5 Fakta Tentang Ed Sheeran yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Sebulan lagi konser tur Divide musisi pop savvy Ed Sheeran bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Tepatnya 3 Mei 2019 penyanyi asal Inggris berusia 28 tahun ini akan membuai para penggemarnya dengan lagu-lagu manisnya.

Sebelum menonton konsernya, enggak ada salahnya kamu mengenal dulu lebih dekat sosok Ed Sheeran. Berikut ini beberapa fakta yang harus kamu tahu sebelum bergoyang sambil menyenandungkan lagu-lagu macam “Shape of You”hingga “Thinking Out Loud”.

BELI SEGALA HAL BERBAU ED SHEERAN DI SINI

 1. Diorbitkan Jamie Foxx

null
Photo by media.brstatic.com

Setelah hijrah ke Los Angeles, Amerika Serikat, pada 2010, Ed Sheeran mulai ngamen di berbagai acara termasuk acara open mic. Suatu malam, dia tampil di acara open mic The Foxxhole milik aktor Hollywood Jamie Foxx. Performa Ed Sheeran ternyata bikin Foxx kepincut. Foxx  pun menawarkan Sheeran untuk rekaman di studionya. Bahkan, Sheeran sempat tinggal di rumah Foxx selama 6 pekan sebelum jadi terkenal seperti sekarang.

2. Rekor Pendapatan Tur

null
Photo by Popsugar

Tur keliling dunia Ed Sheeran tahun 2018 lalu menorehkan rekor yang fantastis. Tur bertajuk Divide ini meraup pendapatan paling gede dalam 30 tahun terakhir berdasarkan grup riset Pollstar. Dalam setahun, tur 53 kota dengan 94 showini menghasilkan 432 juta Dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp6,1 triliun. Sebanyak 4.860.482 tiket terjual di tur Dividemengalahkan tur Reputation Taylor Swift yang meraup 345,1 juta Dolar Amerika Serikat (Rp4,8 triliun) dan tur On the Run II Jay-Z dan Beyonce yang mengantongi 253,2 juta Dolar Amerika Serikat (Rp3,5 triliun).

KOLEKSI SEMUA PERNAK-PERNIK ED SHEERAN LUCU DI SINI

3. Grammy Pertama

null
Photo by gannett-cdn.com

Setelah 5 kali dinominasikan, Ed Sheeran memboyong Grammy pertamanya lewat single “Thinking Out Loud” pada Grammy Awards 2016. Enggak tanggung-tanggung, dua piala Grammy diborongnya yaitu kategori Song of the Year dan Best Solo Pop Performance. Lagu ini ditulis Ed Sheeran bareng penyanyi dan pencipta lagu Inggris Amy Wadge. Lagu cinta ini terinspirasi dari pacar Ed Sheeran, Athina Andrelos, yang bekerja untuk chef kondang Inggris Jamie Oliver. Sheeran dan Andrelos putus pada awal 2015.

BELI MAINAN FUNKO POP ED SHEERAN DI SINI

4. Terinspirasi Van Morrisson

null
Photo by Filepicker

Jika banyak musisi lain terinspirasi Beatles dan Bob Dylan, Ed Sheeran justru mengidolakan Van Morrison. Penyanyi bernama lengkap Sir George Ivan Morrison ini mempengaruhi musik-musik Ed Sheeran sejak remaja. Dalam wawancara dengan majalah Q, Sheeran mengatakan, “Van Morrisson adalah musisi penting yang mempengaruhi musik yang saya buat.” Dalam lagu Shape of You, Sheeran menulis lirik “put Van the Man on the jukebox” yang merujuk pada Van Morrisson.

5. Belajar Gitar

null
Photo by s.hdnux.com

Kedengarannya seperti klise, tetapi Ed Sheeran pertama kali pengin main gitar setelah menonton dewa gitar Eric Clapton. Saat usianya masih 11 tahun, Sheeran langsung bertekad untuk bisa main gitar setelah melihat Clapton membawakan Layla. Lagu pertama yang dikulik Sheeran saat bermain gitar adalah “A Million Miles Away” milik Rory Gallagher. Sheeran mencari tahu Rory Gallagher setelah membaca wawancara Jimi Hendrix. Saat ditanya apa rasanya jadi gitaris terhebat dunia, Hendrix menjawab, “Enggak tahu. Coba kamu tanya Rory Gallagher.”

BELI DULU GITARNYA BIAR BISA BELAJAR KAYAK ED SHEERAN

Gimana udah merasa kenal dengan Ed Sheeran? Jangan lupa menghapal lagu-lagunya biar nanti bisa nonton konser sambil menciptakan koor massal bareng penonton lain.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY