Siapa yang hobi menonton acara televisi seperti Pimp My Ride, Overhaulin’, dan Trick My Truck? Bagi kamu yang suka memodifikasi mobil, mungkin acara tersebut adalah sumber inspirasi kamu untuk melakukan modifikasi mobil kesayanganmu.

Modifikasi mobil adalah hobi yang semakin memarak belakangan. Pria dan wanita berlomba-lomba memperbarui roda empat kesayangan mereka dari segi estetika dan performa.

Layak busana, tren modifikasi pun tergolong cepat berubah. Buat kamu yang bergulat dalam dunia modifikasi, ada baiknya kamu mengetahui 5 aliran gaya modifikasi mobil yang lagi hot saat ini!

1. Japanese Domestic Market (JDM)

jdm

Via – Metalformosis 

Aliran modifikasi JDM mungkin merupakan aliran yang paling terkenal saat ini di kalangan anak muda. Kebanyakan merupakan fans produk dari negara Jepang (atau kebanyakan nonton Tokyo Drift), aliran JDM ini menyulap mobil dengan semua gaya berbau Nihon.

Karena memang nggak mudah untuk mendapatkan komponen-komponen mobil yang berasal dari Jepang, aliran ini dibagi menjadi beberapa jenis seperti Pure JDM dan JDM Style.

Pure JDM, adalah aliran yang sama sekali nggak menggunakan produk di luar produk dari Jepang. Sementara JDM Style masih lebih toleran dibandingkan Pure JDM, karena hanya memfokuskan mobil untuk terlihat seperti mobil balap ala Jepang.

Ciri khas dari aliran JDM adalah warna dasar mobil yang nggak terlalu ramai, dan warna hitam yang dipasangkan pada cap mesin. Selain itu, aliran ini juga mempunyai stikernya masing-masing.

Untuk pemula, kamu harus menggunakan kuning hijau yang membentuk panah (Wakaba), dan untuk veteran menggunakan stiker berwarna kuring oranye dengan bentuk seperti air mata (Koreisha).

2. Hellaflush

hella-flush

Via – Road and Track

Hellaflush itu Hella’ cool! Aliran ini bisa sangat membanggakan kerendahan velg rodanya dengan tanah. Selain itu, roda dibuat untuk menempel dengan fender mobil.

Sebenarnya memang bukannya hanya untuk sekadar keren-kerenan saja, Hellaflush dilakukan supaya mobil bisa tetap stabil walaupun berbelok di lengkungan yang ekstrim.

Biasanya ban yang digunakan untuk modifikasi Hellaflush adalah ban dengan ukuran yang jauh lebih besar dari yang direkomendasikan untuk mobil. Walaupun begitu, besar bukannya berarti ban jadi seperti ban mobil truk, tapi ban akan terlihat ceper dan melebar.

Kamu bisa dengan sangat mudah menemukan tipe-tipe mobil yang Hellaflush di Indonesia. Yang lucunya, pengendara mobil dengan modifikasi Hellaflush rela menyiksa diri ketika sedang melewati jalanan yang penuh tanjakan. Bagian bawah mobil lah yang akan menjadi korbannya.

3. DUB

dub

Via – Forgiato

Ini dia modifikasi mobil yang paling sering digunakan untuk unjuk mewah. Kalau kamu sering bermain ke daerah tempat elite, pasti kamu pernah seenggaknya melihat mobil yang terlihat sangat berkelas dan berbeda.

Nggak ada yang lebih menunjukkan kemewahan ketimbang memiliki velg kinclong. Ya, ciri khas utama aliran modifikasi DUB adalah dengan menggunakan velg krom berukuran 20 inci sampai dengan 24 inci.

Warna bodi pun biasanya menggunakan warna hitam/putih yang premium banget, disertai cat yang mengkilap. Interior mobil pun nggak ketinggalan kece, lho. Aliran ini lebih banyak menggunakan bahan kulit untuk seat-nya. Nggak hanya itu, sound system-nya pun juga bisa bikin kamu berdisko dalam mobil.

4. VIP

vip

Via – Zombdrive

Mirip seperti DUB, aliran modifikasi VIP juga mengandalkan kesan mewahnya untuk menarik perhatian. Kalau DUB lebih fokus kepada eksterior mobil, aliran VIP lebih mengurus bagian interiornya.

Jenis mobil-mobil yang digunakan pun juga tergolong berkelas dan bongsor seperti Alphard, Jaguar, BMW seri 7, dan sebagainya.

Bagian dalam mobil disulap menjadi semewah mungkin mulai dari bahan sofa sampai dengan penambahan minibar di dalam mobil. Untuk bagian velg pun digunakan ukuran yang berkisar dari 17 inci sampai dengan 18 inci. Wah, bayangkan jika kamu membawa mobil ala VIP style, pasti akan langsung dikira pejabat atau artis terkenal mungkin ya.

5. Retro

retro

Via – Pinterest

Ini dia aliran modifikasi buat kamu si penggila barang-barang vintage. Aliran modifikasi retro sangat berbeda dari aliran modifikasi lainnya yang lebih terfokus pada penampilan modern dengan kemewahannya.

Aliran ini lebih fokus ke bentuk mobil yang mirip dengan model mobil tahun 1950-an. Ya, khas dengan cap mesin yang menonjol ke atas dan bagasi yang sedikit ceper.

Walaupun terdengar sangat sederhana, sebenarnya untuk memodifikasi mobil dengan aliran ini juga membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Bayangkan, untuk membeli barang-barang zaman dulu seperti gramophone saja dibutuhkan tenaga dan kantong yang lebih kan?

Nah, apalagi untuk mencari komponen-komponen mobil yang bermodel vintage, pastinya akan sangat susah deh.

Mobil ini umumnya mempunyai warna bodi yang cukup terang seperti merah, kuning, cokelat muda, dan hijau. Jenis mobil yang digunakan pun nggak sembarangan. Harus yang bermodel lama (dan sedan) seperti Toyota DX atau VolksWagen tipe Beetle.

Nah, keren banget kan kelima aliran modifikasi mobil yang nge-tren saat ini? Kabarnya tren-tren ini nggak pernah mati dari tahun 2005-an sampai sekarang (bahkan lebih kencang). Seiring berjalannya waktu, tren ini biasanya hanya mengubah beberapa komponen-komponennya saja.

Bagaimana? Apakah kamu sudah semakin semangat untuk mempercantik tampilan dan kekuatan mobil kamu? Kamu bisa menemukan banyak perlengkapannya melalui Blibli.com!

 

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY