5 Alat Musik Tradisional yang Hampir Punah

Alat Musik Tradisional Indonesia
Photo via pexels.com

Indonesia itu jadi salah satu negara yang kaya sama alat musik tradisional. Dari Sabang sampe Merauke tuh punya ciri khas alat musik tradisional masing-masing. Saking banyaknya, mungkin kita lupa alat musik tradisional apa aja yang dipunya setiap daerah. Alesannya udah lupa sama pelajaran dulu pas di sekolah. Nah, buat ngebalikin ingetan kamu, nih saya kasih tau lima alat musik tradisional yang hampir punah.

BACA JUGA: 3 BUKTI MUSIK JAZZ PUNYA PENGARUH SIGNIFIKAN

  1. Alat Musik Sasando

Pas jaman SD dulu, sasando ini sering banget muncul di RPUL. Sasando atau Sasandu ini artinya alat yang bergetar atau berbunyi. Alat musik petik yang jadi ciri khas Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur ini mirip banget gitar, biola, dan kecapi.

Alat Musik Tradisional Indonesia
Photo via negerikuindonesia.com

2. Tatali

Tatali jadi salah satu alat musik tradisional dari Suku To Wana, Sulawesi Tengah. Kalo di daerah Sunda, Tatali ini gak beda jauh sama Suling Bambu yang biasa dipake Kabayan pas ngangon kerbau. Bedanya, Tatali ini cuma ada tiga lubang yang artinya cuma punya 3 nada. Pasti baru pada tau kan?

Alat Musik Tradisional Indonesia
Photo via budaya-indonesia.org

3. Rindik

Tau gak sih kalau di Bali juga punya alat musik tradisional yang kalo dari jauh keliatan mirip banget sama Gambang di Jawa. Nama alat musiknya Rindik. Bedanya sama Gambang ada di bahan pembuatannya. Kalau Gambang di gamelan Jawa itu dari potongan logam, Rindik dibuat dari potongan Bambu.

Photo via goodnewsfromindonesia.id

4. Celempung

Alat musik dari Sunda ini emang punya nama yang unik ya. Dibuat dari hinis bambu, Celempung dimainin pake dua alat pemukul dari bambu atau kayu tapi ditambahin kain tipis biar suaranya nyaring, namanya Tarengteng. Celempung dimainin rame-rame mirip orkestra, Celempungan namanya. 

5. Taktok Trieng

Alat musik tradisional yang dimainin dengan cara dipukul ini asalnya dari Kab. Pidie, Aceh Besar. Kalo diliat sekilas, Taktok Trieng mirip banget sama kendang. Taktok Trieng terdiri dari dua jenis. Pertama, biasa dimainin di balai pertemuan. Kedua, biasa dipake di sawah buat ngusir burung atau serangga.

Photo via kalimat.id

Mumpung momennya pas di Hari Musik Nasional nih, gak ada salahnya buat mulai cari tau lagi alat musik tradisional yang cuma ada di Indonesia dan hampir punah. Jangan sampe anak cucu kamu nanti gak tau alat-alat musik tradisional Indonesia ini. Nah, kalo di daerah kamu, alat musik tradisional apa yang udah hampir punah?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY