4 Mikrofon Recommended Biar Video Kamu Makin Top

Photo via pexels.com

Udah tau kan kalo audio jadi aspek penting waktu produksi video? Makanya perlu banget buat make audio input yang bagus. Kalo cuma ngandelin mikrofon bawaan kamera, pasti bakal repot. Jangan sampe ngambil gambar udah cakep, tapi audionya ancur. Ujung-ujungnya, yang nonton video garapan kamu bakal males. Visualnya bagus tapi audionya zonk! Makanya saya mau kasih tau jenis mikrofon apa aja biar konten yang kamu bikin makin asik ditonton!

Rekomendasi Mikrofon Berdasarkan Jenis Konten

Shotgun Mic

Saramonic SR TM7 Supercardioid Broadcast XLR Shotgun Condenser Microphone
Saramonic SR TM7 Supercardioid Broadcast XLR Shotgun Condenser Microphone

Mikrofon yang pertama saya rekomendasiin adalah shotgun mic. Kayak namanya, bentuk dan kegunaannya hampir mirip sama senapan atau shotgun. Mikrofon ini paling cocok buat ngerekam di dalem ataupun di luar ruangan. Soalnya, mikrofon ini sanggup buat nangkep langsung suara targetnya, bikin produksi suara jadi lebih berkualitas dan stabil. Keunggulan lain dari mikrofon ini juga ada di bentuk sama ukuran yang compact. Udah gitu bisa dijadiin eksternal mik yang bisa disambungin langsung ke kamera DSLR. Dijamin, audio yang ditangkep sama mikrofon ini bisa ngimbangin kualitas video kamu yang kece. 

Clip-On Mikrofon

Rode Lavalier Go Microphone
Rode Lavalier Go Microphone

Kalo konten yang biasa dibikin formatnya review, wawancara atau ngeharusin kamu buat aktif ke sana kemari, mikrofon jenis clip-on begini bakal jadi solusi yang pas buat nangkep suara. Kenapa begitu? Soalnya, tangan nggak perlu repot-repot buat pegang mic. Tinggal dijepit atau tempel di kerah baju, pakaian, atau dasi yang lagi dipake.

Biar suara yang ditangkep makin bening, cukup pastiin jarak mikrofon gak terlalu jauh dari sumber suara. Walaupun ukurannya cukup kecil, tapi mikrofon ini gak kalah kualitasnya sama jenis yang lain.

Mikrofon Condenser

Rode NT1 Kit
Rode NT1 Kit

Nah, buat yang suka bikin konten podcast atau cover lagu sambil nyanyi-nyanyi, saya rekomendasiin pilih mikrofon condenser. Mikrofon jenis ini lebih sensitif buat nangkep suara yang rentang suaranya lebih lebar. Makanya, mikrofon condenser ini harganya lebih tinggi dibandingin mikrofon yang lain.

VideoMic Mikrofon

Rode VideoMic Rycote Microphone
Rode VideoMic Rycote Microphone

Nah kalau mic yang satu ini bentuknya hampir mirip sama shotgun, tapi ukurannya lebih mini. Jadi, praktis banget kalo dibawa kemana mana, apalagi kalau suka syuting di luar. Nggak cuma itu aja, kamu juga bisa ngedapetin kualitas yang mumpuni karena ada two step high pass filter 80Hz, jadi suara-suara low end yang bikin noise dan ganggu auto ilang kalo pake mikrofon ini. Cocok buat yang suka bikin konten live music atau motorsport.

Jadi, buat hasilin video yang audionya berkualitas, pastiin kalo mikrofon yang dipake sesuai sama jenis konten yang dibikin. Dijamin yang nonton video kamu bakal lebih betah. Nah, mumpung lagi ada promo buat mikrofon-mikrofon canggih di atas, mending langsung sikat deh. Blibli ngedukung banget biar kamu jadi konten kreator yang top markotop. Yuk mampir ke Blibli buat dapetin diskon up to 20%.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY