3 Fitur Lawas BBM yang Bikin Kangen Penggunanya

BlackBerry Messenger atau lebih dikenal dengan singkatan BBM adalah aplikasi chatting yang awalnya hadir eksklusif untuk pengguna smartphone BlackBerry. Nah, pada 2013, BBM akhirnya ekspansi dengan dirilis lintas platform pada perangkat Android dan iOS. Dengan demikian, pengguna lain di luar perangkat BlackBerry bisa menikmati aplikasi yang sempat hits sejak 2009 ini.

Pada awal perkembangannya, versi BBM disesuaikan dengan tipe BlackBerry, sebut saja tipe OTA OS 4.5 untuk tipe BlackBerry 83 dan 81, dan masih banyak lagi.

Sekadar napak tilas, pada 2009, Research In Motion atau RIM yang menjadi pemegang lisensi BlackBerry meluncurkan versi BBM terbaru, yaitu OTA OS 5.0 untuk berbagai tipe perangkat BlackBerry. Kemudian pada 2016, PT Elang Mahkota Teknologi, Tbk (Emtek) secara resmi membeli BBM dan terus menjalankan bisnisnya yang sudah malang melintang bertahun-tahun.

KLIK DI SINI UNTUK MEMBELI BLACKBERRY PRIV 32GB

Sayangnya, ketatnya persaingan aplikasi chatting di ekosistem perangkat seperti WhatsApp dan LINE, terpaksa meruntuhkan kejayaan BBM. Pada 31 Mei 2019 nanti BBM sendiri akan berhenti beroperasi. Hal tersebut diumumkan langsung dari pihak BBM sendiri.

Karena akan ditutup, kali ini Blibli.com akan menyuguhkan tiga fitur BBM yang sempat lengket pada penggunanya. Beberapa fitur ini bahkan diklaim hadir sebagai fitur khas BBM yang pertama kali hadir dan bahkan diadopsi aplikasi chatting lain sejenisnya. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini

1. Ping!

Kalau kamu sempat memakai smartphone BlackBerry, pasti sudah sering menggunakan fitur Ping! yang fungsinya untuk buzz teman atau sekadar iseng. Fungsi dari “Ping!” ini sebetulnya adalah untuk membuat orang agar cepat membalas pesan saat melakukan chatting.

INGIN PAKAI BLACKBERRY UNTUK NOSTALGIA? KAMU BISA CEK VARIAN AURORA BLACK 32GB DI SINI

Ping! bisa kamu akses di dalam halaman kirim pesan. Kamu dapat mengirimkan pesan Ping sebanyak mungkin ke teman . Ping! sendiri merupakan program utilitas untuk memeriksa induktivitas jaringan teknologi Internet Protocol atau IP.

Fitur tersebut digunakan untuk mengetahui apakah satu perangkat terhubung dengan perangkat lainnya dengan mengirimkan paket data, dan menunggu respon.

BLACKBERRY KEY2 BLACK 64GB BISA KAMU DAPATKAN DI SINI

Sekadar informasi, Ping! diciptakan pertama kali oleh Mike Muuss pada 1983. Fitur ini pun digunakan oleh BBM untuk mengetahui respons dari orang yang sedang dihubungi.

Broadcast Message

Fitur ini berfungsi untuk membagikan pesan yang sama ke banyak pengguna, seperti sebuah siaran. Saat menggunakan BBM dulu, fitur ini bisa sangat membantu karena berisi informasi menarik atau juga bisa berupa pesan yang mengganggu.

Berikut beberapa contoh pesan broadcast message yang dulu sempat berseliweran di kolom chatting pengguna. Beberapa kebanyakan merupakan prank atau malah ada yang cuma broadcast message untuk test contact.

Bentuk pesan tersebut adalah sebagai berikut:

  • “Broadcast ulang atau kamu terkena sial!”
  • “Kalau tidak broadcast ulang, akan didatangi setan”
  • “Minta Ping! BBM lemot nih”
  • Cerita kasih sayang ibu
  • “Test Contact”

Walaupun mengganggu, pesan ini memberikan kesan yang terus menempel, dan tentunya menjadi kenangan tersendiri bagi pengguna BBM.

Status BBM

Status BBM merupakan fitur yang sebetulnya juga sudah ada di aplikasi chatting lainnya. Namun, kamu wajib tahu status BBM menjadi fitur BBM yang paling dikenang dan memiliki banyak kesan bagi penggunanya.

Dengan fitur ini, pengguna bisa memberitahu teman mereka tidak bisa dihubungi karena sibuk atau satu lain hal. Tak sedikit juga pengguna yang menggunakan status BBM sebagai ajang curhat.

KLIK TAUTAN INI UNTUK MENGINTIP BLACKBERRY KEYONE BLACK 32GB

Nah, itu dia 3 fitur lawas BBM yang pasti meninggalkan kesan mendalam bagi penggunanya. Bagaimana, apakah Blibli Friendspunya pengalaman unik saat menggunakan BBM?

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY