20 Manfaat Lidah Buaya bagi Tubuh dan Alam Sekitar

manfaat lidah buaya

Sepertinya nggak mungkin banget kalau kamu nggak kenal dengan tanaman aloe vera atau lidah buaya. Tanaman tropis satu ini nggak cuma punya bentuk yang unik, tapi juga kaya akan khasiat lho. Selama ini, manfaat lidah buaya memang lebih banyak dipakai di bidang kecantikan. Misalnya, buat masker rambut atau wajah. Tapi, Blibli Friends tahu nggak? Ternyata, lidah buaya juga bagus banget buat kesehatan tubuhmu, lho. Yuk, baca ulasan lebih lengkapnya berikut ini.


Baca juga: Buah Kurma, Kudapan Khas Ramadan Dengan Banyak Manfaat Kesehatan

Sejarah Lidah Buaya

manfaat lidah buaya

Tanaman lidah buaya memang sudah nggak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Tapi, Blibli Friends tahu nggak asal-muasal dari tanaman ini? Lidah buaya adalah jenis tanaman genus Aloe yang tumbuh subur di kawasan gurun. Lidah buaya punya ciri-ciri daun yang berdaging tebal dan sarat akan air di dalamnya supaya dia bisa tetap hidup di lingkungan gurun yang ekstrim. 

Nama “lidah buaya” berasal dari bentuk daunnya yang tebal memanjang dengan pinggiran Tanaman ini sebenarnya adalah jenis tanaman liar yang tumbuh di sepanjang Jazirah Arab. Tapi, setelah makin banyak orang yang tahu khasiat dari tanaman ini, lidah buaya jadi makin banyak dibudidayakan di seluruh dunia. Sampai sekarang, banyak negara-negara subtropis dan tropis yang membudidayakan tanaman satu ini.

20 Manfaat lidah buaya

Popularitas lidah buaya dalam dunia kecantikan dan kesehatan pastinya nggak lepas dari segala manfaatnya. Manfaat lidah buaya memang banyak banget, karena tanaman ini memang mengandung banyak zat-zat esensial. Lidah buaya bermanfaat banget buat:

  1. Atasi jerawat

Lidah buaya punya kandungan zat saponin dengan sifat anti-inflamasi yang bantu buat meredakan peradangan. Dengan hilangnya peradangan akibat infeksi bakteri, jerawat kamu bakal menghilang tanpa bekas. Kandungan anti mikroba di dalam lidah buaya ini juga bakal bantu usir jerawat supaya nggak kembali lagi. 

2. Lembapkan kulitmu

Buat kamu yang punya tipe kulit kering, pastinya butuh perawatan lebih. Kulit kering memang bikin bete dan nggak nyaman. Buat melembapkan dan menyegarkan kulitmu, Blibli Friends bisa pakai gel lidah buaya. Kandungan air di dalam gel bisa bantu menghidrasi kulitmu. Sensasi gel yang adem juga bikin kulit wajahmu jadi terasa lebih segar. Lidah buaya ini juga bisa kamu pakai buat mengunci kelembapan alami kulit. Caranya, aplikasikan gel lidah buaya beberapa menit setelah kamu mandi, ya.

3. Pudarkan stretch mark

Lidah buaya punya kandungan kolagen yang bermanfaat banget buat mengembalikan elastisitas kulit. Kamu bisa mengaplikasikan lidah buaya buat mengembalikan kelenturan kulit yang hilang yang menimbulkan stretch mark. Aplikasikan lidah buaya secara rutin supaya elastisitas kulitmu kembali. Garis-garis stretchmark pun bakal kelihatan lebih halus dan nyaris nggak kelihatan. 

4. Cegah pembentukan keriput

Munculnya guratan-guratan keriput memang bikin jengkel. Apalagi, kalau usiamu masih tergolong muda banget. Tapi, gampang! Aplikasikan saja gel lidah buaya. Gel lidah buaya memang bisa bantu mengembalikan kelembapan kulit tubuhmu. Nggak cuma itu, kandungan kolagen di dalam kulitmu juga jadi bertambah dengan pengaplikasian gel secara rutin. Dengan kembalinya elastisitas kulit, penampilan kulit wajahmu pun bakal kelihatan lebih muda.

5. Atasi iritasi kulit

Selain penuaan dini, pemilik tipe kulit kering juga biasanya dihadapkan dengan masalah gatal-gatal pada kulit, seperti eksim, rosacea, dan psoriasis. Buat menghilangkan gatal-gatal di kulit tersebut, kamu bisa pakai gel lidah buaya. Kandungan pelembap di dalam tanaman ini bisa menenangkan kulit yang terkena iritasi. Selain itu, lidah buaya juga bantu memperkecil resiko inflamasi atau peradangan gara-gara kulit kering. Oke banget kan, Blibli Friends?

6. Jadi makeup remover alami

Makeup remover yang dijual di pasaran bikin kulitmu makin iritasi? Yuk, pakai gel lidah buaya saja. Kamu bisa gunakan bagian daging lidah buaya yang berbentuk gel untuk kemudian haluskan dan oleskan pada handuk yang bersih. Setelah itu, usapkan handuk tersebut pada kulit wajahmu secara lembut. Voila! Sisa makeupmu bakal terangkat dengan sempurna. Kamu nggak perlu khawatir kulitmu bakal gatal-gatal akibat pengaruh alkohol dengan pakai gel aloe vera ini. Tapi, Blibli Friends juga perlu memastikan kalau kamu nggak alergi terhadap lidah buaya, ya.

7. Lancarkan sistem metabolisme

Metabolisme yang lambat memang jadi salah satu penyebab kamu susah banget sukses diet. Buat bantu melancarkan sistem pencernaanmu, coba deh rutin konsumsi lidah buaya. Kandungan air dan serat di dalam lidah buaya bisa bantu maksimalkan proses detoks lewat BAB. Dengan usus yang bersih, proses penyerapan nutrisi pastinya jadi berlangsung lebih lancar.

8. Mencerahkan kulit

Selain kaya akan mineral, ternyata lidah buaya juga mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat banget buat kulitmu. Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin E. Nggak cuma itu, lidah buaya juga mengandung zat vitamin A dengan beta-karoten. Ketiga vitamin itu dikenal sebagai zat antioksidan yang bisa menutrisi dan mencerahkan kulit. Nggak cuma itu, kulitmu pun bakal terlindungi dari paparan radikal bebas. Cocok banget nih buat Blibli Friends yang sering banget harus beraktivitas di bawah terik sinar matahari.

9. Atasi kulit berminyak

Nggak cuma buat kamu yang punya tipe kulit kering, lidah buaya juga bagus banget lho buat Blibli Friends yang punya kulit berminyak. Wajah yang terlalu berminyak memang bisa bikin penampilanmu kelihatan lusuh dengan kulit kusam. Buat mengatasinya, coba deh pakai masker lidah buaya secara rutin. Kandungan pelembap di dalam gel lidah buaya bisa bantu melembapkan kulit wajahmu. Dengan kelembapan wajah yang terjaga, produksi sebum wajah juga bakal berkurang dengan sendirinya, kok. Wajahmu pun bakal terasa lembut dan terbebas dari iritasi. Pengen, kan? 

10. Atasi iritasi sunburn

Lidah buaya juga bisa banget lho dipakai buat redakan sunburn. Gel lidah buaya dengan kandungan antiinflamasinya bisa banget buat menenangkan kulitmu yang teriritasi. Efek pendinginan ini bakal lebih terasa nyaman kalau kamu diamkan gel tersebut di dalam kulkas selama beberapa menit sebelum memakainya. 

11. Bagus banget buat atasi GERD

GERD (Gastroesophageal reflux disease) adalah gejala yang umum banget dialami oleh penderita maag. Produksi asam lambung yang berlebihan dan sampai naik ke mulut ini memang bikin Blibli Friends merasa nggak nyaman banget. Tapi, ada beberapa cara kok yang bisa kamu pakai buat mengatasi si GERD ini. Salah satunya adalah dengan menyantap gel lidah buaya. Kandungan serat dan air yang tinggi bikin kamu kenyang lebih lama. Alhasil, produksi asam lambung pun bisa lebih terkontrol. Kandungan anti inflamasinya juga bagus banget buat mencegah terbentuknya luka di dinding lambung.

12. Turunkan kadar gula darah

Gula darah yang meningkat nggak terkendali bisa merugikan kesehatanmu. Makanya, Blibli Friends wajib banget kontrol gula darah sebelum terlambat. Salah satu caranya bisa dengan meminum jus dari gel lidah buaya. Biarpun begitu, tetap saja kamu harus mengimbanginya dengan makanan sehat lainnya. Buat kamu yang sudah terlanjur kena diabetes pun, tetap harus minum obat yang diberi dokter, ya.

13. Cegah dehidrasi

Kalau ingin sehat, kamu memang diwajibkan banget buat minum air putih secara rutin. Malas minum air putih? Kamu bisa deh coba minum jus gel lidah buaya. Kandungan air di dalam lidah buaya cukup banyak buat bantu jaga supaya tubuhmu tetap terhidrasi. Lebih baik kamu bikin jus sendiri di rumah buat menghindari tambahan gula sintetis dan bahan pengawet. Jangan lupa, kombinasikan dengan makan sayuran berkuah dan buah-buahan segar buat jaga supaya kamu nggak dehidrasi.

14. Redakan sariawan

Sariawan memang bikin bete banget. Makan makanan apapun jadi nggak nyaman. Nggak heran, sariawan selalu sukses bikin kamu cemberut. Nah, kamu bisa usir jauh-jauh si sariawan yang mengganggu itu dengan lidah buaya. Kandungan vitamin C di dalam daging buah ini lumayan ampuh lho buat menyembuhkan sariawan. Kamu bisa dapatkan khasiatnya ini dengan menyantap jus lidah buaya secara langsung, atau dengan mengoleskannya pada bagian mulut atau lidah yang terkena sariawan.

15. Percepat pemulihan luka bakar

Blibli Friends bisa pakai gel lidah buaya buat meringankan luka bakar. Gel ini nggak cuma bisa menenangkan kulitmu yang terasa panas. Selain mengandung saponin, lidah buaya juga punya kandungan zat asam amino esensial yang dibutuhkan buat meredakan inflamasi dan merevitalisasi kulitmu. Kandungan air di dalam lidah buaya ini juga efektif banget buat melembapkan kulitmu yang lagi meradang. Dengan kondisi kulit yang terjaga kelembapannya, proses pemulihan luka bakar juga jadi lebih cepat. Resiko terbentuknya bekas luka juga bisa dihindari, lho. 

16. Lancarkan pencernaan

Lidah buaya mengandung zat antrakuinon yang berperan sebagai pencahar alami. Cocok banget nih buat Blibli Friends yang kena sembelit. Beda dari jenis obat pencahar lainnya yang justru bisa bikin lambung terluka, lidah buaya tergolong lebih aman dikonsumsi. Konsumsi secara rutin dan jangan lupa buat memperbanyak makanan berserat tinggi lainnya dan berolahraga, ya.

17. Mengandung asam folat

Tahu nggak, lidah buaya juga direkomendasikan lho buat ibu hamil dan menyusui. Lidah buaya kaya akan asam folat yang bagus banget buat perkembangan janin. Manfaat dari asam folat adalah untuk memaksimalkan perkembangan jaringan dan sel-sel tubuh si kecil. Jadi, bayimu terhindar dari resiko cacat syaraf dan cacat lainnya. Buat sang ibu, asam folat juga bermanfaat buat bantu memperbaiki sel-sel yang rusak, lho. 

18. Bantu redakan radang gusi

Radang gusi memang ganggu banget. Kamu jadi nggak bisa makan makanan kesukaanmu. Tapi, Blibli Friends nggak perlu khawatir. Kamu bisa sembuhkan radang gusi dengan makan minuman olahan dari lidah buaya. Kandungan anti inflamasi dari tanaman ini bisa bantu menenangkan peradangan pada gusi. Kandungan vitamin C dari tanaman ini juga bisa memperkuat sistem imunitas tubuhmu. Tubuhmu pun jadi bisa melawan bakteri yang menyebabkan peradangan tersebut. Blibli Friends pun jadi bisa makan makanan enak lagi.

19. Cegah bibir pecah-pecah

Bibir terasa kering dan kasar bikin bibirmu nggak kissable banget. Makeup lipstik mattemu pun juga jadi nggak bisa menempel dengan sempurna. Makanya, eksfoliasi dulu bibirmu dengan gel lidah buaya. Lidah buaya ampuh banget dalam melembapkan bibirmu. Eksfoliasi atau merontokkan sel kulit mati di bibir juga jadi lebih gampang. Selain itu, gel dari tanaman ini juga mengandung vitamin C buat menutrisi bibirmu. Alhasil kamu bisa dapatkan bibir yang plump dan merona tanpa lipstik sekalipun.

20. Tingkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin A, B, C, dan E berfungsi buat bantu memperkuat sistem imunitas tubuh. Tubuhmu jadi lebih kuat dalam melawan virus dan bakteri yang berbahaya. Konsumsi rutin ya supaya sistem imunitas tubuhmu tetap kuat.

Cara Budidaya Tanaman Lidah Buaya

Sudah tahu kan manfaat lidah buaya? Tertarik buat memelihara lidah buaya di rumah? Budidaya lidah buaya ternyata gampang, lho. Ini nih hal-hal yang perlu kamu persiapkan:

  • Pertama-tama, kamu harus persiapkan pot dan media tanam yang tepat. Jenis pot yang dipakai adalah pot yang terbuat dari bahan terakota (tanah liat yang dibakar). Selain itu, pastikan pot tersebut punya lubang drainase yang cukup. Buat media, gunakan tanah biasa yang dicampur dengan pasir, ya.
  • Next, kamu tanam deh bibit lidah buaya. Blibli Friends bisa beli bibit lidah buaya di toko tanaman. Kalau mager, kamu juga bisa beli bibit lidah buaya secara online di Blibli. Gali lubang yang dangkal pada media tanam. Nggak perlu terlalu dalam-dalam, ya. Soalnya, akar lidah buaya sendiri berbentuk serabut yang dekat dengan permukaan tanah. 
  • Setelah ditanam, siram lidah buaya cukup sesekali saja setiap 2 – 3 minggu. Jangan terlalu sering-sering, ya. Soalnya lidah buaya memang cuma butuh pengairan yang sesekali saja. Kalau terlalu sering, lidah buaya yang kamu tanam justru jadi membusuk. Jangan lupa, tanaman lidah buayamu ini juga butuh paparan sinar matahari yang cukup. Jemur lidah buaya di bawah sinar matahari selama 6 – 8 jam. 
  • Supaya perkembangan lidah buayamu makin maksimal, bisa Blibli Friends berikan pupuk. Tapi, cukup berikan pupuk setahun sekali saja, ya. Kenapa kok cuma setahun sekali? Soalnya, pada dasarnya lidah buaya memang termasuk tanaman yang low maintenance banget. Tanpa pupuk pun sebenarnya dia tetap bisa berkembang dengan maksimal.

Baca juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Kering

Itulah ulasan tentang manfaat lidah buaya beserta cara membudidayakannnya. Kamu bisa beli bibit tanaman lidah buaya di Blibli dengan harga yang murah. Kalau kamu mager, juga bisa kok beli produk suplemen vitamin atau produk skincare berbasis lidah buaya. Yuk, raih kebaikan lidah buaya di Blibli sekarang juga.

Dapatkan Tanaman Lidah Budaya Terbaikmu Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY