Zaman sekarang, bekerja rajin saja nggak cukup untuk menonjolkan diri di tempat kerja. Seseorang juga selalu perlu menunjukkan inovasi dan kreativitas dalam tugasnya.

Terkadang tuntutan yang tinggi seperti itu cukup membunuh sel otak. Pernahkah kamu merasa pikiranmu terasa tumpul, dan membutuhkan inspirasi untuk melakukan aktivitas?

Namun, inspirasi nggak tumbuh di pohon atau mudah jatuh dari langit. Ketika sengaja di cari, malah bisa-bisa nggak ketemu.

Namun, kamu nggak perlu khawatir. Daripada mencari inspirasi, mending kamu mengunjungi tempat atau melakukan hal berikut, agar inspirasi datang dengan sendirinya!

1. Di balik selimut

di-balik-selimut

Otakmu sudah kehabisan ide? Masuk ke kamar dan tarik selimut. Tempat tidur sebenarnya merupakan tempat paling gampang untuk menemukan inspirasi.

Biasanya sebelum tidur dan ketika berbaring, pikiran kita cenderung dalam mode relaksasi yang artinya kamu bisa berpikir lebih jernih.

Saat inilah akan banyak inspirasi yang mungkin saja datang padamu. Bahkan mungkin saja inspirasi itu datang lewat mimpi loh.

“Orang-orang lebih produktif dan kreatif setelah tidur siang”, begitulah yang dikatakan Professor psikologi UC Barbara, Jonathan Schooler, PhD dalam studinya mengenai kreativitas.

Namun, kalau inspirasi datang, langsung dicatat! Jangan keburu ketiduran. Sia-sia dong!

2. Kamar mandi

kamar-mandi

Contoh klasik sumber inspirasi. Ketika kita sedang menanggalkan pakaian dan berguyur air, itulah saatnya tubuh memencet F5 dan refresh.

Suhu badan dan otak akan turun, dan sirkulasi darah ke otak pun lancar kembali. Saat itulah kita mulai banyak berpikir, dan inspirasi-inspirasi masuk berhamburan.

Begitu juga ketika sedang BAB. Otot yang bekerja hanyalah otot halus dan involunter dalam organ. Sekujur tubuh yang duduk diam nggak ada kerjaan akan mulai bosan dan memikirkan hal lain.

Nah, kalau lagi mau mandi, disarankan bawa catatan. Kalau lagi BAB, jangan main handphone. Kalau ada sesuatu untuk dikerjakan, inspirasi nggak bakal bisa datang.

3. Back to nature

bck-to-nature

Kalau kedua tempat dan cara di atas nggak berhasil, mungkin saatnya kamu meminta bantuan kepada alam semesta. Tanggalkan atribut kota mu yang berat dan mengikat, dan kenakan baju paling santaimu.

Jangan bawa smartphone (atau bawa tapi matikan, siapa tahu nanti mau pulang naik taksi online). Jangan bawa gadget apapun. Cari tempat yang dekat dengan alam. Tengah taman, tepi hutan, tepi sungai, atau bahkan tepi pantai.

Dekat dengan alam nggak hanya melancarkan pikiran, namun juga memicu kreativitas. Karena, otak yang melihat lingkungan sekitar yang beda total dari biasanya akan mencoba berpikir dari sudut pandang yang berbeda untuk beradaptasi dengan lingkungan baru (alam lepas).

4. Secangkir Kopi

kopi

Via theodysseyonline.com

Bukan kopi yang bantu kamu menemukan inspirasi. Tapi suasana ketika kamu menikmati kopi inilah yang memberikanmu ruang untuk menemukan inspirasi.

Cari kedai kopi dengan suasana paling nyaman. Pesan kopi favoritmu, dan pelan-pelan biarkan ide kreatif kamu masuk ke otak.

Kamu bisa menemukan inspirasi lewat obrolanmu bersama seorang teman, atau dari orang-orang lainnya yang mungkin juga sedang mencari inspirasi melalui secangkir kopi.

5. Bioskop

bioskop

Kok bioskop bisa jadi sumber inspirasi? Tentu saja! Dengan menyaksikan berbagai cerita dan visual yang nggak pernah kamu saksikan sebelumnya, otakmu akan dipaksa berimajinasi sesuai dengan alur cerita.

Apalagi kalau kamu menonton film bergenre science-fiction, konsepnya bisa berpengaruh pada kreativitas kamu. Sudut pandang terhadap permasalahan yang kamu miliki, serta cara kamu mengambil keputusan pun akan lebih intuitif, dan out-of-the-box.

6. Rumah

rumah

Via thewoodgraincottage.com

Salah satu tempat lain yang bisa membuatmu merasa nyaman tak lain dan tak bukan adalah rumahmu sendiri. Tak hanya nyaman, kamu bisa bertemu keluarga yang kamu cintai.

Coba lihat betapa banyak lagu tentang ayah atau ibu, atau lukisan terkenal yang menggambarkan sosok orangtua atau anak?

Cari waktu untuk mengobrol dan mendengarkan apa yang sedang terjadi dalam kehidupan keluargamu. Minta pendapat mereka terhadap permasalahan, atau ide terhadap proyekmu selanjutnya.

Terkadang, inspirasi memang hanya bisa datang dari keluarga sendiri.

7. Hang out dengan teman-temanmu

hang-out

Jika kamu tinggal jauh dari keluarga, nggak perlu khawatir. Kamu masih punya banyak sahabat yang akan selalu ada untukmu. Sesekali kunjungi rumah sahabatmu dan habiskan waktu bersama mereka.

Kalian bisa menonton bersama atau bahkan bertualang di alam bersama. Lakukan semua hal di atas dengan teman-temanmu (kecuali yang berkaitan dengan kamar mandi).

Momen-momen hang out bareng teman yang bersifat sosial bisa memacu otak untuk bekerja dengan cara yang nggak monoton. Kamu akan berpikir lebih jernih, lebih mudah mengambil perspektif yang berbeda, dan lebih lancar menerima ide baru.

Apakah setelah membaca artikel di atas kamu menemukan inspirasi yang kamu cari-cari? Masih belum?  Coba tarik selimut dulu, tidur, mandi, cari teman buat ngopi, jalan-jalan ke taman, kemudian ajak orangtua untuk menonton bioskop bersama.

Selamat mencoba Friends!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY