Dari dulu sampai sekarang, ada sebuah ungkapan bernada sindiran yang sering terlontar bagi pengantin baru, pondok indah mertua. Yup, bagi kamu yang baru menikah dan belum punya rumah, tinggal di salah satu rumah orang tua sebenarnya adalah hal yang biasa. Tapi sering kali itu jadi kendala. Mulai dari harus adaptasi dengan lingkungan baru sampai urusan sepele yang tak jarang berujung kurang enak dengan mertua. Hmm… kalau sudah begitu, pilihan punya rumah sendiri sepertinya adalah keharusan.  Tapi rumah kan nggak murah ya? Dari mana uangnya kalau gaji saja masih pas-pasan?

Ini memang kendala utama bagi hampir semua pasangan yang baru menikah. Harus mengatur keuangan dengan sangat ketat agar kebutuhan bulanan tidak tersendat. Tapi yang namanya rumah, sebagai salah satu kebutuhan pokok, adalah sesuatu yang tak bisa ditawar. Pertanyaannya, bagaimana kalau gaji masih “cukup” tapi ingin punya rumah? Bisa kok, asal mau usaha keras dan tahu caranya. Apa saja?

1. Maksimalkan uang recehan

uang recehan

via ragasentry.wordpress.com

Ini yang sering kurang diperhatikan. Padahal uang receh seribuan, dua ribuan, atau lima ribuan kalau dikumpulkan hasilnya lumayan. Siapkan saja kotak untuk menyimpan uang receh itu. Kalau sehari bisa mengumpulkan recehan Rp10 ribu saja—atau kira-kira setara dengan uang sekali makan—sebulan sudah ada uang sekitar Rp300 ribuan. Untuk rumah sangat sederhana, saat ini masih ada kok yang cicilannya sekitar itu.

2. Cari penghasilan tambahan

cari penghasilan tambahan

via smartf41z.wordpress.com

Kalau merasa gaji pas-pasan, mengapa tidak coba cari penghasilan tambahan? Saat ini banyak kok pekerjaan yang bisa disambi. Misalnya saja jadi ojek online. Pulang kerja, sisihkan waktu sekitar 2-3 jam. Kalau sehari bisa disisihkan tambahan sekitar Rp10-20 ribu dari ojek online, sebulan sudah ada tabungan tambahan untuk bayar cicilan rumah Rp300-600 ribuan, lumayan kan?

3. Investasikan uang untuk jadi uang

investasukan uang jadi uang

via huffingtonpost.com

Ini mirip menabung di bank, kuncinya adalah disiplin. Coba cari produk investasi yang aman dan punya kecenderungan naik terus. Misalnya, kamu investasi ke deposito, obligasi pemerintah, atau saham yang aman. Tabungan ini nantinya bisa kalau sudah terkumpul cukup banyak bisa kamu jadikan down payment untuk mencicil rumah yang diinginkan.


BACA JUGA Perkakas yang Wajib Dimiliki di Rumah


4. Investasikan uang untuk jadi usaha

investasikan uang jadi usaha

via perfectogift.com

Coba sisihkan sedikit uang bulanan. Dari yang berhasil dikumpulkan, coba buka usaha, misalnya jualan online. Cari yang risikonya cenderung tidak terlalu besar, seperti jualan jilbab online. Kamu bisa memulainya dengan menjual jilbab melalui media sosial seperti Facebook atau Instagram. Kalau ada pesanan dan uangnya lumayan, buat tabungan tersendiri agar tidak tercampur dengan uang bulanan.

5. Cari program rumah murah

SONY DSC

via rumahminimal.com

Saat ini pemerintah sedang giat membuat program sejuta rumah untuk rakyat. Salah satunya dengan mendorong pengembang perumahan untuk membuat rumah sederhana yang disubsidi pemerintah sehingga harganya lebih terjangkau. Dengan syarat tertentu, kamu bisa mendapatkan rumah semacam ini. Atau, kamu juga bisa mencari tahu ke berbagai pengembang, apakah mereka menyediakan rumah murah. Ssstt… biasanya mereka juga punya rumah terjangkau untuk dijual ke karyawan mereka. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga karyawan jika punya kenalan. Jadi, rajin-rajin cari networking orang perumahan, siapa tahu dapat yang bersubsidi seperti itu.

Dengan beberapa cara tadi, semoga rumah impianmu bisa segera didapat meski gaji masih tergolong ngepas ya. Oh ya, biar tambah semangat, kamu bisa mulai mencicil beberapa kebutuhan rumahmu di Blibli.com.

Banyak pernik unik yang bisa kamu miliki dengan mudah via apps Blibli.com. Dengan adanya beberapa pernik kecil yang sudah dimiliki, ini akan jadi pengingat untuk segera punya rumah sendiri. Jadi makin semangat kan? Yuk, disiplinkan dirimu, rumah impian bisa kok jadi milikmu!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY