Kadang ada saja orang yang mengoleksi berbagai barang. Baik sekadar hobi, biar tampak keren, tapi tak jarang ada yang untuk investasi. Hah, investasi? Bukannya investasi hanya properti, produk keuangan, atau logam dan batu mulia?

Jangan heran. Ternyata di komunitas tertentu, barang-barang yang dianggap langka bisa jadi koleksi mahal yang jadi rebutan. Mirip-mirip berburu Pokemon Go yang langka lah. Kalau dianggap langka, barangnya jadi sesuatu yang bernilai.

Tapi jangan salah sangka. Kadang barang langka itu tidak selamanya mahal di awal. Barang koleksi itu malah kadang awalnya dianggap sepele. Masih ingat heboh tanaman daun hias anturium atau koleksi akik kan? Nah, awalnya sepele. Tapi begitu dianggap bernilai, harganya jadi setinggi langit. Karena itu, investasi benda koleksi dari awal harus jeli melihat kesempatan. Barang seperti apa saja yang kira-kira bisa jadi mahal? Berikut beberapa di antaranya:

1. Buku bertanda tangan penulis asli

Barang Koleksi_2

via nicovelina.wordpress.com

Kamu tinggal datang saja ke peluncuran buku di masa-masa awal penjualan sebuah judul buku. Saat si penulis terkenal, buku jadi best seller di pasaran, atau malah tiba-tiba bukunya tiba-tiba ditarik dari peredaran dan tak diizinkan dijual bebas, buku kamu bakal jadi barang langka. Tentu, berbagai kemungkinan harus diantisipasi. Putuskan apakah akan dijadikan koleksi pribadi atau dijual untuk mendapatkan untung berlipat. Tapi untuk satu ini, timing-nya harus tepat. Lewat sedikit masanya, biasanya harga buku langsung turun lagi.

2. Koin uang lama

Barang Koleksi_3

via barangantic.wordpress.com

Ini yang kadang kurang diperhatikan. Bagi yang sadar dan mau menyimpan dalam waktu lama, ada kalanya koin uang lama yang masih bagus ketika dijual ulang harganya melambung di atas nilai koin uang tersebut. Coba saja cek uang logam seratusan rupiah lama yang tebal bertanda tahun 1973. Itu sekarang nilainya jika dicari di internet, nilai jual satuannya bisa mencapai Rp 5000 lebih. Untung lumayan kan?


BACA JUGA 5 Film Keren yang Bisa Kamu Nikmati Pakai VR


3. Memorabilia bintang olahraga

Barang Koleksi_4

via gaulgeela.com

Kalau kamu hobi olahraga dan punya pemain idola, kenapa tidak coba cari dan kejar untuk mendapatkan tanda tangannya? Minta dia tanda tangan pada benda seperti topi, bola, atau kaus. Kalau belum bisa yang level internasional, yang level nasional atau daerah pun masih oke. Berharap suatu saat, sang pemain jadi juara, maka nilai memorabilia itu akan naik. Apalagi kalau sampai ke tingkat dunia. Plus, kalau sang pemain sudah tiada, biasanya orang akan berburu barang-barang yang pernah ada tanda tangan mereka. Jadi mahal kan?

4. Barang seken dari orang ternama

Barang Koleksi_5

via ceritaku.org

Ini yang unik tapi nyata. Sering saja hadir di bazar acara-acara semacam Agustusan atau hari raya lainnya. Di sana kadang kamu bisa menjumpai artis yang jualan barang miliknya dengan harga terjangkau untuk amal. Kamu bisa minta pada mereka noktah unik untuk mencirikan bahwa barang itu memang awalnya dari mereka. Dari pulpen, handuk, kaus, atau barang sepele lain, asal ada bukti itu dari mereka suatu saat bisa jadi barang yang mahal. Apalagi kalau artisnya jadi terkenal di mana-mana. Nah, saatnya berburu barang koleksi mereka ya Friends.

5. Barang untuk memperingati momen tertentu

star-wars-hp

via windowscenter.com

Barang semacam ini biasanya dibuat terbatas. Misalnya koleksi laptop dengan nuansa film Star Wars dari HP ini.Β Seperti kamu tahu, film Star Wars punya penggemar setia. Nah, mumpung ada barang koleksinya di Blibli, kamu bisa mendapatkan cicilan ringan 0%. Suatu saat kelak, misalnya sang kreator Star Wars George Lucas meninggal, barang-barang koleksi semacam ini pasti jadi incaran orang. Dan kamu sudah jadi pemiliknya berkat belanja di Blibli, asyik kan?

Selamat berburu barang koleksi unik ya Friends. Siapa tahu kamu yang beruntung dapat nilai besar dari barang koleksimu kelak.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY