repot-repot menjelaskan dan menggambar denah untuk promosi, lebih baik kamu memanfaatkan perkembangan teknologi dan membuat orang-orang langsung “masuk” ke denah desain kamu.

2. “Terbang” dengan video 360

terbangVia SpeedVR

Kalau kamu bosan hanya dengan mengambil gambar saja, kamu juga bisa mengambil video dengan cara yang lebih ekstrim. Kamu bisa “menerbangkan” kamera 360 kamu secara manual atau dengan menggunakan bantuan drone.

Kalau kamu pecinta olahraga yang mengancam nyawa seperti parasailing, surfing, atau terjun bebas, mungkin kamu akan senang menerbangkan kamera 360 kamu secara manual (tanpa bantuan apapun).

Bayangkan ketika kamu sedang terjun bebas sambil merekam kegiatan tersebut dengan kamera 360, kamu pasti akan asik sendiri melihat hasilnya. Menonton hasil rekaman akan terasa seperti kembali melakukan aksi terjun bebas.

Bagi kamu yang lebih tertarik untuk merekam keadaan sekitar, kamu bisa menggunakan drone yang sudah dipasangkan kamera 360. Jarak yang ditempuh beberapa drone bisa mencapai 10km, lho. Jadi, kamu juga bisa sekalian “memantau” gebetan kamu nih dengan kamera 360.

3. Membantu Google Maps

membantu-goggVia Androidcentral

Melanjutkan apa yang sudah dibicarakan di poin no. 1, kamu juga bisa berkontribusi ke perusahaan digital paling terkenal, lho. Sebagai pengguna internet yang aktif, Google mengizinkan kamu untuk membantu memperbarui situs petanya, Google Maps.

Kalau kamu sedang menggunakan Google Maps di komputer, akan ada pilihan untuk menaruh orang kecil pada jalanan. Setelah itu, kamu langsung bisa melihat jalanan sekitar dan mengontrol “orang kecil” ini.

Tapi, masih banyak jalanan pada Google Maps yang belum bisa diakses karena kurangnya foto. Dengan menggunakan kamera 360 mungil Ricoh Theta SC yang praktis untuk dibawa jalan-jalan, kamu bisa membantu melengkapi Google Maps dengan memasukkan foto-foto di pelosokan. Wah, menyenangkan ya.


BACA JUGA Ricoh Theta SC: Kamera 360 derajat Penuh Warna dengan Harga Lebih Terjangkau


4. Membuat kenangan yang lebih dalam

kerangkaVia WallStreetJournal

Kalau membicarakan kamera, hal yang paling nggak boleh dilupakan adalah selfie. Walaupun terdengar sangat canggih, kamera 360 juga bisa digunakan untuk selfie kok. Bedanya, kalau kamu selfie dengan menggunakan kamera 360, foto bukan hanya sekadar foto wajah.

Selain melihat wajah kamu yang keren, kamu bisa melihat keadaan sekeliling dan kembali mengingat momen-momen ketika kamu sedang mengambil selfie tersebut.

Karena tujuan utamanya adalah untuk mengambil gambar, maka kebanyakan kamera 360 mempunyai resolusi MP (megapixel) yang cukup tinggi. Karena hal ini, kamu bisa melihat kembali semua detail yang ada disaat kamu mengumpulkan foto-foto kamu.

 5. Mengontrol pandangan videophotographer-photo-shoot-on-mountain

Via panduanwisata

Seolah mengenali pikiran kamu yang nggak akan puas jika hanya bisa digunakan untuk mengontrol foto, kamera 360 juga bisa mengontrol angle dan pandangan video. Kamu juga nggak harus selalu memegang kamera 360 untuk merekam, bentuk lensanya yang bulat bisa menangkap video dari semua sudut pandang.

Salah satu hal seru yang bisa kamu lakukan adalah dengan mereka ulang kejadian di film-film action. Asiknya, kamu nggak perlu terus memindahkan peletakkan kamera untuk menyesuaikan video ke layar.

Dengan kamera 360, kamu cukup meletakkan kamera kamu di satu tempat, kalau objek sudah keluar frame, kamu tinggal mengontrol pandangan kamera kamu melalui mouse.

Masih banyak hal serulain yang bisa kamu lakukan dengan kamera 360, friends. Kamu bisa coba gunakan  Ricoh Theta SC, kamera 360 terbaru dengan desainnya yang modern dan minimalis.

Kamera ini biasanya digunakan oleh petualang dan artis-artis YouTube, lho. Selamat bereksperimen friends!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY