Liburan lebaran tampak masih lama. Tapi kalau kamu lupa, sekejap saja sudah di depan mata. Apakah kamu sudah punya rencana?

Kalau hanya pulang kampung saja mungkin rasanya akan hambar. Kalau ke tempat destinasi yang ramai dikunjungi, pasti bakal macet dan sesak.

Lantas, libur lebaran enaknya ke mana? Jangan pusing! Tempat-tempat ini bisa banget jadi bahan pertimbangan kamu buat jadi destinasi wisata di Idul Fitri nanti!

1. Kawah Ijen, Banyuwangi

kawah-ijen

Via – National Geographic News

Mau liat suatu keajaiban alam yang memukau? Di sini tempatnya! Kamu akan disuguhi pemandangan kawah berwarna biru yang langka di dunia!

Keindahannya bukan hanya memanjakan matamu, tapi juga tubuhmu karena udara di sana tentu sejuk dan menyegarkan!

2. Ranca Upas, Bandung

ranca-upas

Via – Trek Earth

Nggak mau repot liburan ke luar kota yang jauh-jauh dari Jakarta? Bandung pun bisa kamu jelajahi. Ranca upas contohnya!

Di sini, kamu bisa berkemah dengan sambutan kabut romantis di pagi hari. Selain itu, ada penangkaran rusa yang bikin kamu kayak lagi liburan di luar negeri. Tenang, damai, dan tenteram. Lebaran memang harus begitu!

3. Padang Laipori, Sumba Timur

padang-laipori

Via – Objek Wisata Populer

Mau liat padang rumput luas nggak perlu jauh-jauh ke Afrika atau Irlandia. Kamu bisa juga menemuka surga itu di negerimu tercinta ini!

Sumba Timur punya padang Laipori dengan keindahannya yang nggak sulit ditemukan di Pulau Jawa. Angin kering dan kuda berlari-larian menjadi santapan batin yang menyenangkan!

4. Danau Weekuri, Sumba Barat

danau-weekuri

Via – Viva

Kalau kamu cari tempat yang tersembunyi dan nggak ramai, ini benar-benar surga yang kamu impikan, guys! Danau Weekuri memang merupakan danau yang jarang dijamah manusia.

Walau memakan waktu kurang lebih 2 jam dari kabupaten Sumba Barat, semuanya terbayar lunas ketika kamu menyelami air danau yang bukan main jernihnya ini!

5. Desa Wae Rebo, Flores

desa-wae-rebo

Via – Panorama Tours

Jika kamu adalah tipe orang yang selalu mencari pengalaman berkesan dari setiap perjalanan liburanmu, tinggal dengan penduduk lokal di desa perlu kamu coba!

Desa Wae Rebo menawarkan pengalaman yang sama sekali baru yang nggak bisa kamu dapatkan di objek wisata alam di manapun.

Bersentuhan langsung dengan penduduk dan melihat keseharian mereka akan selalu meninggalkan kesan indah dalam memorimu!

6. Hutan Pinus Gunung Pancar, Bogor

gunung-hutan-pinus

Via – Aneka Tempat Wisata

Menghirup aroma tanah dan hutan yang lembab bisa menjadi kesukaan bagi kamu yang terbiasa menghirup polusi dari kendaraan bermotor setiap hari.

Kamu bisa coba mengunjungi hutan pinus yang ada di kawasan Gunung Pancar. Selain menjadi tempat untuk bersantai dan menghirup udara segar, hutan ini juga instagrammable banget.

7. Goa Jomblang, Yogyakarta

goa-jomblang

Via  – Ini Tempat Wisata

Tempat ini cocok buat kamu yang suka dengan tantangan. Walau perlu merogoh kocek relatif dalam untuk menyusurinya, kamu nggak akan merasa rugi sedikitpun!

Pemandangan yang tersaji memang sangat langka. Apalagi, pemandangan saat cahaya matahari berusaha masuk ke goa melalui celah-celah. Indahnya bikin kamu lupa susahnya medan untuk mencapai goa tersebut, deh.

8. Danau Rawa Pening, Ambarawa

danau-rawa-pening

Via – Dani Setiawanku

Siapa bilang hanya di pantai kamu bisa menyaksikan keerotisan matahari terbenam?

Di Ambarawa, Jawa Tengah, pemandangan itu juga bisa temukan. Tepatnya di danau Rawa Pening. Di sini, kamu bisa melihat refleksi matahari yang berubah menjadi oranye beserta dengan kapal-kapal nelayan yang berlabuh di danau tersebut. Nggak kalah, deh, sama pantai-pantai di Bali.

9. Teluk Kiluan, Lampung

teluk-kiluan

Via – Indonesia Tourism

Buat orang kota, lumba-lumba hanya mungkin dinikmati keindahannya di kolam akuarium buatan.

Tapi, kalau mau liat lumba-lumba langsung di tempat hidup aslinya, teluk kiluan lah tempatnya. Kamu bisa melihat lumba-lumba berlompat-lompatan dari pukul 6 sampai 10 pagi.

Pemandangan ini nggak lagi hanya kamu liat di film-film yang kamu tonton, tapi kamu benar-benar bisa saksikan dengan mata kepalamu sendiri!

10. Pantai Ora, Seram

pantai-ora

Via – Fimela

Mau mencari pantai dengan debur ombak yang tenang? Pantai Ora tujuannya! Bukan hanya dihiasi pasir putih dan kekayaan biota laut, tapi juga oleh bukit-bukit penuh rumput yang hijau dan meneduhkan. Tempat sempurna menghabiskan liburan Lebaran!

11. Kebun Teh Kayu Aro, Jambi

kebun-teh-ayu-karo

Via – Indonesia Tourism

Buat kamu yang cinta banget sama teh, kebun teh akan menjadi tempat yang seru buat dikunjungi.

Saat mencari kebun teh yang asik dikunjungi, jangan lupa untuk mempertimbangkan pemandangannya di sana. Cari juga kebun teh yang terkenal dengan kualitas daun tehnya, seperti kebun teh Kayu Aro.

Nggak hanya melihat, kamu juga bisa memetik! Siapa tahu nanti bisa cicip-cicip teh kelas dunia dari kebun teh itu?

12. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

air-terjun-madakaripura

Via – Bromo Ijen Tourism

Kalau liburan belum main air rasanya kurang segar, ya? Air terjun bisa jadi tempat perhentian sebelum kamu benar-benar siap beraktivitas seperti biasa. Apalagi air terjun Madakaripura!

Tinggi air terjunnya mencapai 200 meter. Bukan cuma air terjunnya yang bikin berdecak kagum, pemandangan alamnya pun aduhai!

Terbayang, dong, gimana segarnya cipratan air terjun mengenai tubuhmu dan suara bising air terjun yang jatuh ke bawah?

13. Pantai Tanjung Tinggi, Bangka Belitung

pantai-tanjung-tinggi

Via – Telusur Indonesia

Bangka Belitung menjadi tempat wisata yang nggak boleh terlewat dari daftar destinasi liburanmu.

Sesampai di sana, kamu perlu banget mengunjungi pantai paling terkenal sejagat Indonesia berkat film Laskar Pelangi ini!

Bebatuan super besar ini yang menjadi keunikan dari pantai Tanjung Tinggi. Selain itu, kejernihan air dari pantai ini akan membuat kamu selalu terbuai dan terhipnotis.

Keindahan pantai ini akan selalu membuatmu berjanji untuk datang kembali.

Nah, sekarang waktunya kamu menabung di celenganmu biar bisa jalan-jalan, guys! Share artikel ini ke teman-temanmu, keluargamu, dan tekan kerjamu dan rencanakan liburan dari sekarang, biar nggak kalang kabut nantinya!

14.

15. Related