Mencegah lebih baik daripada mengobati. Rasanya semua orang setuju dengan pepatah tersebut. Apalagi sekarang berbagai penyakit serius yang umumnya hanya diderita orang lanjut usia, sudah banyak diderita orang muda. Dulu sangat jarang orang di bawah 40 tahun terkena penyakit jantung. Sekarang? Bukan hal aneh orang di bawah 40 tahun terkena penyakit jantung.

Salah satu cara untuk mengetahui potensi penyakit apa saja yang mungkin terjadi padamu adalah dengan melakukan medical check up. Melalui medical chek up, kamu bisa mendeteksi bermacam risiko penyakit serius seperti jantung, stroke, diabetes, dan penyakit lainnya. Lewat tes paling sederhana misalnya pengecekan tekanan darah, dokter bisa mengetahui apakah ada risiko penyakit berat seperti jantung dan stroke.

Meskipun kebanyakan orang sudah paham mengenai pentingnya medical check up, tapi tak semua orang mau melakukannya. Alasannya bermacam-macam, mulai dari biaya yang mahal hingga malas mondar-mandir ke rumah sakit yang terkadang menghabiskan waktu cukup panjang.

Bila kamu malas melakukan medical check up ke rumah sakit karena tidak mau terjebak kemacetan atau tidak mau antre saat pemeriksaan, lakukan saja medical chek up sendiri di rumah. Bisa kok. Kamu bisa melakukan medical check up sendiri dengan alat-alat berikut ini.

Tensimeter digitalTensimeter Digital

Via bloodpressuremonitorreviews.org

Β Salah satu alat penting untuk mengecek kesehatan adalah tensimeter atau alat pengukur tekanan darah. Untuk pengecekan di rumah, gunakan tensimeter digital seperti ini yang mudah digunakan. Bila dalam pengecekan tekanan darahmu ada di sekitar angka 120/80, berarti kesehatanmu baik. Tapi bila sudah mencapai 140/90, kamu harus segera periksa ke dokter. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Alat tes asam urat Alat tes asam urat

Alat lain yang perlu kamu miliki adalah alat tes asam urat. Sekarang ini ada alat tes digital yang mudah dipakai seperti ini. Lakukan pengecekan kadar asam uratmu secara berkala. Untuk wanita, angka normal asam urat adalah 2,4-6 miligram per desiliter (mg/dL). Untuk laki-laki angkanya adalah 3,4-7 mg/dL. Kadar asam urat di atas angka normal bisa menyebabkan nyeri di persendian hingga tidak bisa berjalan.

BACA JUGA SUKA NGEMIL CRANBERRY? TENGOK DULU MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

Alat tes gula darahAlat tes gula darah

Salah satu penyakit yang ditakuti saat ini adalah diabetes. Untuk mengontrol kadar gula darah, kamu bisa melakukan pengetesan dengan alat khusus. Dalam kondisi normal, kadar gula dalam darah sebelum makan adalah 70-130 mg/dL. Tes kadar gula darahmu dengan alat seperti ini. Kamu bisa membelinya di Blibli.com dan dapatkan berbagai manfaat seperti fasilitas cicilan 0%.

Alat tes kolesterolAlat tes kolesterol

Β Kolesterol tinggi bisa membawa dampak buruk bagi tubuh, yaitu meningkatnya risiko serangan jantung dan stroke. Kamu sebaiknya mengontrol kadar kolesterol dalam darah secara rutin. Sekarang ini sudah ada alat pengukur kolesterol instan yang bisa kamu gunakan di rumah. Tak perlu ke dokter, kamu bisa mengetahui kadar kolesterolmu dalam waktu singkat.

Dengan rutin melakukan medical check up sederhana di rumah, mudah-mudahan Friends bisa selalu jaga kondisi tubuh ya. Biar sehat, lakukan juga olahraga ringan rutin setiap hari dan lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY