Nama permain 3 on 3 dalam bola basket memang tidak terlalu asing dikalangan masyarakat Indonesia terutama bagi kamu yang punya hobi basket. 3 on 3 atau yang sering disebut sebagai street basketball ini adalah jenis pertandingan basket di mana hanya ada empat pemain yang terlibat dalam masing-masing tim.

Tiga pemain berada di lapangan, sedangkan satu pemain berperan sebagai pemain cadangan yang akan menggantikan salah satu pemain yang akan beristirahat nantinya.

Banyak menilai jenis basket berbeda dengan jenis basket konvensional. Apa saja yang menarik dari permainan ini.

1. Waktu Lebih Pendek, Jadi Kamu Tidak Capek

lebih-pendek

Main basket konvensional hampir membutuhkan waktu dua jam lebih untuk bermain. Lantaran ditiap pertandingan dibagi empat quarter dimana satu quarternya hampir 20 menit ditambah waktu istirahat plus waktu kotornya.

Waktu pertandingan 3 on 3 hanya terbagi menjadi tiga babak. Babak pertama adalah babak penyisihan yang berlangsung selama 10 menit. Babak ke-dua adalah babak semifinal yang berlangsung selama 10 menit juga. Kemudian, babak terakhir atau final ditentukan saat bola mati atau saat melakukan free throw.

2. Luas Lapanganluas-lapangan

Pertandingan bola basket biasa selalu menggunakan satu lapangan penuh agar para pemain bisa bergerak leluasa dalam memperebutkan bola. Namun dalam 3 on 3, area lapangan yang dipakai untuk melakukan pertandingan hanya setengah dari lapangan bola basket yang semestinya. Jadinya kamu tidak terlau ngap-ngapan saat bermain basket jenis ini.


BACA JUGA 5 Alasan Kamu Harus Ajarkan Anak Bermain Basket Sejak Dini


3. Awal Bermainawal-bermain

Yang menarik dari jenis basket ini adalah ditentukan oleh koin dimana tim yang sisi koinnya terpilih saat itu, maka berhak untuk mengambil alih permainan lebih dahulu. Hal ini berbeda dengan basket konvensional yang menerapkan jump ball dalam kick offnya.

4. Freestyle diperbolehkanfreestyle

Salah satu keunggulan 3on3 basket tidak terlalu patok terhadap peraturan basket konvensional seperti double tidak terlalu diperhatikan. Makanya dalam streetball atau 3 on 3 basket beberapa gaya freestyle diperbolehkan untuk mengandung unsur hiburan didalam olahraga ini. Selain itu disini lebih Banyak Nge Dunknya mengingat sisi entertainment lebih ditonjolkan.

Apakah kamu tertarik untuk melakukan gerakan 3 on 3 dalam basket Friends? Kalau iya, kamu harus sering melakukan latihan ya. Dan jangan lupa gunakan perlengkapan basket yang nyaman agar kamu merasa aman saat berlatih. Semangat Friends!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY