me

20 Manfaat Buah Naga yang Baik Bagi Tubuh

Nov 14, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

unsplash.com

20 Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh – Blibli Friends pastinya nggak asing dong dengan si buah naga. Buah tropis ini nggak cuma punya nama dan penampilan yang unik. Tapi, warna buah ini juga kelihatan cerah mencolok dan beda dari jenis buah-buah lainnya. Rasanya yang nggak terlalu manis bikin buah naga ini populer banget buat dijadikan minuman jus, atau diolah jadi campuran es krim hingga puding. Selain punya rasa yang enak, Blibli Friends juga harus tahu manfaat buah naga berikut ini.


Baca juga: Buah yang Bagus untuk Diet, Lebih Ramping Lebih Sehat

Perbedaan Buah Naga Merah dan Putih

unsplash.com

Tahu nggak, ternyata buah naga sendiri punya variasi warna daging buah yang bermacam-macam. Yang paling umum ditemukan di Indonesia adalah varian buah naga merah dan putih. Biarpun keduanya punya rasa dan kandungan zat-zat vitamin yang kurang lebih sama, ternyata tetap ada perbedaan di antara keduanya, lho. 

Menurut Leona Victoria Djajadi, MnD yang menjabat sebagai seorang ahli gizi dari Universitas Sydney mengatakan bahwa buah naga merah ternyata punya kadar antioksidan yang lebih tinggi. Hal itu kelihatan dari warna daging buahnya yang memang kelihatan lebih mencolok dibandingkan varian buah naga putih. Buah naga warna merah jadi pilihan yang paling efektif buat kamu yang ingin menurunkan tekanan darah sekaligus menjaga kesehatan organ kardiovaskuler. 

Buah naga putih dikenal dengan kandungan seratnya yang kaya banget. Buat kamu yang sering kena konstipasi, harus banget lho menyantap buah naga secara teratur. Selain itu, buah naga juga mengandung kolesterol baik yang bagus buat sistem peredaran darahmu. Nggak cuma itu, buah naga putih juga punya kandungan kalsium dan kalium yang bagus banget buat struktur tulang dan gigi. 

20 Manfaat Buah Naga

unsplash.com

Nah, Blibli Friends pastinya kepo kan dengan apa saja sih manfaat buah naga? Dengan menyantap buah naga secara rutin, ini lho berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan:

  1. Kaya akan Zat Besi

Salah satu manfaat buah naga yang bisa Blibli Friends ambil adalah kandungan zat besi yang ada di dalamnya. For Your Information, zat besi tuh penting banget lho buat bantu pembentukan hemoglobin atau sel darah merah. Buat kamu yang kena anemia, wajib banget konsumsi buah ini. Buat kamu yang sudah punya anak, biasakan mereka mau menyantap buah naga, ya. Soalnya, kandungan zat besi di dalam buah ini juga bakal bantu banget jaga pertumbuhan si kecil.

2. Cegah Dehidrasi

Daging buah naga punya tekstur yang renyah dan juicy banget. Kandungan air di dalam buah naga ini memang banyak banget. Menyantap buah naga secara rutin bisa bantu jaga tubuhmu supaya tetap terhidrasi dengan baik. Selain kaya akan air, buah naga ini juga punya kandungan serat tinggi, lho. 

3. Sumber Vitamin C

Di musim pancaroba, kamu memang jadi lebih gampang sakit. Ini gara-gara sistem kekebalan tubuhmu yang menurun. Alhasil, bakteri dan virus jadi lebih gampang menginfeksi tubuhmu. Kalau sudah sakit, pastinya berpengaruh pada produktivitas kamu. Solusinya, banyak-banyakin konsumsi buah naga, ya. Buah naga punya kandungan vitamin C yang kaya banget. Di dalam buah naga seberat 100 gram mengandung kadar vitamin C sebesar 21 mg. Ini artinya, kandungan vitamin C di dalam buah naga 3x lebih besar dibandingkan buah wortel, lho. 

4. Bagus Buat Sistem Kardiovaskuler

Selain bagus buat kekebalan tubuh, buah naga juga bermanfaat banget lho buat sistem kardiovaskuler. Terutama, buat organ jantung. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam buah naga ini memang ampuh banget buat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuhmu. 

Di sisi lain, buah naga juga mengandung lemak HDL atau lemak tidak jenuh yang justru bagus banget buat tubuh. Nah, dengan kadar kolesterol yang terkontrol, kesehatan jantung dan sistem peredaran darahmu juga jadi terjaga. Kamu pun jadi terhindar dari resiko penyakit jantung. Yuk, tabung kebiasaan baik ini mulai dari sekarang.

5. Kandungan Serat Tinggi Bagus Buat Diet

Buat kamu yang udah sering banget gagal diet, bisa jadi itu gara-gara perut yang terasa nggak kenyang setelah makan. Akibatnya, kamu jadi lebih gampang membabi buta, padahal niatmu cuma ngemil satu biskuit atau satu keping potato chips saja. Daripada makan cemilan yang nggak sehat, lebih baik ngemil buah naga, yuk. Di dalam satu sajian buah naga mengandung serat sebanyak 7 gram, lho. Serat dan sari buah naga bakal bikin kamu jadi lebih awet kenyang. Nafsu ngemil makanan yang nggak-nggak pun jadi berkurang. Jangan lupa, kombinasikan dengan olahraga buat hasil diet yang maksimal, ya.

6. Bantu Melancarkan Pencernaan

Sering kena konstipasi? Kesulitan buang air besar memang bikin kamu bete. Apalagi, perutmu jadi terasa berat gara-garanya. Kurang serat bisa jadi penyebab utama konstipasi, lho. Nah, buah naga sering banget nih jadi buah yang direkomendasikan buat Blibli Friends yang mengalami konstipasi. Buah naga memang punya kandungan serat yang tinggi. Jadi, jangan kaget kalau pencernaan jadi lancar jaya setelah makan buah ini. Supaya terhindar dari konstipasi, sebaiknya kamu memang konsumsi buah naga ini secara teratur. 

7. Bantu Tangkal Kanker

Seperti yang Blibli Friends tahu tadi, buah naga merah punya kadar antioksidan yang lebih tinggi dari buah naga putih. Kadar antioksidan ini dibutuhkan banget buat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Selain itu, buah naga ini juga mengandung lycopene, vitamin C, vitamin B2, dan vitamin kompleks lainnya yang bantu buat menghancurkan kandungan racun logam yang mengendap di dalam tubuh. FYI, racun logam ini juga bisa jadi penyebab kanker, lho. 

8. Cocok buat Penderita Diabetes

Penderita diabetes memang nggak boleh makan sembarang buah. Soalnya, gimanapun juga zat gula buah atau fruktosa tetap bisa bikin gula darah meningkat. Tapi, Blibli Friends nggak perlu khawatir saat menyantap buah naga. Biarpun warnanya mencolok, buah naga ini punya rasa manis yang mild dengan kadar gula yang rendah. 

9. Alternatif Cemilan Sehat

Sedang diet dan mendadak lapar, padahal jam makan siang masih jauh? Eits, jangan keburu menyambar snack micin. Lebih baik makan buah naga saja, yuk. Buah naga punya kandungan serat dan air yang tinggi. Cukup makan satu buah saja bisa bikin kamu lebih awet kenyang. Keinginan buat ngemil yang nggak sehat pun jadi terhindari, deh. Kalau ingin dietmu lancar, wajib banget makan buah naga.

10. Meningkatkan Nafsu Makan

Lagi pusing gara-gara si kecil ogah makan? Nah, kamu bisa nih kasih dia buah naga. Buah naga mengandung vitamin B1 dan B2 yang bisa memicu meningkatnya nafsu makan. Supaya anakmu makin semangat menyantapnya, coba deh kreasikan buah naga jadi jus smoothie, es krim, atau pudding. 

11. Meringankan Gejala Batuk dan Asma

Eh, tahu nggak ternyata biji buah naga juga berkhasiat, lho. Di dalam biji tersebut mengandung lemak omega 3 dan 6 yang ternyata efektif banget buat meringankan gejala gangguan pernapasan. Kandungan vitamin C di dalam buah ini juga bantu buat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi, bisa bantu meringankan gejala alergi dan batuk-batuk. Tapi, kamu harus tetap minum obat yang diresepkan dokter, ya.

12. Meminimalisir Gejala Kurang Darah

Buah naga ternyata juga ampuh banget lho buat meminimalisir resiko anemia. Anemia atau kekurangan sel darah merah biasanya dipicu oleh kurangnya zat besi. Anemia berbahaya banget, lho. Apalagi, buat kamu yang sedang jalani masa kehamilan. Soalnya sel darah merah punya fungsi yang krusial, yaitu mendistribusikan oksigen ke seluruh organ tubuh. Makanya, banyak-banyakin makan buah naga, ya. Kandungan zat besi di dalamnya bantu meningkatkan produksi sel darah merah. Jadi, kamu nggak merasa lemas selama masa hamil.

13. Memperkuat Kandungan

Masa kehamilan trimester pertama jadi masa yang penting banget buat kandunganmu. Blibli Friends harus jaga baik-baik, ya. Buat memperkuat kandungan, banyak-banyakin makan buah naga, yuk. Buah naga mengandung asam folat yang bagus banget buat perkembangan sistem syaraf janin. Asam folat ini juga berguna banget buat memperbaiki sel-sel tubuh ibu hamil yang rusak. Otot rahim pun juga ikut diperkuat oleh asam folat ini. Jadi, kamu bisa 

14. Memperkuat Gigi dan Tulang

Cari alternatif kalsium yang lebih bagus dibandingkan susu sapi? Boleh nih makan buah naga. Buah tropikal ini punya kandungan kalsium yang bantu memperkuat tulang dan gigimu. Buat kamu yang alergi atau intoleran dengan laktosa, bisa nih makan buah naga ini buat solusi alternatif.

15. Memperlancar Proses Detoksifikasi

Ingin tubuhmu tetap segar dan sehat? Pastikan proses detoksifikasi tubuhmu lancar, ya. Detoksifikasi berarti tubuhmu mengeluarkan racun-racun berbahaya dari dalam tubuh, bisa lewat air seni, atau saat kamu lagi buang air besar. Detoksifikasi juga bisa dalam bentuk keringat yang keluar saat Blibli Friends lagi berolahraga. Kandungan serat di dalam buah naga bisa bantu lancarkan saluran pencernaan. Kandungan air di dalam buah ini juga bantu ginjal dalam memproses dan membuang zat racun keluar dari dalam tubuh.

16. Atasi Jerawat

Manfaat buah naga ternyata nggak cuma dari segi kesehatan saja, lho. Kamu juga bisa memanfaatkan buah ini buat atasi masalah-masalah kulit dan kecantikan. Salah satunya, kamu bisa pakai buah naga buat menyembuhkan jerawat, lho. Buah naga ini punya kandungan zat anti inflamasi buat meredakan peradangan. Zat antioksidan yang dimiliki buah ini bantu menangkal radikal bebas, sehingga jerawat membandel nggak balik lagi. 

17. Atasi Masalah Kerusakan Rambut Warna

Mewarnai rambut atau bleaching memang lagi populer banget, terutama di kalangan anak-anak muda. Tapi, masih banyak banget tuh yang nggak tahu cara merawat rambut yang sudah diwarnai dengan benar. Akibatnya, rambutmu jadi kering, kasar, dan gampang banget patah dan rontok. Nah, buat mengatasi masalah kerusakan rambut ini, bisa kok kamu aplikasikan masker buah naga. 

Kandungan air di dalam pasta masker buah naga ini bisa bantu melembapkan rambut. Nggak cuma itu, vitamin di dalam buah ini juga bermanfaat banget dalam menutrisi rambutmu. Pengaplikasian masker rambut ini secara rutin bisa bantu pulihkan kondisi rambutmu. Jadi, memang harus telaten ya, Blibli Friends.

18. Atasi Kulit Kering

Buat kamu yang punya tipe kulit kering, pastinya butuh skincare routine yang jamin kulit wajahmu tetap terhidrasi dengan baik. Kamu bisa banget nih pakai masker wajah dari buah naga. Seperti yang Blibli Friends tahu sebelumnya, buah naga ini memang punya kandungan air dan vitamin yang banyak banget. Jadi, nggak cuma kulit wajahmu yang terhidrasi dengan baik. 

19. Sumber Energi

Tubuh terasa lemas gara-gara nggak makan nasi? Coba deh makan buah naga. Buah ini mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang bisa memberimu suntikan energi ekstra. Di dalam 100 gram buah naga, kamu sudah bisa dapatkan 14 gram asupan karbohidrat harian. Lumayan banget, kan? Beda dari karbohidrat dari nasi, karbohidrat buah naga ini lebih stabil dan nggak bikin kamu crash dan lemas. 

20. Cegah Penuaan Dini

Satu lagi nih manfaat buah naga buat kecantikan. Buat kamu yang resah gara-gara kemunculan gurat-gurat keriput, jangan panik. Keriput biasanya muncul kalau kulitmu nggak terhidrasi dengan baik. Buat mengatasinya, kamu bisa aplikasikan masker alami dari buah naga. Masker ini bisa bantu menghidrasi sekaligus menutrisi kulitmu. Alhasil, kulit Blibli Friends pun jadi terasa lebih lembut. Gurat-gurat tipis keriput pun jadi berkurang. 

Cara Menanam Tanaman Buah Naga

unsplash.com

Setelah baca manfaat buah naga di atas, jadi makin tertarik buat mencoba sendiri khasiatnya, kan. Daripada beli, kamu bisa kok tanam buah naga sendiri di rumah. Caranya gampang banget. Selain persiapkan pot dari tanah liat, kamu juga harus sediakan tiang panjatan sepanjang 150 – 200 cm. Tiang ini berfungsi buat menyokong berat dari pohon buah naga nantinya. 

Sesuaikan tiang panjatan itu dengan besar pot, ya. Idealnya sih, kamu pakai tiang panjatan yang terbuat dari material beton. Tapi, kalau nggak ada juga boleh kok pakai tiang kayu. Asalkan, pakai bahan kayu yang kuat dan nggak gampang rapuh, ya. 

Next, kamu bikin deh media tanamnya. Media tanam buat buah naga adalah tanah gembur dan pasir yang dicampur dengan pupuk kandang dan kompos. Kalau mau, Blibli Friends juga bisa kok tambahkan campuran bubuk bata merah dan kapur pertanian (dolomit) buat dicampurkan ke dalam media tanam itu. Setelah itu, kamu siram deh dengan air dan diamkan selama sehari semalam. Baru deh, kamu tanam bibit buah naga. 

Supaya bibit yang udah kamu tanam nggak roboh, tekan-tekan perlahan, ya. Setelah itu, siram dengan air dan letakkan tanaman buah naga di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Supaya tanaman buah naga kesayanganmu tumbuh subur, berikan campuran pupuk majemuk tinggi kandungan fosfor dan kalium, ya. Jangan lupa, pangkas secara rutin supaya pertumbuhannya jadi maksimal.

10 Menu Makanan Kreasi dari Buah Naga

Bosan makan buah naga langsung? Supaya nggak boring, Blibli Friends bisa bikin berbagai kreasi makanan dari buah naga ini. Warna buah yang cantik pastinya bikin kamu langsung terinspirasi buat bikin berbagai makanan seru. Ini nih 10 variasi kreasi menu lezat yang terbuat dari olahan buah naga:

  • Nasi goreng buah naga

Nggak cuma punya warna pink yang cantik. Tapi, rasanya juga enak banget, lho. Cocok banget nih buat anak yang pemilih soal makanan. Nasi goreng buah naga sempurna buat menu istimewa apalagi kalau ditambah telur dan ayam. Kamu juga bisa menambahkan acar nanas buah naga. Irisan buah naga cukup diberi sedikit cuka dan gula pasir, lalu diamkan di kulkas sebelum disantap.

  • Tumis kulit buah naga 

Masakan ini bisa kamu coba seandainya bosan dengan menu tumis yang itu-itu saja. Tumis ini cocok juga kamu sajikan dengan lauk sederhana seperti tahu dan tempe goreng. Yum! Untuk memasaknya, cuci bersih kulit buah naga dan hilangkan bagian yang kering. Lalu iris memanjang dan masak dengan bumbu saus tiram. 

  • Kue mendut buah naga

Cocok banget buat sajian hajatan. Nggak cuma enak, warnanya juga unik banget. Kalau kue mendut biasanya merah terang, dengan buah naga warnanya jadi keunguan dan super cantik! Kue mendut bisa diisi dengan parutan kepala yang diberi gula untuk penyuka rasa klasik. Kalau ingin lebih modern, bisa diberi tambahan rasa coklat maupun green tea.

  • Cake buah naga

Cake satu ini wajib deh Blibli Friends coba. Tekstur cake yang moist dan lumer di mulut dijamin bikin ketagihan. Apalagi kalau diberi topping buah naga segar dan krim, wah makin mantap di lidah! Untuk menjadikan buah naga terlihat segar dan berkilau di atas cake, oleskan agar-agar bening sebagai pelapisnya.

  • Pancake buah naga

Menu satu ini bisa banget dijadikan santapan sarapan pagi sehat. Tambahkan sirup maple atau ice cream biar makin nendang! Jangan lupa irisan buah naga dan beberapa variasi buah lain seperti stroberi dan pisang. Untuk memperkaya tekstur, beri topping kacang almond dan juga mete yang penuh protein.

  • Kue lumpur buah naga

Kue satu ini jadi inovasi jajanan tradisional yang beda dari yang lain. Kalau biasanya kue lumpur berwarna kuning, kali ini terlihat cantik dengan warna merah keunguan. Bahan dasar kue lumpur ini tetap kentang, buah naga hanya ditambahkan sebagai pewarna alami. Cobain, yuk!

  • Klepon buah naga

Pernah dengar namanya? Kalau belum, wajib deh Blibli Friends coba. Warnanya yang merah bercampur ungu bikin klepon ini beda dari klepon hijau pada umumnya. Klepon buah naga akan terlihat sangat istimewa ketika disajikan sebagai hantaran atau suguhan di acara keluarga.

  • Mie ayam buah naga

Terdengar aneh ya, tapi kenapa nggak dicoba? Cocok nih buat kamu yang lagi craving mie ayam tanpa harus mengkhianati program dietmu. Sebab mie ayam buah naga bebas pewarna buatan dan pengawet jadi jelas lebih sehat. Untuk topping tetap bisa diberi ayam, daging, maupun jamur.

  • Milkshake buah naga

Dijamin enak banget dengan tekstur creamy dan rasa manis. Apalagi, kalau kamu meminumnya saat udara panas dengan tambahan es batu! Kalau kamu ingin rasa yang lebih asam, tambahkan yoghurt sebagai pengganti susu.

  • Pudding susu

Ini selalu  jadi favorit anak-anak. Blibli Friends wajib coba, ya! Bisa masukkan kelapa muda juga untuk variasi rasa dan tekstur. Perpaduan kelapa muda dan buah naga dijamin lebih nendang! Puding susu buah naga bisa dicetak dalam wadah personal, bisa juga dibentuk layaknya cake untuk kesan lebih mewah.


Baca juga: Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Guna Lengkapi Kebutuhan Nutrisi

Ingin mulai dapatkan manfaat buah naga? Yuk, beli buah naga kualitas terbaik di Blibli. Toko online ini memungkinkan kamu dapatkan diskon dan promo seru. Ada voucher belanja dari Blibli juga yang tersedia buat kamu, lho. Jadi, tunggu apa lagi? Belanja buah naga di Blibli sekarang juga, yuk.

Dapatkan Buah Naga Berkualitas Hanya di Sini!

Tag: