me

10 Idol K-Pop Termuda Saat Debut, Ada Jisung NCT!

Aug 12, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.instagram.com/nct127

10 Idol K-Pop Termuda – Memulai debut menjadi idol K-Pop itu sama sekali nggak gampang. Ada banyak pelatihan yang musti dilewati bahkan sejak usia muda. Ironisnya, bukan berarti mulai di usia belia maka mereka akan debut dengan lebih cepat karena faktanya, ada juga lho, idol yang menjalani lebih dari 5 tahun training baru bisa jadi artis beneran.

Bicara soal debut para idol, nggak sedikit dari idolamu yang beraksi di atas panggung sejak umur belasan. Yes, saat kamu masih bermanja-manja dengan orang tua, beberapa idol K-Pop di bawah ini udah bekerja keras agar bisa memberikan penampilan terbaiknya dan menjadi seniman besar yang dikenal dunia. Hebat, ya.

BACA JUGA : NCT 127 Jadi Brand Ambassador Blibli!


10 Idol K-Pop Termuda Saat Debut

Jangan salah paham dengan popularitas para idol K-Pop yang kelihatan gemerlap dan penuh kebahagiaan. Di awal karirnya, nggak sedikit dari mereka yang bekerja sangat keras supaya bisa sukses. Bahkan, beberapa memulai pelatihan dan debutnya di usia yang masih muda banget. Yuk, intip siapa aja mereka.

1.    BoA

Kamu yang udah jadi penggemar K-Pop sejak lama pasti kenal dengan solois cantik dan mungil ini. BoA adalah seorang penyanyi solo yang namanya udah dikenal di berbagai negara di luar Korea Selatan. Selain suaranya yang emang mantep, dia jago banget dalam hal koreografi sehingga bisa membawakan semua tariannya dengan enerjik dan luwes.

Nah, BoA ini ternyata udah menekuni dunia tarik suara sejak usia 13 tahun, lho! Iya, serius. Di usia awal remaja dia udah mulai debut di industri hiburan. Dan usaha keras ini nggak mengkhianati hasil karena saat ini BoA meraih popularitasnya di berbagai negara termasuk Indonesia. Salah satu lagunya juga sempat jadi soundtrack animasi Jepang, Inuyasha.

2.    Jiyoung Eks KARA

Di antara sekian banyak girlband yang mengakhiri masa berkaryanya, KARA adalah salah satu yang masih tetep diingat para pecinta K-Pop. Selain karena lagu-lagunya yang masih asyik untuk didengarkan sampai sekarang, para membernya juga meninggalkan kesan menambal salah satunya adalah Jiyoung.

Bukan hanya cantik, Jiyoung juga merupakan personel yang debut di usia sangat mudah yaitu 14 tahun. Aura belia yang dimiliki Jiyoung membuatnya sebagai maknae yang dicintai bukan hanya oleh seniornya, namun juga para penggemar yang mendukung dan mendapatkan semangat dari setiap karyanya.

3.    Jisung NCT

image source: www.instagram.com/jisung_.nct

Ini dia yang ditunggu-tunggu! NCT emang lagi happening banget ya, Blibli Friends. Mengusung konsep jumlah anggota yang nggak terbatas membuat NCT berubah menjadi grup besar yang dalam berkarya dibagi menjadi beberapa subunit dengan keunikan masing-masing. Nah, salah satu yang sukses di industri musik adalah NCT Dream.

Sebagai subunit yang didominasi remaja cowok belasan tahun, Jisung merupakan member yang debut dengan usia paling muda di kelompoknya yaitu 14 tahun. Dengan usia semuda ini Jisung udah bisa menunjukkan bakatnya dalam menyanyi dan menari yang bikin doi digandrungi para wanita. Ahaiii…

4.    Sohee Eks Wonder Girls

Ada lagi nih, idol K-Pop yang pada masanya hits banget dengan jutaan penggemar sampe ke lain benua. Yes, siapa lagi kalo bukan Wonder Girls yang terkenal dengan lagu Nobody-nya. Grup yang diisi oleh para wanita cantik, seksi dan bertalenta ini punya maknae atau anggota termuda yang mulai debut di usia yang sangat belia, yaitu Sohee.

Sohee yang manis dan cute ini memulai karirnya sebagai anggota Wonder Girls di usia 14 tahun. Saat ini doi udah menjelma jadi wanita dewasa. Namun kalo melihat ke belakang, perjuangannya sebagai idol berusia muda nggak gampang sama sekali. Makanya, sampai sekarang Sohee tetep jadi role model yang nggak terlupakan buat sekitarnya.

5.    HyunA

Imut dan seksi adalah imej yang cocok untuk menggambarkan idol K-Pop kesayangan kita, HyunA. Memulai karirnya di usia 14 tahun, HyunA menjelma menjadi wanita dengan pesona yang susah ditolak apalagi buat para fanboys-nya. Salah satu hal yang menarik adalah dulunya, doi ini sempat gabung di Wonder Girls, lho.

Karena satu dan lain hal, akhirnya HyunA mengambil jalan lain dan menjadi bagian dari girl group 4MINUTE sebagai rapper yang juga jago menari. Salah satu single yang sampe sekarang masih sering terdengar dan tenar pada masanya adalah Trouble Maker yang dia nyanyikan bareng Hyunseung BEAST.

6.    Leeseo IVE

Penggemar girlband Korea pasti tahu dengan grup satu ini. IVE adalah salah satu idol K-Pop milenial yang udah malang melintang di industri musik Negeri Ginseng lebih dari 5 tahun yang lalu. Beranggotakan beberapa artis muda, ada salah satu personel yang muda banget saat debut yaitu Leeseo.

Leeseo ini memulai debutnya di usia 14 tahun. Pada usia ini mungkin kebanyakan dari kamu bahkan belum lulus SMP dan mulai kenal cinta monyet yang bikin galau ya, Blibli Friends. Sedangkan Leeseo udah bekerja keras memberikan karya terbaiknya buta menghibur kita semua dan meramaikan belantika musik K-Pop. Menginspirasi, nih.

7.    Sohyun Eks 4MINUTE

Yuk, balik lagi ke girlband 4MINUTE yang sempat booming di tahun 2010an yang lalu. Ternyata, bukan hanya HyunA yang memulai debutnya di usia belia. Di grup ini ada juga Sohyun yang menapaki karirnya sebagai idol K-Pop di usia yang sama yaitu 14 tahun. Usia muda ini memberikan satu keuntungan dimana semangat dan etos kerjanya tinggi banget.

Makanya, nggak heran kan, kalo di masa itu Sohyun 4MINUTE termasuk salah satu idol yang punya banyak penggemar baik fanboy ataupun fangirl. Bukan hanya cantik dan berbakat, doi bisa banget menyebarkan aura positif yang bikin kamu ikutan semangat.

8.    Taemin SHINee

Nggak berlebihan rasanya kalo menyebut Taemin SHINee sebagai seorang legend. Selain karena membawa nama besar grupnya, Taemin sendiri emang merupakan seorang dancer dan rapper yang handal. Kamu yang sampe sekarang masih ngikutin sepak terjangnya pasti dibikin kagum dan klepek-klepek.

Menariknya, Taemin yang merupakan anggota termuda SHINee juga memulai debutnya di usia belia yaitu 14 tahun. Bayangin aja, di usia tersebut dulu Taemin udah jadi dancing machine yang bikin kamu ikutan menari saat dia tampil. Ditambah dengan wajah imutnya, rasanya jadi pengen nyubit saking gemesnya.

9.    Krystal f(x)

Kadang suka rindu ya, sama idol K-Pop yang terkenal di tahun 2010an. Salah satu yang saat itu punya popularitas tinggi adalah f(x). Salah satu yang menarik dari grup ini adalah nama panggung beberapa personelnya diambil dari nama permata atau batu berharga misalnya Amber dan Krystal.

Nah, khusus Krystal nih, dara cantik yang merupakan adik dari Jessica Jung SNSD merupakan salah satu artis yang debut di usia sangat muda yaitu 14 tahun. Makanya, ketika f(x) eksis dulu, Krystal menjadi yang paling muda alias maknae. Walaupun termuda, jangan meremehkan bakatnya yang bikin kamu histeris.

10.  Jungkook BTS

Siapa sih yang nggak kenal dengan BTS? Diantara sekian banyak membernya, sang maknae yaitu Jungkook merupakan member yang debut paling mudah di usia 15 tahun. Untuk masa training atau pelatihannya sendiri doi juga terbilang cepat yaitu hanya 2 tahun sebelum akhirnya gabung dengan BTS.

Kamu mungkin bertanya, kok bisa ya, Jungkook hanya melalui masa training yang singkat? Itu karena dia punya bakat dan talenta yang memukau baik dalam berbahasa asing, menari dan menyanyi. Nggak heran kalau doi punya julukan golden maknae dari para seniornya. Tepuk tangan buat Jungkook!


BACA JUGA : 3 Idol Korea Tercantik! Bias Kamu Ada Gak?

Ternyata banyak juga ya idol K-Pop yang memulai karirnya di usia sangat muda. Kamu yang menggandrungi mereka harus punya segala pernak-perniknya yang bisa didapatkan di Hallyu Zone Blibli. Jangan lupa juga untuk belanja merchandise K-Pop terbaru sebagai dukungan nyata untuk para idola. 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan produk unggulan korea lainnya seperti promo K Food, K Beauty, KPOP Merch, K Fashion, dan cashback lainnya. Cuss, checkout sekarang juga karena bebas ongkir!

Tag: