Semenjak 5 tahun terakhir, popularitas olahraga dan aktivitas air semakin melambung. Penyebab ketenarannya cukup bervariasi, mulai dari tren gaya hidup sampai ke tren fashion. Saking populernya, hampir semua jenis olahraga air pasti pernah menjadi bahan perbincangan di berbagai kalangan.

Ambil saja contoh scuba diving, pasti beberapa dari kamu pernah mendengar jenis olahraga ini bukan? Begitu pula dengan underwater hokey yang sudah pernah dibahas secara umum.

Tapi, mari coba putar sedikit angle dari olahraga air menjadi aktivitas air. Tentunya, masih ada beberapa yang masih belum terlalu sering diperbincangkan. Nah, ini dia 5 jenis aktivitas unik itu.

1. Memotong rambut dalam air

memotong-rambutVia Elle

Percaya atau nggak, memotong rambut nggak hanya bisa dilakukan di “daratan” saja lho. Beberapa orang sudah mulai mencoba untuk merias dan mencukur rambut di dalam air. Aktivitas ini pertama kali ditenarkan oleh David Rae, seorang penata rambut terkenal yang sering menata rambut para selebriti.

David Rae berhasil memenangkan rekor dunia Guinness dengan memotong rambut 27 orang hanya dalam 1 jam. Gilanya, ia melakukannya di dalam air dengan perlengkapan layaknya seorang scuba diver. Karena kehebohan ini, perias rambut terkenal yang bernama Dennis Yushin juga ikut bersaing dan melakukan hal serupa.

Potongan rambut yang dilakukan di dalam air nggak memberikan efek lebih terhadap hasil potongan, mungkin hal ini hanya dilakukan untuk iseng-iseng dan menarik perhatian banyak orang. Karena mempunyai efek yang sama ketika dilakukan di atas air, mungkin kamu bisa ikutan mencobanya.

2. Mengukir labu dalam airmengukir-labu

Via UnderwaterPhotoClasses

Di beberapa kota di Amerika Serikat seperti Florida, South Carolina, dan Pennsylvania, ada satu kegiatan yang dilakukan di beberapa tempat saja dan kegiatan tersebut adalah lomba mengukir labu di dalam air. Kegiatan ini hanya dilangsungkan ketika sudah mendekati perayaan Halloween.

Karena membutuhkan waktu yang relatif lama, kegiatan mengukir labu di dalam air ini awalnya hanya ditujukan untuk para penyelam saja. Waktu yang dibutuhkan secara rata-rata untuk mengukir adalah 2 jam, bayangkan saja selama 2 jam kamu harus tetap berada di dalam air dan fokus mengukir.

Peserta lomba ini diharuskan untuk menggunakan perlengkapan menyelam yang lengkap dan memadai seperti kacamata renang yang bisa menyelamatkan kamu dari mara bahaya pisau ukir. Walaupun terlihat mudah, mengukir labu di dalam air sangat sulit mengingat berat labu yang harus disesuaikan dengan tekanan air. Halloween sudah lewat, namun kamu bisa mencobanya tahun depan!

 3. Menonton festival musik dalam air

festival-musik

Via Christine Carr

Lower Key Underwater Music Festival adalah penggalang konser musik dalam air di Florida yang bertujuan untuk mempromosikan perlindungan batu karang. Acara ini sudah dilangsungkan selama 31 tahun dan menarik perhatian sekitar 500 orang penyelam.

Para pemusik pun umumnya adalah penyelam handal, dimana para penonton bisa berupa siapa saja. Mereka diharuskan untuk memakai kostum unik seperti sirip ikan, buntut ikan duyung, atau kostum lain yang bertema laut.

Alat musik yang dimodifikasi dengan tema laut pun nggak terlihat seperti alat musik pada umumnya. Contohnya, para pemusik menggunakan gitar eletrik yang mempunyai bentuk menyerupai kerangka ikan.

Memangnya bisa mendengar musik di dalam air? Jangan salah! Di dalam air justru musik terdengar lebih “menggaung” akibat getaran yang memancar lewat air, getaran ini menghasilkan bunyi harmoni. Lebih gilanya, jenis musik yang dimainkan juga bervariasi dari jazz sampai ke rock.


BACA JUGA 5 Tempat Rafting Ekstreme di Indonesia yang Wajib Kamu Coba!


4. Makan malam mewah dalam air

makan-malam-dalam-airVia Oddee

Yak, aktivitas dalam air pun nggak berakhir dengan festival musik saja. Masih ada kegiatan makan malam mewah (fine dining) di dalam air. Jangan salah dulu! Makan malam mewah ini nggak hanya sekedar makan malam “tertutup” di restoran bertemakan laut, tapi tamu benar-benar berenang dan menyelam untuk makan.

Karena judulnya adalah makan malam mewah, tamu pun harus mengenakan pakaian formal yang dilengkapi dengan tabung oksigen khusus. Menu makanan yang disajikan pun juga mewah seperti kaviat salmon, toffee, dan jenis makanan mewah pada umumnya. Makanan ini dibuat dengan menggunakan sedikit agar-agar supaya nggak mengalami disintegrasi karena terkena air.

Yang pertama kali melakukan acara ini adalah presenter TV Adrian Chiles yang mengundang 500 orang untuk makan malam di dalam air. Kejadian yang bertujuan untuk menyumbangkan dana kepada anak-anak kelaparan dan penderita kanker payudara ini berhasil masuk ke rekor dunia Guinness.

5. Menari dalam air

menari-dalam-airVia Abcnews

Bagi kamu yang hobi menari, mungkin kamu bisa mencoba cara baru untuk membuat aktivitas kamu lebih seru lagi. Menari ternyata bisa dilakukan di dalam air juga, pada tahun 2006 lalu ada 74 penyelam profesional yang menari bersama di dalam air.

Nggak hanya itu saja, ada juga kegiatan menari yang dilakukan di Yunani dan hebatnya orang yang memiliki keterbatasan fisik pun bisa menari di dalam air dengan luwes.

Menari di dalam air mungkin terdengar mudah dan sederhana, tapi perlu kamu ingat kalau kebanyakan penari mengenakan kostum dan peralatan menyelam yang lengkap dan juga berat.

Mungkin kalau kamu percaya diri dengan kemampuan kamu untuk menahan napas, kamu bisa menyelam tanpa menggunakan tabung oksigen.

Biasanya yang nggak menggunakan tabung oksigen ini adalah pole dancer atau penari tango, karena tarian ini membutuhkan kecepatan dan keluwesan yang lebih. Yuk, para pecinta seni tari jangan mau ketinggalan!

Kebanyakan dari kegiatan aneh dan unik ini mempunyai tujuan mulia untuk menyumbangkan sejumlah dana. Tapi semoga kegiatan dalam air ini bisa menginspirasi kamu untuk melakukan hal-hal yang nggak terduga.

Kalau kamu tertarik untuk mencoba melakukan hal unik di dalam air, pastikan kamu memiliki perlengkapan yang lengkap supaya kamu tetap aman. Kamu bisa melihat beberapa perlengkapan menyelam melalui Blibli.com!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY