Ke mana Moms memilih liburan bersama keluarga? Melihat pemandangan alam, jalan-jalan ke mal, main ke wahana permainan, atau ke pantai? Semuanya pasti asyik ya. Apalagi kalau si kecil sudah bisa diajak lari ke sana ke mari dengan lincahnya. Nah, dengan pertumbuhan yang semakin cepat, ada baiknya sesekali si kecil diajak main ke tempat baru seperti pantai. Dari main debur ombak, kecipak air, hingga mainan pasir, semua itu akan memberinya banyak kesenangan.

Suasana angin pantai yang sejuk, suara kencang ombak mengalun, semua itu memang jadi agenda liburan yang menyenangkan. Apalagi, kalau tahu beberapa manfaat ke pantai buat si kecil, Moms pasti akan lebih sering mengajaknya bermain ke pantai. Apa saja sih manfaatnya?

1. Membuat anak bisa belajar banyak hal baru

belajar hal baru

Di usia pertumbuhan emasnya, si kecil sudah pasti akan belajar banyak hal dari sekelilingnya. Dengan mengajaknya ke pantai, ia akan jadi tahu ada berbagai hal yang di luar lingkungan yang biasa ia dapati di rumah. Mulai dari batu-batu karang, air yang asin, ikan-ikan kecil yang berenang bebas, hingga aroma udara sejuk yang membuatnya lebih segar. Dari beragam hal baru itu ia akan mengeksplorasi dunia baru dan merekamnya di otak untuk memperluas cakrawala berpikir dan meningkatkan kecerdasannya.

2. Mengenalkannya pada hal nyata di luar yang dipahami selama ini

mengenalkan pada hal nyata

Ibu sering kali memperdengarkan suara debur ombak dan kicau burung untuk memberi efek menenangkan saat si kecil hendak tidur. Jika selama ini audio yang diperdengarkan hanya dari apps atau rekaman, si kecil akan merasakan interaksi dengan suara-suara asli di alamnya secara langsung. Ini akan memberikan sensasi yang direspons otaknya sehingga membuat si kecil sadar ada banyak hal yang masih perlu dieksplorasi di luar rumahnya.

3. Memberinya kesempatan berinteraksi dengan lingkungan asing

kesempatan berinteraksi dengan lingkungan asing

via life.fourthelement.com

Anak sering kali takut dengan lingkungan yang baru dikenalnya. Dengan mengajaknya ke pantai, ia akan mengetahui ada lingkungan asing namun menyenangkan. Ini akan melatihnya agar tak mudah takut dengan dunia asing. Tentu, Anda sebagai Moms juga tetap harus mendampinginya. Dengan begitu si kecil juga akan mulai belajar memilih dan memilah, mana hal asing yang baik dan mana yang harus dijauhi.


BACA JUGA 7 Rekomendasi Game Indoor untuk Dimainkan Bersama Keluarga


4. Bermanfaat untuk kesehatan

memberikan dampak kesehatan

Pantai dengan udara dan air yang asin memberi dampak bagus untuk kulit. Bahkan menurut banyak penelitian, tingkat kelembapan udara di pantai juga bagus untuk terapi bagi anak yang sedang pilek atau mengalami masalah pernapasan. Plus, jika Anda datang di pagi hari saat matahari belum terlalu panas, itu akan jadi sumber vitamin D yang bagus untuk tumbuh kembangnya.

5. Merangsang kemampuan motorik dan sensorik

merangsang kemampuan motorik

via kinetischer-sand.net

Interaksi anak dengan alam akan melatih gerakan motorik dan kemampuan sensorik sekaligus. Saat ia merasakan gerakan ombak laut, ikan kecil berenang di antara kakinya, menginjak batu karang, semua itu akan mengasah kemampuan sensoriknya pada hal yang baru dikenal. Lalu saat ia bermain dengan pasir dan membuat aneka bentuk, itu juga akan melatih kemampuan motoriknya sekaligus mengasah kreativitasnya.

Belum sempat pergi ke pantai? Moms tak perlu khawatir. Jika Moms beli produk susu tumbuh kembang anak Enfagrow di Blibli, ada hadiah khusus kinetic sand atau pasir pantai halus mainan. Dengan pasir yang aman untuk anak ini, ia akan bebas berkreasi untuk melatih kemampuan motorik dan sensoriknya sekaligus, seperti ia main pasir asli di pantai.

Selamat bermain bersama si kecil ya Moms.

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY