4 Cara Biar Anak Tambah Mantep Ngembangin Hobinya di Masa PSBB

Photo via pexels.com

Lagi masa PSBB gini, ngurusin anak jadi salah satu PR buat orang tua. Apalagi buat pasangan yang dua-duanya ngantor. WFH yang harusnya lebih enjoyable malah kadang-kadang jadi lebih berat daripada kerja di kantor. Aku aja terus terang suka ngerasa beban, ngerjain urusan kantor sambil megang 2 anak di rumah.

Selesai sekolah online, mereka kaya bingung gitu mau ngapain. Kalo ditinggalin berdua aja, pasti berantem melulu. Kalo ditungguin terus-terusan, kerjaan kantor gak kelar-kelar. Jadi dilema dong. Di sisi lain, aku ngerasa kasian juga sama anak-anak, soalnya mereka juga pasti bosen kan di rumah doang. Tapi aku ga berani ngijinin mereka main di luar.

Akhirnya aku cari-cari referensi kegiatan buat anak. Tapi gak mau juga yang asal-asalan. Kalo bisa kegiatannya yang berfaedah buat tumbuh kembang mereka. Akhirnya aku dapet 4 ide kegiatan yang menurutku oke banget buat ngisi waktu luang anak-anak. Jadi, aku mau sharing temuan aku buat para parents yang mungkin ngerasain hal yang sama.

1. Belajar Ngoding

Photo via pexels.com

Buat seumuran anak SD, ini bisa banget dicoba. Awalnya aku ragu sih, soalnya masa iya anak bocah bisa ngoding? Aku aja yang jadi mamanya bisa dibilang gaptek. Tapi berhubung si abang hobi banget main game, aku iseng nanya “bang, daripada main game, mending kamu bikin sendiri”. Surprisingly, dia ternyata punya imajinasi yang ga kita punya. Akhirnya aku masukin aja dia ke kursus ngoding untuk anak dari Kode Kiddo. Kali aja nanti gedenya dia jadi pemilik startup gede kaya di film drakor.

Kodekiddo Coding Online SD Green Package E Ticket
Kodekiddo Coding Online SD Green Package E Ticket

2. Belajar Bikin Komik

Photo via pixabay.com

Selain main game, si abang juga hobi banget baca manga alias komik Jepang gitu. Ini kejadiannya mirip sama yang di atas. Dia juga ternyata punya imajinasi sendiri tentang karakter komik yang dia baca. Jadinya aku masukin dia ke kelas lukis manga dari Ohayo. Alhamdulillahnya, sekarang si abang udah bisa mulai sibuk sendiri. Selesai sekolah online, dia kalo gak ngoding ya gambar karakter-karakter komik favorit dia.

Ohayo Drawing School Kelas Lukis Manga E Voucher
Ohayo Drawing School Kelas Lukis Manga E Voucher

3. Belajar Baca-Tulis

Photo via pixabay.com

Nah, kalo yang ini aku kasih buat si adek tentunya. Dia sih udah bisa dan hafal alfabet dari umur 3 taun. Tapi sampe sekarang, disuruh ngeja gak pernah mau. Yaudah deh aku masukin dia ke kelas baca tulis dari Mopi. Karena masih baru banget masuk, aku belum bisa kasih tau hasilnya gimana. Nanti aku share lagi kalo udah ada perkembangannya ya. Hehehe.

Mopi Baca Tulis Kelas Mopi Baca Tulis E Voucher
Mopi Baca Tulis Kelas Mopi Baca Tulis E Voucher

4. Belajar Gambar

Photo via pixabay.com

Kalo dari beberapa artikel yang pernah kubaca, selain baca tulis, ngegambar juga bagus buat ngelatih otak anak. Jadi sekalian, si adek aku masukin ke kelas gambar pake crayon dari Ohayo. Kalo yang ini sih alhamdulillah banget, si adek sekarang kalo make crayon narohnya udah bener, di atas kertas. Tadinya malah di tembok kamar. Dan yang dia gambar bentuknya udah jelas, bukan benang kusut lagi.

Ohayo Drawing School Kelas Lukis Crayon E Voucher
Ohayo Drawing School Kelas Lukis Crayon E Voucher

Kelas-kelas di atas tuh formatnya bisa online & offline. Tinggal cocokin aja mana yang mau dipilih. Kalo secara harga, menurutku sih ini worth it banget ya. Ditambah lagi, banyak banget bonus kelas-kelas lainnya gitu. Nah, kalo budget lagi pas-pasan, Blibli.com bisa fasilitasin pake cicilan 0%. Lumayan banget kan?

Kalo mau cari kursus untuk anak-anak yang lain, bisa mampir ke sini.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY