me

3 Cara Hemat Berkendara dengan Motor Listrik

Oct 25, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Blibli Friends masih suka jalan kaki atau sudah butuh kendaraan pribadi nih? Sekarang, masyarakat dari berbagai golongan udah bisa banget pakai kendaraan motor listrik karena lebih hemat dari sepeda motor berbahan bakar bensin, bahkan bisa menghemat BBM hingga 60 persen! Wah, kebetulan BBM lagi mahal, nih! Kita cek aja yuk, 3 cara hemat berkendara dengan motor listrik!

Sebelumnya cek dulu di sini pilihan motor listrik yang lagi dicari banyak orang!

 

  • Perbedaan suara motor listrik dan konvensional

Blibli Friends, saat kita pakai motor konvensional, biasanya otak pengendara punya informasi dari suara mesin dan knalpot pas dihidupkan. Nah, hati-hati ya karena aspek audio ini hilang saat berkendara motor listrik dan putaran dinamo saat berjalan cuma menimbulkan suara dengung yang halus.

Sepeda motor listrik yang menggunakan tenaga listrik dengan daya motor 5KW bisa menempuh jarak sejauh 100 kilometer dalam daya baterai penuh. Karena nggak bising, jadi mudah banget buat mengendarainya serta nyaman untuk dipakai.

Coba cek deh: GESITS G1 Sepeda Motor Listrik

GESITS G1 Sepeda Motor Listrik (OTR Jakarta) - Bundling

Nah, selain hemat BBM, motor listrik hemat suara karena nggak bising. Tapi, efeknya otak kita mungkin akan kebingungan karena biasanya suara dengung dari motor konvensional sudah jadi tanda untuk kita memulai berkendara. Karena jenis motor listrik nggak ada suara, kamu harus fokus dan benar-benar yakin kalau motor yang kamu pakai sudah dalam keadaan nyala, ya!

  • Hemat sih, tapi tingkatkan kewaspadaan saat menggunakannya! 

Pengendara awam seperti kita sekaligus pengguna jalan yang belum terbiasa dengan sistem motor listrik, harus meningkatkan fokus dan kewaspadaan lebih ya. Soalnya kendaraan ramah lingkungan ini berjalan memakai motor elektrik alias dinamo yang minim suara, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Karena minim suara, kita juga harus peka apakah motor benar-benar masih cukup untuk dipakai berkendara atau sudah waktunya untuk isi baterai.

Blibli Friends sebaiknya jangan langsung membuka grip gas cukup banyak. Karakter motor listrik seringnya langsung memberi torsi besar secara spontan sejak grip gas dibuka.

Coba beli jenis yang ini : Viar New Q1L Sepeda Motor Listrik

Viar New Q1L Sepeda Motor Listrik (OTR Jabodetabek)

  • Pastikan mengingat jarak tempuh yang kamu lalui

Sebagai pengguna motor listrik kamu harus ingat soal isi daya baterai yang berpengaruh pada jarak tempuh. Sistem charging dianggap kurang praktis, tapi sistem tukar pakai baterai masih menunggu perkembangan infrastruktur stasiun swap baterai, karena belum ramai penggunanya di Indonesia.

Umumnya, motor listrik membutuhkan waktu 5-6 jam dari kosong untuk bisa terisi penuh. Karena itu energi yang telah tersimpan dalam baterai harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mencapai jarak tempuh sejauh-jauhnya. Blibli Friends harus ingat kapan terakhir isi daya, dan berapa perjalanan yang akan ditempuh. Ini memudahkan kamu untuk menghemat baterai dan nggak was-was bakal mati tiba-tiba di tengah jalan.

Selain 3 hal di atas, Blibli perlu ingat juga ketika pakai motor listrik harus bisa mengurangi stop and go! Maksudnya, ketika kita nge-rem maka kita membuang momentum dan saat starter lagi jadi butuh energi besar untuk menggerakkan motor dari kondisi diam menjadi bergerak. Karena itu, semakin sedikit stop and go, energi yang dibutuhkan akan semakin kecil. Jadi jangan nge-rem kalo gak perlu banget, ya! Semoga tips di atas bisa bantu kamu jadi lebih hemat dalam berkendara dan nggak khawatir listriknya mati tiba-tiba. Selamat mencoba, Blibli Friends!

Cobain juga nih beli : NIU UQim Sport Sepeda Motor Listrik

NIU UQim Sport Sepeda Motor Listrik

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel