34 Pakaian Tradisional dari Berbagai Provinsi Indonesia

pakaian tradisional
Image Source: rioeuteamo.net

Indonesia tercinta emang Bhinneka Tunggal Ika banget, ya, Blibli Friends? Walaupun berbeda-beda, tapi tetap satu jua. Dan demikian juga dengan pakaian tradisional dari berbagai provinsi Indonesia, yang meski ada banyak ragamnya, namun kamu semua tetap satu.

Baca juga: Minuman Tradisional Indonesia yang Menyegarkan dan Menyehatkan

_________________________________________

Baju adat merupakan bentuk dari kekayaan budaya bangsa. So, nggak ada salahnya kamu mengenal 34 pakaian tradisional setiap provinsi di Indonesia sebagai wujud dari cinta kamu pada Tanah Air. Yuk, intip daftar baju adat Indonesia yang menyimpan pesan dan kepercayaan masing-masing masyarakatnya:

34 Pakaian Tradisional dari berbagai Provinsi

  1. Ulee Balang – Aceh

pakaian tradisional
Image Source: goodnewsfromindonesia

Prianya memakai Peukayan Linto Baro, yakni atasan lengan panjang Meukasah dari sutera, bawahan kain tenun hitam Sileuweu dan nggak lupa Meukeutop penutup kepala serta Rencong-nya. Wanitanya pakai Baju Kurung dan Celana Cekak Musang yang diadaptasi dari budaya Melayu, Cina dan Arab.

  1. Ulos – Sumatera Utara

Image Source: adatindonesia.org

Nah, kalau kain Ulos adalah kain tenun berbahan sutera yang dibuat dengan alat tradisional. Kain ini dipakai sebagai selempang pada baju pria, dipadukan jas dan sarung kain Ulos. Demikian juga pada baju wanita, kain Ulos dipasangkan dengan kebaya dengan warna cerah.

  1. Bundo Kanduang, Limpapeh Rumah Nan Gadang – Sumatera Barat

pakaian tradisional
Image Source: yuksinau.id

Terlihat tertutup banget, pakaian adat Suku Minangkabau pria berupa celana kolor panjang dengan Baju Gunting Cina atau Teluk Belanga dan peci atau penutup kepala. Dan yang wanita memakai kain sarung serta kebaya panjang dengan kain yang dililitkan sebagai penutup kepala, guys.

  1. Teluk Belanga dan Kebaya Laboh – Kepulauan Riau

Image Source: cerdika.com

Dalam budaya di Provinsi Kepulauan Riau, pakaian adat mereka disebut Teluk Belanga yang dikenakan si pria. Sementara baju tradisional yang dipakai wanita namanya Kebaya Laboh. Sama tertutupnya dengan baju adat Provinsi Sumatera lainnya, ya?

  1. Kebaya Laboh dan Baju Kurung Cekak Musang – Riau

Image Source: great riau

Hampir serupa dengan baju adat dari Kepulauan Riau. Pria di sini memakai baju adat Melayu yang terdiri dari Baju Kurung Cekak Musang dari satin atau sutera dan dipadukan sarung dan kopyah. Lalu wanitanya memakai Kebaya Laboh.

  1. Baju Kurung Tanggung – Jambi

pakaian tradisional
Image Source: tambahpinter.com

Baik untuk pria atau pun wanita di Provinsi Jambi sama-sama mengenakan baju adat Melayu Jambi, yakni setelan kain beludru. Bedanya pada pakaian tradisional wanita didesain tanpa lengan, sementara prianya berbalut baju kurung tanggung dengan bahan kain yang sama.

  1. Rejang Lenong – Bengkulu

pakaian tradisional
Image Source: greatnesia.org

Identik dengan kain Lecap benang yang jadi khasnya Jambi, inilah baju adat Melayu berwarna merah dari Provinsi Bengkulu, Blibli Friends. Pria dan wanitanya sama-sama menggunakan penutup kepala dan hiasan pada kepala. Terlihat anggun dan Melayu banget.

  1. Aesan Gede – Sumatera Selatan

pakaian tradisional
Image Source: pariwisataindonesia.id

Aesan Gede adalah baju adat khas Provinsi Sumatera Selatan yang sarat akan berbagai aksesoris. Biasanya pakaian adat mereka berwarna cerah, misalnya emas, merah atau terkadang juga warna kejinggaan. Kalau yang pria pakai penutup kepala, yang wanita memanggul siger di kepalanya.

  1. Paksian – Bangka Belitung

Image Source: infogtk.com

Ungu dan merah adalah dua warna pilihan dalam pakaian adat Provinsi Bangka Belitung, Blibli Friends. Jika yang wanita mengenakan baju kurung dari bahan belurdu atau sutera ditambah mahkota Paksian, yang pria memakai Sorban Sungkon.

  1. Tulang Bawang – Lampung

Setelan putih biasanya mendominasi baju adat dari Lampung. Dan yang pasti nggak boleh ketinggalan lilitan kain Tapis khas Provinsi Lampung serta penutup kepala pada pakaian tradisional pria, lalu untuk wanitanya ada siger dilengkapi berbagai macam perhiasan warna emas.

  1. Pangsi – Banten

Image Source: kompas.com

Bagi mereka yang berasal dari Banten, pakaian adatnya terbilang simple, namun tetap mencerminkan ciri khas Nusantara. Pangsi adalah setelan jas pria dan kebaya putih terang untuk wanita yang keduanya sama-sama dipasangkan bawahan batik. Dan wajib blankon untuk pria serta mahkota untuk wanitanya.

  1. Bedahan – Jawa Barat

pakaian tradisional
Image Source: seringjalan.com

Kebaya Sunda dalam baju tradisional Provinsi Jawa Barat biasanya dibuat dari kain dengan warna-warna terang, seperti putih cerah, merah maroon, ungu dan lainnya. Sementara pada pakaian adat pria, ada jas yang terbuat dari beludru dan disulam dengan benang emas. Tertarik pakai baju adat ini untuk nikahan?

  1. Sadariah – DKI Jakarta

Image Source: sintesakonveksi.com

Kebaya Encim dengan warna terang jadi ciri khas baju adat Betawi wanita. Biasanya ditambahkan kain batik sebagai bawahan dengan cara dililitkan pada bagian pinggang. Sedangkan pada baju tradisionalnya pria, batik dililitkan di pinggang dan dipadukan setelan hitam.

  1. Kebaya – Jawa Tengah

Image Source: blogkulo.com

Ada kebaya yang didominasi warna coklat untuk wanita dan setelan hitam untuk pria. Inilah baju adat khas Jawa Tengah yang nggak kalah anggun, guys. Sebagai pelengkapnya ditambahkan aksesoris berupa batik, jarik, surjan dan nggak ketinggalan kerisnya, dong.

  1. Kebaya Kesatrian – DI Yogyakarta

Image Source: yuksinau.id

Yogyakarta punya dua versi pakaian tradisional, guys. Pertama terdiri dari kain batik yang dililitkan ke tubuh sampai dada. Lalu ada juga versi baju adat tertutup, yakni Kebaya Kesatrian yang melambangkan keanggunan dan juga keberanian, yakni kain beludru hitam panjang dengan sulaman benang emas.

  1. Pesa’an – Jawa Timur

Image Source: blog budaya Indonesia

Sederhana dan ringan dipakai, adalah dua kata yang pas untuk menggambarkan baju tradisional dari Provinsi Jawa Timuran. Untuk pria memakai kaos merah putih, sementara wanitanya mengenakan kebaya merah dengan kain putih. Indonesia banget, ya, blibli Friends?

  1. Payas Agung – Bali

Image Source: weddingku.com

Payas Agung adalah baju tradisional Provinsi Bali yang nggak kalah cantik. Dengan jas lengan pendek yang biasanya berwarna netral, seperti putih, krem atau cokelat untuk pria. Dan kebaya warna cerah dipadukan lilitan kain di pinggang untuk wanita. Terlihat manis dan memesona.

  1. Rimpu – Nusa Tenggara Barat

Image Source: Islampos.com

Baju adatnya Suku Sasak di Provinsi Nusa Tenggara Barat juga terlihat anggun. Pakaian adat mereka dibuat dari bahan kain sutera dan satin dengan karakteristik lembut. Dan nggak ketinggalan tambahan kain tenun khas mereka. Cakep banget!

  1. Baju Adat Nusa Tenggara Timur – Nusa Tenggara Timur

Image Source: guratgarut.com

Mari bergeser ke Nusa Tenggara Timur dengan pakaian adat yang bercirikan kain tenun buatan tangan penduduk lokal. Motifnya yang unik dan khas dipadukan atasan berwarna hitam serta putih, ditambah topi Tilangga, baju adat Nusa Tenggara Timur terkesan simple, namun anggun.

  1. King Baba / King Bibinge – Kalimantan Barat

Image Source: borneo24.com.com

Bentuknya mirip rompi dengan kain yang terbuat dari kulit kayu kapuo berhiaskan manik-manik cantik warna merah dan jingga, inilah King Baba, pakaian adat pria Kalimantan Barat. Kalau wanitanya pakai King Bibinge yang dibuat dari bahan seperti King Baba, dipakai hingga dada dan pundak.

  1. Sangkarut – Kalimantan Tengah

pakaian tradisional
Image Source: borneo24.com.com

Kalimantan Tengah punya pakaian tradisional yang disebut Sangkarut atau Upak Nyamu. Baju adat ini dibuat dari kulit kayu nyamu. Untuk pakaian wanitanya, ada tambahan hiasan manik-manik cantik yang berwarna merah, kuning dan putih. Sederhana, tapi nggak kalah elok.

  1. Kustin – Kalimantan Timur

Image Source: selasar.com.com

Tampilan pakaian tradisional dari Provinsi Kalimantan Timur, yakni Kustin, nggak jauh beda dengan baju adatnya Provinsi Kalimantan Tengah, Upak Nyamu. Keduanya sama-sama dibuat dari bahan kulit kayu yang berhiaskan manik-manik aneka warna, Blibli Friends.

  1. Ta’a dan Sapei Sapaq – Kalimantan Utara

Image Source: seringjalan.com

Corak dan motif dari pakaian adat masyarakat Provinsi Kalimantan Utara ini terlihat penuh warna, karena emang mereka menggunakan ragam dan variasi warna yang cerah. Sama-sama terbuat dari bahan kulit kayu untuk bajunya, mereka mengenakan mahkota dari bulu-bulu unggas.

  1. Babaju Kun Galung Pacinan – Kalimantan Selatan

Image Source: borneo24.com.com

Kain Sasirangan yang merupakan kain khas Kalimantan Selatan dililitkan sebagai bawahan pada baju adat pria. Bagian dadanya dihiasi kalung bunga serta memakai aksesoris keris. Sedangkan wanitanya mengenakan kain hingga dada seperti gaun.

  1. Pattuqduq Towaine – Sulawesi Barat

Image Source: tambahpintercom

Suku Mandar punya baju adat yang terdiri dari jas untuk pria dan baju lengan pendek berwarna hijau, putih, ungu atau merah, untuk wanita. Bagian bawahnya mereka menggunakan kain tenun senada yang dililitkan.

  1. Laku Tepu – Sulawesi Utara

Image Source: adatindonesia.org

Pernah nggak kamu membayangkan pakaian yang terbuat dari serat pisang? Laku Tepu adalah baju adat dari Provinsi Sulawesi Utara dari pintalan serat pisang, lho, guys. Memiliki warna dasar kuning, merah serta hijau, prianya mengenakan penutup kepala berbentuk seperti kerucut.

  1. Nggembe – Sulawesi Tengah

tradisional
Image Source: celebes.co

Menggunakan bahan kain yang lembut dan dibentuk menjadi atasan lengan panjang, dengan hiasan yang berupa bordiran bentuk bunga dan manik-manik yang beraneka warna pada bagian dada, menjadi ciri khas dari baju adat Provinsi Sulawesi Tengah, Nggembe.

  1. Bodo – Sulawesi Selatan

pakaian tradisional
Image Source: pariwisataindonesia.id

Organza adalah bahan kain yang digunakan untuk membuat Baju Bodo dari Provinsi Sulawesi Selatan. Cutting-nya terbilang sederhana, namun dengan warna cerah mencolok dan dipadukan dengan aksesoris berupa kalung serta hiasan kepala, membuat pakaian ini terlihat elegan.

  1. Tolaki – Sulawesi Tenggara

Image Source: pinterest

Warna merah dan emas dengan baju atasan yang terbuat dari bahan sutera atau kain beludru menjadi ciri dari pakaian tradisional masyarakat Sulawesi Tenggara, Tolaki. Bagian bawahnya mereka menggunakan kain tenun, guys.

  1. Biliu dan Makuta – Gorontalo

pakaian tradisional
Image Source: perpustakaan.id

Biliu dan Makuta adalah pasangan baju adat dari Gorontalo yang sama-sama tertutup. Biasanya dibuat dari kain lembut warna cerah, seperti merah, kuning, hingga atau hijau. Pada bagian dada terdapat aksen khas yang semakin mempercantik mahkota wanita dan penutup kepala pria.

  1. Cele – Maluku

Image Source: guratgarut.com

Dari Gorontalo, langsung pergi ke Maluku, yuk, Blibli Friends. Di sini ada pakaian adat bernama Cele yang memiliki motif garis-garis geometris. Biasanya dipakai bersama kain Salele ketika ada upacara adat atau acara tertentu. Warna Cele didominasi merah dan putih. Wah, seperti bendera Indonesia.

  1. Manteren Lamo dan Kimun Gia – Maluku Utara

Image Source: greatnesia.id

Nggak jauh dari Maluku, mampir dulu ke Provinsi Maluku Utara. Suku Tidore yang menempati wilayah ini punya pakaian tradisional yang dikenal mewah, guys. Bentuknya seperti rompi dengan warna merah dan hiasan sulaman dari benang emas yang menambah kesan glamor pada pakaiannya.

  1. Ewer – Papua Barat

Image Source: guratgarut.com

Ewer adalah pakaian khas Provinsi Papua Barat yang terkesan etnik banget, guys. Terbuat dari tumbuhan yang disusun menjadi rumbai, baju adat masyarakat Papua Barat semakin terlihat menarik berkat hiasan kepala warna coklat yang senada dengan Ewer.

  1. Koteka dan Rok Rumbai – Papua

pakaian tradisional
Image Source: beritapapua.id

Terakhir ada pakaian tradisional Papua yang terbuat dari kulit buah sejenis labu yang dikeringkan untuk menutup bagian privat pada pria. Sementara wanitanya memakai rok rumbai seperti yang dikenakan para wanita di Papua Barat, guys.

_________________________________________

Baca juga: Tren Kebaya 2021 Sederhana Tapi Gak Lepas dari Unsur Tradisional

Wah, dengan 34 pakaian tradisional yang tersebar di seluruh provinsi, Indonesia emang terbukti kaya budaya banget, ya? Nah, biar cintamu untuk Ibu Pertiwi nggak habis-habis, yuk, lengkapi berbagai kebutuhanmu dengan produk UMKM lokal yang bisa kamu dapetin di Blibli!

Dapatkan Produk UMKM Lokal Terbaik Hanya di Sini

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY