4 Kegiatan Seru Bersama si Kecil untuk Menunggu Waktu Berbuka Puasa

Setelah seharian berpuasa, si Kecil tentu tidak sabar menunggu waktu berbuka. Mungkin biasanya Bubu bisa mengalihkan perhatian si Kecil dengan membiarkannya main bersama teman-teman di luar rumah. Tetapi karena saat ini kita masih dihimbau untuk di rumah saja, kira-kira kegiatan apa ya yang bisa dilakukan bersama si Kecil untuk menunggu waktu berbuka? Nah, untuk mengisi waktu menunggu bedug magrib, berikut adalah berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama si Kecil selama menunggu waktu berbuka.

  • Mengajak Ibadah Bersama

Bulan Ramadan memang waktu yang tepat untuk memperbanyak ibadah. Untuk si Kecil yang mungkin baru belajar, bulan Ramadan bisa menjadi waktu yang tepat untuk membiasakan diri dengan berbagai kegiatan ibadah. Jika si Kecil sudah mulai belajar huruf Hijaiyah, gunakan waktu sebelum berbuka untuk belajar mengaji. Untuk si Kecil yang sudah terbiasa menghafal surat-surat pendek dalam Al-Quran, waktu menunggu berbuka bisa digunakan untuk menambah hafalan juga lho, Bubu.

  • Membacakan Dongeng Untuk Si Kecil

Membacakan dongeng bisa menjadi alternatif kegiatan menunggu waktu berbuka bersama si Kecil. Selain bersifat rekreasional atau hiburan, cerita dongeng dapat merangsang daya imajinasi si Kecil. Bubu juga dapat mengajarkan berbagai nilai baik kepada si Kecil lewat kisah-kisah tersebut. Selain kisah-kisah dari buku dongeng anak, Bubu dapat membacakan dongeng yang rutin dibagikan di Instagram Sahabat Ibu Pintar.

  • Menyiapkan Sajian Berbuka

Menjelang waktu berbuka, tentu Bubu akan disibukkan dengan kegiatan menyiapkan sajian berbuka. Jika biasanya kita lebih sering membeli makanan di luar, tidak ada salahnya kali ini memasak sendiri untuk menjamin kebersihan dan kandungan gizi menu berbuka keluarga. Nah, agar si Kecil tidak bosan menunggu waktu berbuka, sesekali ajak si Kecil untuk ikut menyiapkan sajian berbuka. Berikan tugas-tugas sederhana yang aman dan mudah dilakukan seperti mengaduk tepung untuk membuat bakwan, memasukkan adonan kue ke dalam cetakan, dan berbagai tugas lainnya. Mungkin dapur akan sedikit lebih berantakan dan waktu memasak jadi sedikit lebih lama, namun waktu yang dihabiskan bersama Bubu tentu akan sangat berkesan untuk si Kecil.

  • Olahraga Ringan Bersama si Kecil

Berpuasa bukan alasan untuk tidak berolahraga. Waktu sore hari atau beberapa jam sebelum buka dianggap beberapa orang sebagai waktu ideal berolahraga, karena jika merasa haus maka tidak perlu menunggu lama untuk berbuka. Jangan lupa ajak juga si Kecil untuk berolahraga di rumah. Tidak perlu terlalu serius, bisa dengan gerakan peregangan atau menari dengan lagu kesukaannya. Jika si Kecil sudah bisa mulai diajak mengikuti gerakan yang lebih serius, bisa Bubu ajak untuk melakukan gerakan senam atau Yoga sederhana.

Itu tadi beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama si Kecil saat ngabuburit di rumah saja. Apakah Bubu punya ide lain yang tidak kalah seru dan bermanfaat? Apapun kegiatannya, selama bermanfaat dan baik untuk perkembangan karakter anak tentu boleh kita coba. Semoga kita dan si Kecil bisa menjalani bulan Ramadan ini dengan baik, ya.

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY