3 Alasan Penting Menyesuaikan Kebutuhan Anak Berdasarkan Usianya!

Photo via pexels.com

Hallo Bubu hebat seluruh Indonesia. Bubu di sini udah pada kenali apa aja tahapan perkembangan si Kecil di setiap tingkatan usianya? Para Bubu harus mengetahui hal apa aja yang diperlukan si Kecil untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Ada 3 alasan kenapa Bubu wajib menyesuaikan kebutuhan si Kecil sesuai usianya! Yuk kita bahas bareng-bareng : 

  1. Sensorik
Photo via pexels.com

Kemampuan sensorik sendiri adalah kemampuan si Kecil dalam melalui indera yang ada tubuhnya misalnya pendengaran, pengecap, peraba dan penglihatan. Biasanya perkembangan bayi 0-12 bulan sudah bisa dilihat daya tangkap si Kecil dalam kemampuan sensoriknya. Dengan mencoba memanggil si Kecil biasanya ia sudah mengenali dirinya sendiri dan berusaha merespon.

Tanda lain dari perkembangan sensorik, si Kecil juga bisa mulai mengenal orang terdekat mereka seperti Bubu ataupun keluarganya dan akan merasa nyaman bersama orang yang ia kenali.

Agar bisa melatih kemampuan sensorik si Kecil, Bubu bisa menganti berbagai mainan si Kecil dengan mainan yang memiliki tekstur dan warna yang berbeda agar bisa mudah melatih kemampuan sesoriknya. 

  1. Motorik
Photo via pexels.com

Kemampuan motorik adalah kemampuan gerak yang melibatkan gerakan dengan beberapa anggota tubuh si Kecil. Hampir sama dengan kemampuan sensorik, kemampuan motorik bisa dilatih mulai 0-12 sesuai tahapan. Ada dua kategori dari kemampuan motorik dari si Kecil yaitu motorik kasar dan motorik halus.

Motorik kasar melalui gerakan fisik yang dilakukan dengan seluruh anggota seperti melompat, berjalan, hingga berlari. Sedangkan untuk motorik halus, berhubungan langsung dengan keterampilan fisik.

Melatih si Kecil dalam kemampuan motorik sendiri bisa Bubu lakukan dengan belajar berdiri, jongkok dan menunduk lalu duduk untuk motorik kasar. Lalu untuk mengasah kemampuannya motorik halus, berikan permainan balok ataupun puzzle.

Pastikan semua yang dilakukan Bubu selalu mengawasi si Kecil ya.

  1. Kognitif
Photo via pexels.com

Perkembangan kognitif si Kecil biasanya mengetahui informasi-informasi dan pengalaman yang didapatkan seperti perbedaan waktu, membedakan warna, huruf dan berhitung. Berikan pengalaman baru agar bantu melatih perkembangan kognitif si Kecil.

Keterampilan kemampuan kognitif si Kecil 1 tahun biasanya sudah mulai berbicara sesuatu di sekitar Bubu sambil menunjuk suatu dan si Kecil juga bisa meniru yang ada di sekitarnya.

Setiap tahun perkembangan kemampuan kognitif si Kecil akan terus berkembang sesuai pengalamannya. Bubu bisa mengajak si Kecil bermain sambil melakukan kegiatan sesuatu agar si Kecil memiliki pengalaman baru.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY