me

11 Hal yang Hanya Bisa Dirasakan Moms yang Baru Punya Anak!

Oct 24, 2022.By Ruth
Bagikan

image source: pexels.com

Apakah kamu baru menjadi seorang moms? Kalau iya, selamat ya! Kini keluarga moms sudah bertambah satu kehadiran sosok mungil baru.

Tapi, walaupun hal tersebut merupakan berita yang membahagiakan untukmu dan pasangan, dijamin moms bakal tetap menemukan tantangan saat merawatnya!

Coba periksa benar tidak, kalau inilah 12 hal yang biasa dirasakan oleh moms yang baru punya anak. Yuk, simak!

1. Kebahagiaan yang tak ternilai

image source: pexels.com

Kamu pasti masih ingat kan momen indah ketika pertama kali mendengar suara si mungil keluar dari perutmu. Setiap kali melihatnya, pasti rasa bahagia dan hangat tersebut kembali mengalir di seluruh tubuh. Seketika moms mempertanyakan, apakah ada hal yang lebih bahagia dari ini?

2. Si kecil adalah prioritas utama

Saat baru punya anak, rasanya si kecil adalah segalanya bagimu, melebihi apapun. Setiap baru bangun dari tidur, kamu pasti akan langsung refleks memeriksa popok, apakah dot kesayangannya jatuh, atau apakah ia sedang kelaparan.

Ketika keluar bekerja pun moms juga jadi nggak sabar ingin cepat pulang dan melihatnya. Kapan pun di mana pun, moms selalu ingin memastikan kalau buah hatinya baik-baik saja.

Kalau terjadi sesuatu, bahkan ketika rapat, wawancara, atau bertemu klien, moms rela untuk langsung meninggalkan tempat dan menuju lokasi. Ia menjadi prioritas utama yang tidak tergantikan.

 3. Merasa buah hatinya adalah yang paling lucu sedunia

image source: pexels.com

Moms pasti akan sering mendapati diri moms dan dads sedang tersenyum menatapi betapa indahnya si mungil, bahkan ketika ia sedang tidur.

Dalam hal ini, setiap orang tua pasti akan mengatakan dalam hati bahwa anaknya adalah yang paling lucu di dunia.

Anak-anak lain juga imut sih, tapi selamanya nggak akan pernah mengalahkan posisi si kecil di hati moms.

4. Berusaha menjadi detektif

Merawat si mungil memang nggak gampang! Berbeda dengan orang dewasa, si mungil belum bisa bicara dan hanya bisa menangis.

Karena itu, setiap tangisan yang keluar darinya pasti akan membuat moms panik banget. Moms harus menerka-nerka dan melakukan investigasi penuh untuk mencari sumbernya.

Di sini, insting detektif seorang ibu akan keluar. Setelah tahu akar permasalahannya, moms harus segera mencari solusi penyelesaian. Ganti popok, memompa susu, atau mencari mainan yang hilang. Hal ini membuat:

5. Hari-hari terasa sangat melelahkan

Ya, karena mengurus si mungil bukanlah pekerjaan yang mudah, moms pasti tidak akan langsung terbiasa. Apalagi di hari-hari awal, pasti merasa kelelahan setiap harinya.

Moms harus sigap setiap saat untuk mengganti popoknya, memberinya susu, mengajaknya bermain agar tidak bosan, memandikannya, menimangnya hingga tidur, dan semua itu dilakukan dari pagi sampai malam.

Bisa-bisa, moms bakal merasa kalau:

6. 24 jam sehari nggak cukup

image source: pexels.com

Saat baru punya anak, jam tidur moms pasti akan berantakan. Saat terlelap di malam hari, bisa-bisa dibangunkan tangisan ketika si kecil yang nyaring. Apalagi kalau para dads sulit dibangunkan

Jam tidur jadi kacau. Kerja sulit konsentrasi. Namun, ketika moms melihat si mungil yang sudah tenang, semuanya bakal worth-it pada akhirnya.

7. Jadi korban di-ompol-in

Buah hati yang baru lahir tentu saja tidak memberi peringatan kalau ia mau pipis. Apalagi kalau ia berada pada usia yang belum bisa dilatih untuk buang air pada tempatnya.

Jadi, moms harus bersiap mental karena pasti bakal kena ompol si kecil deh, bahkan nggak cuma pipisnya saja, tapi bisa juga buang air besar! Sabar ya, moms!


BACA JUGA Moms, Kenali Mitos vs Fakta Sederhana Seputar Tumbuh Kembang Bayi Ini Yuk!


8. Berubah menjadi penyair lagu

Saat menimang si mungil untuk bobo, biasanya moms akan menyanyikannya lagu agar ia lebih mudah terlelap. Saat inilah moms akan meng-cover lagu apa saja (toh ia belum mengerti) dengan nada balad/akustik.

Jangan cuma Nina Bobo saja. Setiap bayi punya selera yang berbeda-beda. Kalau moms hobi lagu K-pop yang upbeat, kenapa tidak? Coba moms temukan tipe lagu yang paling disukai si kecil.

9. Menu makananmu mendadak lebih sehat

image source: pexels.com

Moms yang baru melahirkan tentu disarankan untuk memberikan ASI nya untuk kebutuhan si buah hati. Biasanya para moms akan lebih selektif terhadap makanannya untuk menghasilkan air susu yang sehat.

Snack favorit kalau bukan buah yang kaya serat, mending dilupakan deh sampai periode memberikan ASI selesai!

10. Selamat tinggal badan ramping

Setelah melahirkan, sudah nggak heran lagi kalau kamu perutmu yang tadinya diisi si kecil, kini menjadi longgar. Bentuk badanmu yang sebelumnya ramping juga tentu sudah lebih bengkak saat mengadung si kecil.

So moms, selamat tinggal deh badan ramping! Ayo mulai olahraga ekstra untuk mengecilkannya kembali (seandainya kalau punya waktu).

11. Payudara nyeri apabila saat lupa memompa ASI

ASI memanglah nutrisi terbaik yang bisa didapatkan si mungil yang baru lahir, karenanya moms akan disarankan untuk terus memompanya setiap beberapa jam sekali.

Bukan cuma untuk kebutuhan si mungil, moms pasti juga akan merasakan nyeri pada payudara apabila tidak memompa air susu tersebut. Jadi, jangan lupa untuk rutin memompa setiap ada kesempatan ya, moms.

Oh ya, terkadang air susu berlebih juga bisa membuat dalaman basah dan tembus ke pakaian. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya moms mengunakan washable bra untuk menyerap ASI yang berlebihan.

Bagaimana moms? Apakah setelah membacanya moms merasa “aku banget!” ? Ya, merawat bayi memang tidak mudah apalagi untuk moms baru.

Walaupun melelahkan dan bikin pusing tujuh keliling, setelah melihat senyuman mungilnya pasti semua beban dan capek hanyut entah ke mana. Jadi, tetap semangat ya, moms!

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel