Bagi yang sering bepergian ke dalam dan luar negeri, Google Maps merupakan aplikasi yang sangat berguna. Selama ada koneksi Internet, Anda nyaris mustahil tersesat saat menuju ke suatu lokasi.

Namun tidak semua lokasi menawarkan koneksi Internet yang baik atau paket data yang murah. Salah satu cara untuk berhemat termudah adalah mencari koneksi Wi-Fi gratis. Sayangnya, tidak semua tempat menyediakannya.

Nah, bagi yang ingin menggunakan fitur Google Maps tanpa koneksi Internet, berikut tiga tip memaksimalkan fitur Offline Google Maps yang baru diperkenalkan.

Secara singkat, fitur Offline ini memungkinkan Google Maps tetap digunakan tanpa koneksi internet. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan fitur Offline ketika berkunjung ke luar negeri:

Mengunduh peta yang Anda butuhkan

Ketika masih berada di rumah atau kantor, Anda dapat lebih dulu mengunduh peta dari kota/negara yang akan Anda kunjungi. Gunakan koneksi WiFi agar hemat kuota. Caranya mudah:

  1. Pilih icon ‘tiga garis horizontal’ yang ada di kolom Search pada Google Maps.
  2. Pilih Offline Areas.
  3. Pilih tanda + dalam lingkaran berwarna biru di pojok kanan bawah.
  4. Lalu tentukan area yang ingin Anda download

Simpan peta offline ke microSD

Bagi pengguna smartphone yang memiliki memori internal terbatas, mengunduh peta beberapa daerah ke ponsel merupakan opsi yang membuat bimbang. Pasalnya, ukuran file dari peta yang Anda unduh bervariasi, tergantung seberapa luas areanya. Semakin luas semakin besar pula ukuran file-nya. Ini tentunya akan menghabiskan memori internal pada smartphone Anda.

Google-Maps-Offline-2

Dengan fitur Offline ini, pengguna smartphone berbasis Android dapat menyimpan file dari Google Maps ke microSD. Caranya mudah sekali. Saat hendak mengunduh peta, Google Maps akan menanyakan lokasi penyimpanan file peta tersebut. Yang perlu dilakukan hanyalah memilih SD Card lalu pilih OK. Dengan begitu, peta akan tersimpan di kartu SD.

Mengaktifkan opsi WiFi Only

Dengan mengaktifkan opsi Wi-Fi Only, Google Maps hanya akan bekerja ketika terhubung ke koneksi WiFi. Cara mengaktifkan opsi ini juga mudah:

  1. Pilih icon ‘tiga garis horizontal’ yang ada di kolom Search pada Google Maps.
  2. Scroll ke bawah

Google-Maps-Offline3. Pilih Settings lalu aktifkan WiFi only

Dalam mode WiFi Only, peta yang sudah diunduh sebelumnya tetap bisa digunakan. Mengaktifkan mode ini di Google Maps pun tidak akan berpengaruh pada aplikasi yang lainnya. Artinya, aplikasi lainnya tetap bisa digunakan secara normal. Bahkan, mode WiFi Only Google Maps ini diklaim bisa membantu menghemat baterai.

Sebelum mencoba,kalau kamu ingin ganti smartphone baru kamu bisa lihat di sini. Blibli.com memberikan cicilan 0% untuk semua produk yang dipastikan kualitasnya terjamin.

Selamat mencoba!

 

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY