Belakangan ini kita sering mendengar istilah sport tourism, namun masih banyak orang yang belum mengetahui tentang istilah tersebut. Sport tourism merupakan perpaduan antara olahraga dan rekreasi yang banyak diminati oleh kalangan wisatawan.

Biasanya Sport Tourism yang sering dilakukan adalah lomba lari marathon. Saat ini lomba lari marathon sudah semakin menjamur diseluruh dunia. Tidak hanya di kota Jakarta namun di kota-kota beberapa negara lain juga menghadirkan even wisata lari dengan jarak tempuh yang paling jauh ini.

Beberapa kota besar dan destinasi wisata top di dunia, memiliki event lari marathon sebagai atraksi wisata yang menambah popularitas mereka. Event tersebut tidak hanya ditujukan bagi para domestik namun juga wisatawan dari luar negeri pun datang dan berpartisipasi langsung.

Di mana saja event marathon paling ramai di dunia? Berikut ini adalah 5 event marathon terkenal di dunia yang bisa nantinya akan kamu bisa ikuti.

 1. Boston Marathon, AS

boston-maraton

Via ParkEasier

Boston Marathon adalah event lari marathon paling legendaris di Amerika Serikat. Karena, ini adalah marathon paling tua dan paling bergengsi di Negeri Paman Sam itu sejak tahun 1897. Banyak pelari veteran berpartisipasi di sini karena umur kegiatan yang sudah tua.

Pesertanya tidak boleh sembarangan, melainkan memenuhi syarat sesuai umur dan gender yaitu kualifikasi lari di marathon lain 1,5 tahun sebelumnya. Biasanya event Boston Marathon digelar 21 April, bertepatan dengan Hari Patriot di Amerika.

Jarak tempuhnya juga sangat menantang mengingat kita harus menanjak ke Bukit Heartbreak di Km 34. Kemudian barulah mereka lari turun bukit. Sayangnya event ini sedikit tercoreng karena ada peristiwa bom pada tahun tiga orang yang menewaskan 3 penonton dan melukan 264 orang.

2. Athens Classic Marathon, Yunani

athens-classic-yunani

Via google

Yang spesial dari lomba maraton ini adalah lokasinya yang merupakan tempat di mana sejarah olahraga modern dimulai, Athena. Biasanya lomba digelar pada bulan November.

Dalam lomba lari ini peserta disuguhkan pemandangan menarik dari Laut Aegea, melewati Makam Marathon tempat dikuburkan para prajurit Athena dalam perang legendaris tersebut.  Selain itu mereka finish yang tidak bisa terlupakan saat memasuki Stadion Panathenaic yang merupakan arena di mana Olimpiade pertama digelar tahun 1896.

3. Great Wall Marathon, China

great-wall-marathon

Via greatwallmarathon.com

Salah satu event Marathon yang menarik banyak peminat mengingat mereka harus lari melewati ibuan kilometer jauhnya benteng terpanjang di Tiongkok. Tanjakan dan turunan The Great Wall akan menjadi menu utama. Saking sulitnya, waktu maksimal yang ditentukan lumayan longgar, hingga 8 jam. Start dilakukan di Huangyaguan, sekitar dua jam dari Beijing.


BACA JUGA Lari 42KM a.ka Marathon


4. The Big Five Marathon, Afrika Selatan

the-big-five-marathonvia bigfivemarathon/Facebook

Lomba ini sudah seperti marathon dan petualangan safari dalam satu paket. Hadiah terindah dari lomba ini adalah kesempatan untuk mendapat momen berlari dengan habitat asli binatang liar seperti antilop dan jerapah.

Bahkan di salah satu etape anda akan diuji nyalinya karena berlari di teritori milik singa gurun. Ayo siapa yang mau coba lomba lari dengan Cheetah disini. Namun kamu tidak usah khawatir mengingat ada penjaga yang berjaga di sejumlah titik demi keamanan pelari.

5. Jakarta Marathon, Indonesia

jakarta-marathon

Via tribunnews

Event wisata olahraga lari marathon seru yang terakhir datang dari negeri sendiri. Jakarta Marathon akan melewati jalan-jalan utama di Jakarta mulai dari kawasan Monas sampai Kota Tua. Kemudian rutenya ke Jl MH Thamrin, Jl HR Rasuna Said, Jl Gatot Subroto, sampai kawasan Senayan lalu kembali ke Monas.  Banyak objek wisata menarik yang akan dilalui oleh peserta. Mulai dari kawasan GBK, Kota Tua, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, Museum Nasional dan tentunya Monas.

Gimana? Sudah siap mengikuti berbagai lomba lari maraton yang ada di dunia. Kunci agar bisa berlomba dan lari dengan lancar adalah rajin berlatih. Kamu bisa mencari panduan lari melalui tutorial di internet atau bahkan langsung mencari personal trainer yang bisa membuatmu selalu semangat berlatih.

Blibli.com juga punya cara untuk menemanimu berlatih dengan menyediakan berbagai perlengkapan yang bisa kamu gunakan untuk menunjang aktivitas larimu. Manfaatkan berbagai fasilitas yang dimiliki Blibli.com mulai dari cicilan 0%, bebas biaya pengiriman, dan beragam cara pembayaran.

Selamat berlari!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY