me

5 Cara Ini Bantu Turunkan Demam Pada Anak Tanpa Obat-obatan

Sep 26, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Turunkan Demam Anak Tanpa Obat — Blibli Friends, baru-baru ini ramai berita tentang meningkatnya kasus gangguan ginjal misterius pada anak yang disebabkan oleh obat sirup, termasuk obat penurun demam. Sebagai orang tua, kita nggak perlu panik dan bingung mencari cara menurunkan demam pada anak di situasi seperti ini. Saat anak demam, nggak harus langsung diberi obat penurun demam kok. Yuk, ketahui 5 cara turunkan demam anak tanpa obat-obatan!


Cara Turunkan Demam Anak Tanpa Obat-obatan

1. Kompres Air Hangat

pinterest.com/mumsgrapevine.com.au

Demam merupakan salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami anak-anak terutama anak di bawah 5 tahun. Jangan langsung memberikan obat saat anak demam, observasi dahulu berapa suhu anak dan penyebab demamnya. Langkah awal, Blibli Friends bisa melakukan kompres hangat pada anak. Kompres hangat merupakan salah satu cara menurunkan demam pada anak tanpa obat yang umum dilakukan. 

Pertolongan pertama untuk meredakan demam ini dapat dilakukan dengan mengompres pada bagian dahi, ketiak, atau lipatan selangkangan, di mana banyak pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit. Gunakan kompres dari handuk kecil yang sudah direndam di air hangat suam-suam kuku. Cukup letakkan kompres hangat pada area tubuh anak selama 10-15 menit, dan ulangi lagi ketika tubuh anak masih terasa panas. Sebaiknya, hindari kompres air dingin ya, Blibli Friends, karena bisa mengakibatkan pembuluh darah mengecil sehingga meningkatkan suhu tubuh anak.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan

pinterest.com/parents.com

Saat anak demam, suhu tubuh anak akan meningkat sehingga tubuh akan lebih mudah mengalami kekurangan cairan. Apabila dibiarkan begitu saja, kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi pada anak terjadi lebih cepat. Untuk mencegahnya, berikan anak minum lebih sering dan lebih banyak. Jika anak masih menyusui, Blibli Friends bisa terus melanjutkan pemberian asupan ASI karena ASI mengandung sistem kekebalan tubuh yang dapat mencegah terjadinya reaksi dalam tubuh anak. 

Pada anak yang lebih besar, Blibli Friends bisa memberikan jus buah encer, larutan elektrolit atau memberikan sup ayam hangat yang berisi berbagai macam sayuran yang berguna untuk membantu anak melawan infeksi dalam tubuh serta sebagai salah satu cara menurunkan demam anak secara alami. 

Tentu saja, hindari memberikan minuman yang mengandung kafein, seperti teh, cokelat, atau minuman bersoda karena jenis minuman ini bisa membuat anak buang air kecil terus-menerus sehingga bisa meningkatkan gejala dehidrasi pada anak.

3. Gunakan Pakaian yang Tipis

Demam sebenarnya merupakan respon alami sistem imun untuk melawan virus atau bakteri yang  masuk ke dalam tubuh. Pada proses perlawanan ini suhu tubuh anak akan meningkat, suhu tubuh yang naik ini merupakan mekanisme pertahanan untuk membunuh kuman atau bakteri akibat infeksi. Jadi, Blibli Friends nggak perlu terlalu panik saat anak mengalami demam, hal ini wajar dialami anak kecil. Demam pada anak biasanya bisa mereda sendiri dalam dua atau tiga hari.

Yang bisa dilakukan oleh Blibli Friends pada saat anak sedang demam adalah, memakaikan baju yang berbahan adem, nyaman, longgar dan tipis yang gampang menyerap keringat supaya panas anak bisa cepat keluar. Hindari memakaikan pakaian berlapis-lapis karena justru akan semakin memerangkap panas tubuhnya. Apabila si kecil kedinginan, Blibli Friends bisa memberikan selimut sampai anak merasa hangat lagi.

4. Balurkan Bawang Merah

Bagi Blibli Friends mungkin cara ini dianggap kuno, namun membaluri telapak kaki anak dengan bawang merah dipercaya sebagai cara alami menurunkan demam pada anak. Salah satu bahan dapur ini bekerja dengan menurunkan suhu tubuh, serta meredakan rasa nyeri. Blibli Friends bisa memotong satu siung bawah merah menjadi dua bagian, lalu membalurkan pada telapak kaki anak. 

Potongan bawang merah bisa juga dicampur dengan beberapa tetes minyak telon agar bau bawang merahnya bisa tersamarkan. Blibli Friends bisa melakukan cara ini kurang lebih dua kali sehari untuk membantu mengatasi dan menurunkan demam. 

5. Istirahat yang cukup 

pinterest.com/themommyhoodclub.com

Cara menurunkan demam pada anak secara alami tanpa obat-obatan yang nggak kalah penting adalah dengan memastikan istirahat yang cukup sampai panasnya benar-benar mereda. Namun, anak yang sedang demam nggak harus selalu tiduran di dalam kamar. Anak tetap boleh beranjak dari tempat tidur, tapi sebaiknya anak tidak berlarian atau beraktivitas yang menguras tenaga. 

Pastikan juga suhu ruangan membuatnya nyaman serta sirkulasi udara di kamar berjalan dengan baik. Jagalah suhu kamar anak agar tetap sejuk dan nyaman saat anak mengalami demam. Sebab jika suhu ruangan terlalu panas atau pengap, anak akan merasakan kegerahan dan tidak nyaman saat beristirahat. 

Gunakan kipas angin dan arahkan aliran udara supaya nggak langsung menyorot ke arah anak. Jika ruangan terdapat pendingin ruangan atau AC, atur suhunya agar tidak terlalu dingin, supaya anak nggak menggigil. Idealnya istirahatlah di suhu ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Udara segar baik untuk pemulihan kesehatan dan menurunkan demam. 

Rekomendasi Produk untuk Menurunkan Panas Secara Alami

Anak panas tinggi tentu membuat kita menjadi khawatir, namun kamu nggak boleh panik dan mengutamakan penggunaan produk alami yang mampu membantu menurunkan panas. Adapun rekomendasi produk yang bisa kamu beli langsung saja cek semuanya di bawah ini!

Gerber Washcloth 6 in 1 Sapu Tangan 6pcs

 Turunkan Demam Anak Tanpa Obat
blibli.com

Produk pertama yang jadi rekomendasi cara turunkan demam anak tanpa obat, yang wajib kamu beli untuk membantu menurunkan panas secara alami adalah Gerber Washcloth 6 in 1 Sapu Tangan 6pcs. Produk ini merupakan handuk lembut yang super nyaman digunakan dan anti iritasi sehingga aman digunakan untuk kulit bayi maupun anak yang sedang membutuhkan kompresan. 

Gerber Washcloth 6 in 1 Sapu Tangan 6pcs

Modelnya memang lebih minimalis seukuran sapu tangan, satu paket sudah terdiri dari 8 buah produk dengan warna beragam yang siap untuk digunakan. Ukuran dimensi produknya hanya sekitar 22,9 x 22,9 cm dengan motif random yang menggemaskan sehingga membuat anak-anak merasa lebih senang dan nyaman untuk menggunakannya. 

Produk ini nggak hanya bisa digunakan untuk kompres saja melainkan juga bagus untuk menghapus air liur, menyeka kulit bayi, membersihkan ingus dan lainnya yang berkaitan langsung dengan kulit bayi. Sapu tangan super lembut ini dijamin nggak bakalan memakan tempat ketika disimpan karena bisa membentuk ukuran yang minimalis kamu bisa menyimpan kembali bersama plastiknya. 

Fungsi lain yang bisa kamu dapatkan dengan handuk sapu tangan minimalis ini adalah menambahkan minyak atau bau-bauan untuk mempermudah si kecil menghirupnya. Biasanya ketika hidung tersumbat dan radang tenggorokan akibat panas tinggi membuat mereka menjadi nggak nyaman untuk beraktivitas. Dengan adanya sapu tangan ini mereka menjadi lebih nyaman. 

Kantong Kompres Serbaguna

Turunkan Demam Anak Tanpa Obat
blibli.com

Produk kedua yang jadi rekomendasi cara turunkan demam anak tanpa obat, yang bisa kamu pertimbangkan untuk membantu penyembuhan anak yang sedang panas tinggi adalah Kantong Kompres Serbaguna. Kamu yang merasa ribet menggunakan sapu tangan sebelumnya apalagi sedang bepergian bisa banget sedia produk kompres serbaguna yang satu ini karena memang lebih praktis untuk digunakan. 

KANTONG KOMPRES SERBAGUNA WATER BAG KANTUNG ANAK HOT COLD KOMPRES MINI

Sesuai dengan namanya kompres ini memang bisa digunakan untuk kebutuhan kompres air dingin maupun air panas sesuai fungsinya. Jadi, nggak hanya mampu membantu penurunan panas namun juga bisa meredakan sakit atau nyeri pada tubuh si kecil akibat panas atau demamnya. Kantongnya sangat premium dan berkualitas sehingga nggak mudah rusak atau tumpah airnya. 

Ketebalannya lebih pas sehingga ketika diisi air panas maupun air dingin nggak bakalan membuat kulit kita menjadi nggak nyaman nantinya. Kantong ini memiliki bagian atas yang lebih kecil mengerucut sehingga mempermudahmu untuk memasukkan air ke dalamnya. Kemudian di atas kantong itu juga sudah ada perekat yang membantu mengamankan airnya. 

Bagusnya kantong kompres serbaguna ini warnanya lucu-lucu ditambah dengan motif yang lebih beragam sehingga membuat anak merasa lebih senang dan nyaman saat menggunakannya. Produk ini bukanlah kompres yang hanya bisa dipakai sekali saja melainkan kompres yang bisa disimpan kembali setelah nggak digunakan jadi kamu bakalan lebih hemat ketika menggunakannya. 

Pure Kids Fever Free

Turunkan Demam Anak Tanpa Obat
blibli.com

Rekomendasi produk yang bisa membantu menurunkan panas anak secara alami ketiganya adalah Pure Kids Fever Free. Sesuai dengan namanya produk ini merupakan kompres tempel yang lebih praktis untuk digunakan karena kamu nggak perlu menambahkan air dingin maupun panas lagi. Modelnya plester sehingga bisa langsung dipasangkan ke kening anak atau bagian lainnya. 

Pure Kids Fever Free/Plaster Kompres Anak

Lapisannya sangat lembut dan mampu menyerap panas di kulit bayi lebih maksimal. Lapisanya juga nggak membuat kulit bayi menjadi gatal, iritasi atau lainnya yang membuat mereka menjadi nggak nyaman. Di dalamnya sudah ada kandungan mentol yang menyegarkan sehingga membuat bayi atau anak-anak lebih mudah terlelap atau istirahat selama sakit panas. 

Gel yang digunakan lebih tipis sehingga rekatannya menempel sempurna di kulitmu begitu juga dengan efek dingin yang pas. Bagusnya produk ini sudah bisa langsung dipakai tanpa perlu menaruhnya ke dalam kulkas. Kemampuan daya serap panasnya juga lebih lama yakni sampai dengan 8 jaman jadi pas untuk mempercepat proses pemulihan sakit panas anak. 

Dalam satu setnya kamu sudah mendapatkan 4 buah kompres tempel yang bisa langsung digunakan saat anak sedang panas tinggi. Jika masih banyak kamu bisa menyimpannya lebih mudah di dalam suhu ruang dan tertutup. Hindari menyimpannya di ruangan yang terpapar sinar matahari langsung karena mengurangi kualitas produknya ketika digunakan. 

Beauty Barn Feeve Cooling Body Oil 60ml

Turunkan Demam Anak Tanpa Obat
blibli.com

Rekomendasi produk keempat yang nggak kalah penting untuk digunakan adalah Beauty Barn Feeve Cooling Body Oil 60ml. Sesuai dengan namanya produk ini merupakan minyak yang bisa digunakan untuk mengurut anak atau bayi yang sedang panas dan demam. Sehingga mereka menjadi lebih nyaman dan mudah terlelap ketika waktunya istirahat. 

Beauty Barn Feeve Cooling Body Oil 60ml (Massage Oil)

Formulanya lebih ringan dan sudah terbukti aman untuk kulit bayi atau anak yang paling sensitif sekalipun. Bahannya 100 persen terbuat dari minyak dan paduan alami lainnya sehingga hasil yang diberikan juga maksimal banget. Fungsi yang diberikan cukup beragam nggak hanya menurunkan demam saja melainkan juga meredakan nyeri otot dan gatal-gatal pada kulit. 

Dalam satu botolnya berisi sekitar 60 ml cairan minyak yang siap digunakan. Apalagi kemasan botolnya juga lebih aman dengan penutup lebih proper sehingga minyaknya nggak bakalan gampang tumpah ketika disimpan dan nggak digunakan. Minyak pijat ini rasanya nyaman dan nggak lengket sama sekali di kulit bayi sehingga mereka nggak bakalan merasa aneh untuk menggunakannya. 

Kamu bisa langsung mengoleskan produk minyak ini ke bagian kulit gatal atau yang membutuhkan olesan minyak. Nggak ada sensasi panas atau sejenisnya dari efek samping yang diberikan oleh minyaknya. Kamu yang pengen menggunakannya untuk urut bisa memberikan pijatan lembut untuk mengurangi pegal atau sakit di bagian lipatan pada anak akibat panas atau demam yang tinggi. 

My Baby Minyak Telon Plus Lavender 60 ml

blibli.com

Rekomendasi produk kelima yang nggak kalah bagus untuk digunakan dalam membantu meredakan sakit panas pada anak adalah My Baby Minyak Telon Plus Lavender 60 ml. Minyak telon adalah salah satu hal penting yang nggak boleh sampai ketinggalan untuk merawat bayi dan anak-anak. Minyaknya yang ringan dan juga memberikan kehangatan bakalan membuat mereka lebih tenang. 

My Baby Minyak Telon Plus Lavender 60 ml

Ada banyak banget manfaat yang diberikan produk ini untuk anak-anak ataupun bayi yakni meredakan kembung, meredakan masuk angin yang nggak nyaman di perut, meredakan sakit perut dan memberikan kenyamanan lebih baik untuk anak-anak yang menggunakannya. Nggak hanya itu, untuk versi Lavender ini sudah ada tambahan perlindungan gigitan nyamuk sampai 8 jaman. 

Bahan-bahan yang digunakan untuk minyak telonnya juga sudah terjamin aman mulai dari Cajuput Oil, Eucalyptus Oil dan Lavender Oil. Sehingga lebih lembut dan nggak bakalan membuat kulit kita menjadi mudah iritasi ataupun gatal saat menggunakannya. Nggak hanya itu, model botolnya juga minimalis dengan penutup yang super aman sehingga isinya nggak bakalan mudah tumpah. 

Minyak telon ini aromanya lebih enak dengan sentuhan Lavender sehingga bayi nggak bakalan merasa aneh saat menciumnya. Ada beberapa langkah yang bisa digunakan untuk membantu mengurangi panas dengan produk ini. Kamu bisa cek semuanya sebagai berikut!

  • Tuangkan minyak telon ini secukupnya di telapak tangan. 
  • Usapkan ke bagian punggung, perut, kaki dan tangan si kecil. 
  • Berikan pijatan yang ringan dan lembut sembari membantu minyaknya meresap ke dalam kulit. 
  • Jangan terlalu keras dalam memijat biarkan bayi merasa lebih tenang dengan aroma dan juga kehangatan yang diberikan.
  • Kamu juga bisa memberikannya untuk meredakan rasa gatal dan mengurangi kemungkinan bayi atau anak bakalan digigit nyamuk. Berikan minyak ini pada kulit bayi yang nggak terlindungi baju. 
  • Jika sudah jangan lupa untuk menutup kembali penutup minyak telonnya biar nggak tumpah dan menguap. 

Cessa Baby Essential Oil Fever Drop 8 ml

blibli.com

Rekomendasi produk berikutnya yang nggak kalah bagus untuk digunakan adalah Cessa Baby Essential Oil Fever Drop 8 ml. Sesuai dengan namanya, produk ini memang khusus digunakan untuk membantu penurunan panas demam pada bayi tanpa perlu menambahkan obat. Cocok digunakan untuk meredakan panas demam yang masih bisa ditangani sendiri. 

Cessa Baby Essential Oil Fever Drop 8 ml - Penurun Demam Anak Bayi

Dikemas dalam botol yang praktis dan penutup super rapat membuat produknya bisa dibawa bepergian tanpa perlu khawatir bakalan tumpah. Cara penggunaannya juga lebih mudah ditambah isinya lebih banyak sekitar 8 ml jadi lebih awet untuk dipakai lagi saat sudah sembuh panas demamnya. Cocok banget digunakan untuk bayi berusia 0-3 tahunan yang gampang panas. 

Minyak ini hanya terbuat dari 100 persen bahan alami tanpa tambahan kimia di dalamnya sehingga aman untuk kulit bayi yang super sensitif sekalipun. Bagus digunakan untuk memberikan kenyamanan pada bayi selama masa istirahat sekaligus mengurangi terjadinya kejang yang mungkin terjadi pada bayi akibat panas yang terlalu tinggi. 

Cara penggunaan produk ini juga sangat mudah kamu bisa langsung cek semua detailnya di bawah ini!

  • Buka penutup produk kemudian langsung oleskan pada bagian tulang belakang bayi dengan lembut. 
  • Berikan olesan dan pijatan lembut di bagian tengkuk bayi dan area lipatan tubuh bayi sehingga mereka lebih nyaman untuk menggunakannya. 
  • Kamu juga bisa mengoleskannya di bagian belakang telinga untuk meredakan peradangan dan hidung tersumbat. 
  • Hanya saja produk ini memang nggak direkomendasikan penggunaannya langsung di wajah dan area mata. 

Blibli Friends, meski  banyak cara turunkan demam anak, yang harus diingat adalah sebagai orangtua harus tetap tenang dan berpikir rasional. Jika memang demam tidak turun juga, Blibli Friends bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. Dan yang paling penting adalah kenali tanda bahaya pada anak.

Dapatkan promo Aneka Nutrisi Anak di sini 

Tag: