5 Film yang Harus Kamu Tonton Sebelum Film Joker

Photo by Skyegrid

Musuh bebuyutan Batman kini punya film standalone sendiri. Berjudul Joker, film yang akan menceritakan kelahiran seorang penjahat dengan make-up badut ini akan rilis di seluruh bioskop Indonesia mulai tanggal 2 Oktober 2019. Film yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix sebagai Arthur Fleck ini menjadi kontroversial tatkala penayangan world premiere di Venice Film Festival 2019 ini mendapat sambutan yang beragam. Sebagian kritik memujinya sebagai sebuah masterpiece, sebagian lagi takut akan bahaya film ini dalam menciptakan sebuah “sosok” yang bisa dipuja oleh para psikopat.

DAPATKAN FUNKO POP JOKER – DC MULTIVERSE DI BLIBLI.COM

Nah, berbahaya atau tidaknya film tersebut, hanya kamu yang bisa menilai dengan menontonnya sendiri. Betul, tidak? Sebelum menyaksikan film Joker di bioskop, ada 5 rekomendasi film yang dikabarkan menjadi referensi sang sutradara Todd Phillips dalam membuat film ini.

The Man Who Laughs (1928)

Photo by Atlas Obscura

Film ini bercerita tentang anak dari seorang bangsawan yang dibuat cacat oleh Sang Raja karena ayahnya menolak untuk tunduk padanya. Kabarnya, Bob Kane, Bill Finger, dan Jerry Robinson yang merupakan para pencipta komik Batman itu sendiri melihat tokoh Gwynplaine dengan senyumnya yang mencekam sebagai inspirasi visual untuk tokoh Joker.

Taxi Driver (1976)

Photo by Looper

Joker bercerita tentang seorang pria yang perlahan-lahan menjadi psikopat pembunuh karena kejahatan di masyarakat membentuknya menjadi demikian. Sama dengan tokoh Travis Bickle di film Taxi Driver yang juga demikian. Disutradarai oleh Martin Scorsese, film ini juga mendapatkan status ‘cult’ karena berhasil membuat penonton simpati terhadap karakter Travis Bickle tanpa menjustifikasi setiap tindakan kriminal yang dia perbuat.

DAPATKAN FUNKO POP – JOKER: THE DARK KNIGHT DI BLIBLI.COM

Modern Times

Photo by MCNY

Banyak penonton film Joker di Venice Film Festival yang melihat referensi film Modern Times terpampang menjadi easter egg di beberapa adegan. Salah satunya adalah poster film ini menempel tinggi di sebuah gedung besar saat Arthur Fleck mengikuti aksi unjuk rasa. Film ini bercerita tentang seorang pekerja (Charlie Chaplin) di sebuah pabrik yang menggunakan mesin dengan gerigi besar sehingga sang pekerja harus sangat teliti agar dia tidak tergilas.

The Master (2012)

Photo by Film School Rejects

Film Joker dibintangi oleh Joaquin Phoenix sebagai Arthur Fleck, seorang komedian yang dianggap aneh oleh masyarakat dan sering dilecehkan. Aktingnya yang luar biasa banyak mendapat pujian dari penonton maupun kritikus. Sebelum melihat akting Joaquin Phoenix di Joker, kamu harus terlebih dahulu menonton akting terbaiknya di The Master. Dalam film ini, dia berperan sebagai pemabuk yang loyal pada atasannya, tapi mudah panas dan brutal bila diserang.

The King of Comedy (1982)

Photo by Indie Wire

Dari sekian banyak referensi film klasik dalam film Joker, film The King of Comedy mungkin merupakan yang paling berpengaruh dari segi plot maupun penokohan sosok Joker. The King of Comedy bercerita tentang seseorang yang terobsesi menjadi seorang entertainer. Ia menculik seorang showrunner agar ia bisa mendapatkan sebuah acara khusus yang ia miliki sendiri di sebuah stasiun televisi terkenal.

DAPATKAN FUNKO POP THE JOKER DI BLIBLI!

Dengan menonton film-film di atas, kamu bisa lebih mendalami sosok Joker dalam film yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix. Selamat menonton!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY