10 Peralatan Penting untuk Merawat Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat populer. Gimana enggak, hewan peliharaan satu ini terkenal dengan tingkahnya yang begitu lucu dan menggemaskan. Kehadiran kucing di rumah tentu akan membuatmu lebih bersemangat dan gak mudah merasa bosan. Sehingga gak heran, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan. Menariknya lagi, perawatan kucing juga terbilang sangat mudah, lho. Meski begitu, kamu tetap perlu menyiapkan berbagai macam peralatan penunjang agar kucing kamu bisa semakin betah dan enjoy tinggal bersama kamu. Untuk memudahkan kamu dalam melengkapi peralatan kucing, berikut ini beberapa peralatan merawat kucing:

  1. Tempat Makan

PawStore inc Tempat Makan Anti Semut Kucing
PawStore inc Tempat Makan Anti Semut Kucing

Sebagai makhluk hidup, kucing tentu membutuhkan makan dong, ya. Selain memikirkan jenis makanan yang akan diberi kepada kucing, kamu juga perlu membeli sebuah tempat makan kucing. Selain membuat kucing lebih nyaman, hal ini juga akan lebih memudahkan kamu setiap kali akan memberi makan kucing. Hindari memberi makan kucing menggunakan piring yang sama dengan apa yang kamu gunakan. Saat memilih tempat makan kucing, sebaiknya kamu memilih produk yang terbuat dari bahan plastik yang berkualitas. Di mana bahan ini lebih awet dan gak mudah pecah. Gak cuma itu, tempat makan kucing yang terbuat dari bahan plastik tentu lebih mudah untuk dibersihkan.

  1. Kotak Pasir

Cat Litter CTO530 Bak Pasir Kucing Box 7 Cat Toilet Large Tempat Pasir Besar Pink
Cat Litter CTO530 Bak Pasir Kucing Box 7 Cat Toilet Large Tempat Pasir Besar Pink

Kucing pun perlu kamu biasakan untuk menjadi hewan peliharaan yang disiplin. Khususnya saat ingin buang air besar. Akan sangat merepotkan jika hewan peliharaan kamu buang air besar secara sembarangan di berbagai sudut rumah. Untuk menghindarinya, kamu perlu menyiapkan sebuah kotak pasir sebagai tempat untuk meletakkan pupnya. Ajarkan kucing untuk secara rutin buang air besar di kotak pasir ini. Kotak pasir ini akan lebih memudahkan kamu setiap kali akan memberikan kotoran kucing. Ukuran dari kotak pasir yang akan kamu beli harus disesuaikan dengan ukuran kucing kamu.

  1. Pasir Kucing

Kit Cat Crystal Clump Frosted Lime Cat Litter 4 L
Kit Cat Crystal Clump Frosted Lime Cat Litter 4 L

Setelah membeli kotak pasir, hal lainnya yang perlu kamu persiapkan yakni membeli pasir kucing. Kamu bisa langsung memasukkan pasir ke dalam kotak sebagai tempat kucing buang air besar. Pilihlah pasir kucing yang dilengkapi dengan kandungan anti bakteri dan anti debu. Sehingga kotoran kucing dapat lebih aman dan tidak beracun. Di sisi lain, penggunaan pasir yang tepat juga akan membuat kotoran gak mudah menyebar ke berbagai ruangan lainnya. Hal ini secara gak langsung akan membuat kondisi rumah kamu juga menjadi lebih rapi dan juga bersih. Selain membuat kamu gak gak perlu kerepotan membersihkan, penggunaan pasir kucing yang tepat juga membuat kucing lebih nyaman.

  1. Tempat Tidur

Tempat Tidur Kasur Kucing Cat Sofa Bed ukuran Sedang Size Medium
Tempat Tidur Kasur Kucing Cat Sofa Bed ukuran Sedang Size Medium

Kucing merupakan salah satu hewan yang menjadikan tidur sebagai hobinya. Di mana hewan peliharaan satu ini bisa dengan mudah tidur kapanpun dan dimana pun. Meski demikian, akan lebih baik jika kamu juga memberikannya sebuah tempat tidur khusus. Hal ini tentu akan membuatnya lebih disiplin dan tahu di mana tempat dia harus tidur. Tempat tidur kucing sebaiknya terbuat dari bahan yang lembut dan berkualitas tinggi. Sehingga akan membuatnya lebih nyaman setiap kali akan tidur. Hindari juga memilih tempat tidur kucing yang mudah berjamur. Hal ini bisa berakibat buruk dan membuat kucing kamu gak sehat.

  1. Mainan Bulu

Bluelans Christmas Pet Cat Kitten ELK Feather Teaser Play Stick Rod Toy
Bluelans Christmas Pet Cat Kitten ELK Feather Teaser Play Stick Rod Toy

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang suka bermain. Hewan yang gak bisa diam ini seringkali berlarian kesana kemari dan memainkan apapun yang ada di sekitarnya. Agar kucing kesayangan kamu gak mudah bosan saat di rumah, akan lebih baik jika kamu memberinya sebuah mainan. Mainan kucing kini juga telah hadir dengan berbagai macam jenis dan bentuk. Salah satunya yang paling disukai kucing yakni mainan bulu. Gak cuma bisa dimainkan seorang diri, mainan bulu ini juga bisa dimainkan bersama kamu, lho Blibli Friends.

  1. Mainan Remote

EDS Mouse Wireless Remote Control Mouse Electronic Cat Toy for Kids Grey
EDS Mouse Wireless Remote Control Mouse Electronic Cat Toy for Kids Grey

Selain mainan bulu, mainan kucing lainnya yang wajib kamu miliki yakni mainan remote. Mainan satu ini akan menjadi mainan yang sangat menyenangkan bagi kucing kamu. Agar membuatnya lebih bersemangat, kamu sebaiknya memilih mainan remote yang memiliki bentuk menyerupai hewan tikus. Dengan begitu, kucing kamu akan lebih semangat setiap kali akan memainkan mainan remote ini. Mainan satu ini juga bisa kamu jadikan sebagai sarana untuk sesekali berbuat usil. Pilihlah mainan remote control yang dilengkapi dengan baterai yang lebih aman dan tahan lama.

  1. Tempat Minum

Dispenser tempat makan antisemut kucing anjing
Dispenser tempat makan antisemut kucing anjing

Jika sebelumnya kamu sudah membeli tempat makan, kini saatnya kamu juga mulai membeli sebuah tempat minum. Tempat makan dan tempat minum kucing sebaiknya kamu pisahkan. Tempat makan yang juga kamu gunakan sebagai tempat minum hanya akan membuat air minum mudah kotor akibat bercampur dengan sisa-sisa makanan kucing. Jika diteruskan, hal ini akan menimbulkan bau gak sedap dan membuat kucing merasa gak nyaman. Adanya tempat minum khusus juga akan membuat kamu gak lagi bingung setiap kali meninggalkan kucing untuk bepergian.

  1. Kalung

Pet Polos Kalung Kucing Merah
Pet Polos Kalung Kucing Merah

Benda satu ini akan menjadi salah satu identitas yang bisa membedakan antara kucing kamu dengan kucing lainnya. Adanya kalung juga sebagai simbol bahwa kucing kamu merupakan hewan peliharaan dan bukan kucing sembarangan. Pilih juga sebuah kalung yang dilengkapi dengan lonceng untuk membuatnya semakin cantik. Kalung kucing kini tersedia dengan berbagai macam motif yang bisa kamu pilih sesuai dengan kesukaan. Perhatikan juga bahan kalung kucing dan pastikan kamu memilih yang nyaman, ya.

  1. Papan untuk Kucing Menggaruk

SRIREJEKI Cat Scratcher Garukan Mainan Kucing Sikat Bulu
SRIREJEKI Cat Scratcher Garukan Mainan Kucing Sikat Bulu

Kucing memiliki kebiasaan suka menggaruk di berbagai macam tempat. Jika gak kamu berikan tempat khusus untuk menggaruk, sofa yang ada di rumah kamu bisa menjadi sasaran untuk menggaruk. Jangan terkejut, jika sofa kamu nantinya akan penuh dengan bekas cakaran kucing. Agar hal satu ini gak terjadi, sebaiknya kamu membeli sebuah papan khusus sebagai media untuk kucing menggaruk. Pilih papan kucing yang terbuat dari bahan yang aman dan gak melukai kucing. Ukuran dari papan kucingnya sendiri sebaiknya kamu sesuaikan dengan usia kucing kamu.

  1. Pet Carrier

Ibiyaya FC1008 Eva Wheeled Pet Carrier
Ibiyaya FC1008 Eva Wheeled Pet Carrier

Sebagai pemilik kucing, tentu gak akan lengkap jika kamu gak punya sebuah pet carrier. Tempat pengangkut hewan ini akan memudahkan kamu setiap kali akan membawa hewan peliharaan bepergian. Baik itu untuk mengunjungi kerabat dekat, membawanya ke rumah sakit hewan, ke salon kecantikan, dan lain sebagainya. Adanya pet carrier ini gak akan membuat kucing mudah kabur saat sedang dibawa bepergian. Pilihlah pet carrier dengan kualitas yang baik dan mudah untuk dibuka dan ditutup. Ukuran dari pet carrier sendiri harus kamu sesuaikan dengan bobot dan usia kucing kamu, ya.

Sebagai pemilik kucing, itu dia 10 peralatan merawat kucing yang tentunya wajib kamu miliki. Semakin lengkap peralatan kucing kamu, akan membuat kucing peliharaan lebih nyaman dan betah tinggal bersama kamu. Segera kunjungi laman Blibli dan temukan peralatan kucing sesuai kebutuhan kamu, ya!

Baca juga: 9 Tips untuk Merawat Kucing

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY