5 Film untuk Ditonton Bersama Keluarga di Bulan Ramadan

Beribadah di bulan suci demi mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya memang hal yang baik. Namun, akan lebih baik bila kita berkumpul bersama keluarga dan menjalin tali silaturahmi sambil melakukan hal yang menyenangkan dan juga memberi manfaat. Nah, ada punya lima rekomendasi film yang tepat untuk ditonton sambil bercengkrama dengan sanak famili serta teman-teman. Jangan khawatir karena lima film ini aman untuk ditonton tanpa ada unsur yang bisa membatalkan puasa.

Sebelum menonton kelima film ini, cek Blibli.com jika ada produk yang kamu butuhkan agar kondisi dan suasana menonton jadi lebih greget. Kalau butuh televisi atau monitor yang besar, Ultra HD 4K Smart LED TV layak untuk kamu miliki terlebih dahulu.

DAPATKAN SAMSUNG ULTRA HD 4K SMART LED TV DI SINI

1. A Separation (2009)

Film asal Iran yang pernah memenangkan berbagai macam penghargaan termasuk Best Foreign Film of The Year (Oscar 2012) dan Best Foreign Language Film (Golden Globe 2012) ini bercerita tentang perceraian dan berbagai dampak buruk yang bisa ditimbulkan. Cerita berawal dari Simin yang ingin meninggalkan Iran bersama suaminya Nader dan putrinya, Termeh. Ketika Nader menolak untuk meninggalkan ayahnya yang menderita Alzheimer, Simin menuntut cerai.

Sayangnya, gugatan cerainya gagal. Simin pun kembali ke rumah orang tuanya, tetapi Termeh memutuskan untuk tinggal bersama Nader. Berharap hidupnya akan kembali seperti sedia kala, Nader mempekerjakan seorang wanita muda untuk membantu ayahnya. Namun, ketika dia menemukan bahwa pelayan baru itu telah mengkhianatinya, Nader menyadari bahwa ada lebih banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam urusan pernikahannya.

Film ini sangat baik untuk ditonton bukan hanya bagi para orang tua, tapi juga bagi anak-anak agar tercipta keharmonisan di dalam keluarga yang dilandasi oleh kepercayaan, kasih sayang dan pengertian.

2. Turtles Can Fly (2004)

Di sebuah tenda pengungsian Kurdi di perbatasan Irak-Turki, seorang bocah bernama Satellite yang terobsesi dengan teknologi dan bisa berbahasa Inggris memimpin kawanan teman-temannya untuk mengumpulkan ranjau-ranjau yang bertebaran dan mengumpulkannya untuk kemudian dijual ke pasar. Wah buat apa nih? Ternyata agar dia bisa memasang antena dan mempelajari serangan-serangan US berikutnya lewat gelombang radio Fox News yang ia peroleh.

Dengan sederhana, film ini mampu menjelaskan tentang dampak dari konflik US – Iraq tanpa harus menjual sentimen negatif lewat isu-isu konspirasi ataupun propaganda antisemit yang memojokkan satu pihak. Layaknya sebuah film yang dinilai baik bagi kritikus maupun sineas, film ini lebih menonjolkan drama kemanusiaan dengan tidak mengabaikan humor sebagai penyejuk layaknya oasis di padang pasir.
Karena film ini banyak menyajikan adegan perang, biar seru, kamu bisa persiapkan home theater dulu untuk kualitas suara yang lebih menggelegar.

DAPATKAN LG LHD657 HOME THEATER DI SINI!

3. Mencari Hilal (2015)

Datang dari negeri sendiri, film Mencari Hilal adalah satu film di daftar ini yang ceritanya paling dekat dengan kita. Saat mengetahui bahwa sidang isbat yang diselenggarakan Kementerian Agama menelan dana hingga Rp9 miliar, Mahmud ingin kembali mengulang masa mencari hilal pada saat duduk di bangku pesantren dahulu kala.

Secara bersamaan dan tidak terduga, anak keduanya yang bernama Heli pulang ke rumah. Ia datang hanya karena ingin meminta bantuan kakaknya, Halida, yang bekerja di kantor imigrasi untuk dibuatkan paspor agar ia dapat pergi ke Nicaragua. Awalnya Halida enggan dengan permintaan Heli, menganggap adiknya yang satu ini sangat jauh dari keluarga dan hampir tidak pernah dianggap. Namun, akhirnya Halida bersedia membantu Heli dengan satu syarat: Heli harus menemani Mahmud mencari hilal.

Film yang bisa dikategorikan sebagai road trip movie ini sangat penting ditonton bersama keluarga karena memperlihatkan tidak hanya isu generation gap, tapi juga toleransi soal praktik menjalankan agama. Mencari Hilal juga memberikan kehangatan yang istimewa lewat hubungan ayah dan anak yang saling terajut setelah lama renggang dari satu sama lain.

NONTON LEBIH NYAMAN PAKAI BEAN BAG DI RUMAH

4. Wadjda (2012)

Via latimes.com

Datang dari Arab Saudi, film ini bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Wadjda yang sangat periang di lingkungannya. Ia berlatih keras untuk memenangkan sebuah lomba Murottal Quran demi hadiah uang tunai yang akan ia gunakan untuk membeli sepeda berwarna hijau. Selanjutnya, Wadjda punya target yang tidak kalah ambisius. Ia bertekad mengalahkan temannya, Abdullah, dalam permainan balap sepeda.

Film ini cocok untuk ditonton bagi keluarga terutama wanita. Karakter Wadjda sebagai perempuan kecil yang pantang menyerah tentunya bakal menjadi inspirasi yang baik untuk menyemangati mereka.

5. Children of Heaven (1997)

Via asiaone.com

Anak-anak yang lahir di zaman 90-an awal pasti pernah nonton film ini berkali-kali di stasiun TV swasta dulu. Biasanya film ini ditayangkan pas awal-awal libur Hari Raya Idul Fitri sekitar tahun 2009 – 2011. Lagi-lagi cerita yang sangat sederhana, tentang seorang anak bernama Ali yang tidak sengaja menghilangkan sepatu milik adiknya, Zahra.

Didorong rasa tanggung jawab dan ketakutan akan dimarahi orang tua mereka, Ali dan Zahra bersepakat untuk tidak memberitahu orang tua mereka tentang hal ini dan membuat perundingan tentang bagaimana Zahra akan memakai sepatu ke sekolah serta bagaimana Ali akan menemukan atau pada akhirnya mengganti sepatu Zahra dengan yang baru.

Tidak ada yang terlalu rumit dalam film ini hingga semua orang dari semua kalangan dapat menikmati dan menyerap pesan positif dari film keluarga tentang kakak beradik yang menghangatkan jiwa ini.

Itu dia lima film rekomendasi kami untuk ditonton di bulan Ramadhan. Jadi, kamu mau menonton yang mana dulu nih?

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY