Asupan gizi yang cukup dan seimbang merupakan hal yang penting untuk perkembangan si buah hati. Agar pertumbuhuan fisik dan kecerdasan anak berjalan dengan baik, orang tua tidak boleh terlalu santai terhadap makanan apa saja yang masuk ke mulut anak. Orang tua harus memastikan bahwa makanan dan minuman yang diberikan memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan anak.

Apabila anak kurang gizi, sistem kekebalan dan proses pertumbuhannya akan terganggu. Apalagi anak akan memasuki usia emasnnya (golden age) ketike pertumbuhan kognisi sedang pesat dan optimal. Ada beberapa gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Namun, terkadang orang tua sering lupa atau berpikir bahwa satu atau dua saja cukup. Berikut ini adalah penjelasan pentingnya masing-masing zat gizi tersebut.

1. Karbohidrat untuk Energi Beraktivitas

karbohidrat

via Azurama.wordpress.com

Karbohidrat adalah sumber energi utama untuk manusia. Satu gram karbohidrat mampu menghasilkan 4 kilokalori. Melalui proses metabolisme yang cepat dalam tubuh bayi, energi dapat terbakar dengan lebih cepat. Jadi, harus diperhatikan kadarnya dalams etiap amkanan yang diberikan. Jangan sampai buah ahti kekurangan energi untuk beraktivitas. Asupan karbohidrat bisa didapat dari beras, ubi, jagung, sagu, dan roti.

Karbohidrat juga bisa berfungsi sebagai penyeimbang asam dan basa di dalam tubuh, serta mendukung proses untuk membentuk jaringan sel, struktur dan juga organ-organ dalam tubuh.

2. Lemak untuk Perlindungan Tubuh

lemak

via health.harvard.edu

Selain sebagai pelezat dalam makanan, lemak juga befungsi sebagai pelarut vitamin A, D, E, K dan pelindung organ tubuh.  Lemak “baik” terdiri atas asam lemak tidak jenuh. Artinya lemak jenis ini mengandung kolestrol “baik” yang dapat mengurangi kolestrol “jahat”. Lemak tidak jenuh bisa didapat dari minyak goreng yang terbuat dari biji-bijian seperti jagung, kacang tanah, kedelai, zaitun dan biji bunga matahari.

Fungsi lain lemak juga bisa memelindungi tubuh dari perubahan suhu terutama suhu rendah, penahan lapar, pelumas yang bermanfaat untuk saluran pencernaan saat mengeluarkan feses dan penyusun membran sel. Jadi, lemak cukup penting untuk daya tahan tubuh si kecil. Tubuh balita cukup mudah menyerap dan mengolah lemak, asal bukan lemak buruk yang datang dari makanan cepat saji.

3. Protein untuk Pertumbuhan Otot dan Jaringan

 protein

Via webmd.com

Banyak orang menganggap kebutuhan akan protein jauh lebih penting daripada yang lain. Padahal, agar bisa bekerja optimal protein juga membutuhkan bantuan dari zat-zat lain seperti karbohidrat dan lemak. Protein sendiri merupakan sekelompok senyawa organik yang di dalamnya terdiri dari sulfur, hydrogen, fosfor, nitrogen, oksigen serta asam amino yang berfungsi untuk membangun jaringan dan zat-zat penting untuk tubuh.

Protein juga bisa berfungsi sebagai sumber energi lho. Protein terdiri dari 2 jenis yaitu protein hewani dan nabati. Protein hewani didapat dari telur, ikan, daging, serta susu. Sedangkan protein nabati bisa didapat dari kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kedelai dan hasil olahannya seperti tempe, tahu, dan susu kedelai. Diseimbangkan dengan karbohidrat ya!

4. Vitamin dan Mineral

vitamin

via healthrelatedguru67.jimdo.com

Vitamin dan mineral adalah zat gizi mikro yang berfungsi untuk memperlancar proses biologis lainnya yang diperlukan untuk mempertahankan kesehatan. Vitamin terdiri dari berbagai macam jenis yaitu vitamin A, B, C, D, E, dan K. Vitamin dan mineral terutama banyak terdapat dalam sayur dan buah.

Untuk mineral sendiri sebenarnya hanya diperlukan dalam jumlah kecil. Jadi untuk balita, sebenarnya tidak dibutuhkan suplemen vitamin ekstra (seperti pil vitamin c atau e), karena sudah pasti terpenuhi dari makanannya.

5. Kalsium

kalsium

via Acemaxs31.com

Untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi anak anda, asupan kalsium perlu diperhatikan. Memberi minum susu secara teratur kepada anak dapat memenuhi kebutuhan akan kalsium. Tidak hanya dari susu, kalsium juga bisa didapat dari alpukat, kacang-kacangan, dan bahkan brokoli, lho. Dengan mengonsumsi kalsium setiap hari, anak anda dapat memiliki tulang yang kuat untuk mendukung pertumbuhan otot, tinggi, dan berat badan yang optimal.

Sebenarnya, untuk memenuhi asupan gizi anak tidak sulit sama sekali, asal para orang tua tahu kadar dan sumber gizi yang tepat. Namun, biar tidak pusing atau bingung mengatur kadar asupan, banyak makanan bayi organik dan komplit yang bisa ditemukan di Blibli.com!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY